MENGENAL SYIโAH DARI KITAB-KITAB SYIโAH
Definisi Syiโah:
Menurut Bahasa
Menurut Bahasa
ุดูููุนูุฉู ุงูุฑููุฌููู ุจูุงููููุณูุฑู ุฃูุชูุจูุงูุนููู
ููุฃูููุตูุงุฑููู. (ุงููุงู
ูุณ: ู
ุงุฏุฉ ุด)
Kata Syiโah berarti pengikut atau
penolong. (al-Qamus huruf syin).
Definisi Syiโah Menurut Istilah:
Syaikh al-Mufid, seorang ulama Syiโah abad ke 5 H berkata:
Syaikh al-Mufid, seorang ulama Syiโah abad ke 5 H berkata:
ุงูุดููููุนูุฉู ุฃูุชูุจูุงุนู ุฃูู
ููุฑู ุงููู
ูุคูู
ููููููู
ุนููู ุงูุณูุงู
ุนูููู ุณูุจููููู ุงูููููุงูุกู ููุงูุงูุนูุชูููุงุฏู ุจูุฅูู
ูุงู
ูุชููู ุจูุนูุฏู
ุงูุฑููุณูููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุงูู ุจููุงู ููุตููู, ูููููููู ุงูุงูู
ุงู
ูุฉู ุนูู
ูููู ุชูููุฏููู
ููู
ููู ู
ูููุงู
ู ุงูุฎููุงูููุฉู, ููุฌูุนููููู ููู ุงูุงูุนูุชูููุงุฏู ู
ูุชูุจูููุนูุง ูููู ุบูููุฑู
ุชูุงุจูุนู ููุฃูุญูุฏู ู
ูููููู
ู ุนูููู ููุฌููู ุงูุงูููุชูุฏูุงุกู (ุงูุงุฆู ุงูู
ูุงูุงุช : 2-4)
โSyiโah adalah
pengikut Amirul Mukminin (Ali bin Abi Thalib) AS atas dasar mencintai dan meyakini kepemimpinannya sesudah Rasul SAW tanpa terputus (oleh orang lain). Tidak mengakui kepemimpinan (imamah) orang sebelumnya (Ali)
sebagai pewaris kedudukan khalifah dan hanya meyakini Ali sebagai pemimpin,
bukan mengikuti salah satu dari orang-orang sebelumnya (Abu Bakar, Umar dan
Utsman).โ (al-Mufid,
Awaโil al-Maqaalaat, hal. 2-4).
Asal Usul Ajaran Syiโah
ููุฑูู ุงูุจููู ุงูู
ูุฑุชูุถูู ุฃูููู ุฃูุตููู
ุงูุดููููุนูุฉู ู
ูุฑูุฌูุนููู ุงูููู ุงุจููู ุณูุจูุงุกู, ูุงูููููู ุฃูููููู ู
ููู ุฃูุญูุฏูุซู
ุงููููููู ุจูุงููููุตูู ููู ุงูุงูู
ูุงู
ูุฉู (ุชุงุฌ ุงูุนุฑูุณ : 5-6).
Ulama
syiโah, Ibn al-Murtadha berpendapat bahwa asal usul Syiโah disandarkan kepada
Abdullah bin Sabaโ, karena dialah orang yang pertama kali mengatakan tentang
konsep imamah (Taj al-โArus, hal. 5-6).
ููุงูู ุฃูุจูู ุงููููุงุณูู
ู ุณูุนูุฏู ุจููู ุนูุจูุฏู ุงููู
ุงููููู
ููู (301 ูู): ุฅูููู ุนูุจูุฏู ูููู ุจููู ุณูุจูุงุกู ุฃูููููู ู
ููู ุฃูุธูููุฑู
ุงูุทููุนููู ุนูููู ุฃูุจูู ุจูููุฑู ููุนูู
ูุฑู ููุนูุซูู
ูุงูู ููุงูุตููุญูุงุจูุฉู ููุชูุจูุฑููุฃูู
ู
ูููููู
ู, ููุงุฏููุนูู ุฃูููู ุนููููููุง ุฃูู
ูุฑููู ุจูุฐููููู, (ุงูู
ูุงูุงุช ูุงููุฑู, ุต/20).
Ulama
syiโah, Abul Qosim bin Saโad bin Abdullah al-Qummy (301 H) berkata: bahwa
Abdullah Bin Sabaโ adalah orang pertama yang menghujat Abu Bakar, Umar Dan
Utsman dan para sahabat secara terang terangan. Serta tidak mengakui mereka. Dan dia mengatakan bahwa Ali RA yang
memerintahkan berbuat hal itu. (Al-Maaqolaat wal Firoq, hal. 20).
ุนููู ู
ูุญูู
ููุฏู ุจููู ุนูู
ูุฑ ุงูููุดู (ุนุงู
340 ูู)
ูุงู: ููุฐููุฑู ุจูุนูุถู ุฃููููู ุงูุนูููู
ู ุฃูู ุนุจุฏ ุงููู ุจู ุณูุจูุฃู ูุงู ูููููุฏููููุง
ููุฃูุณูููู
ู ููููุงููู ุนููููููุง (ุน), ูููุงูู ูููููู โ ูููููู ุนูููู ูููููุฏููููุชูู โ ูู ูููุดูุนู ุจููู ููููู
ููุตูููู ู
ููุณูู ุจุงููุบูููููู, ููุงู ููู
ุฅูุณููุงูู
ููู ุจูุนูุฏู ููููุงุฉู ุฑูุณูููู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูู ุนููู (ุน) ู
ูุซููู
ุฐููููู, ูููุงูู ุฃูููููู ู
ููู ุฃูุดูููุฑู ุจูุงูููููููู ุจูููุฑูุถู ุฅูู
ูุงู
ูุฉู ุนูููู (ุน) ูุฃูุธูููุฑู
ุงูุจูุฑูุงุกูุฉู ู
ููู ุฃูุนูุฏูุงุฆููู ููููุงุดููู
ู
ูุฎูุงูููููููู ููุฃูููููุฑูููู
ู, (ุฑุฌุงู ุงููุดู, ุต/ 108 ). ููุจูู
ุซู ุฐูู ุฃูุฑ ุงูุญุณู ุจู
ู
ูุณู ุงูููุจุฎุชู ูู ูุชุงุจู ("ูุฑู ุงูุดูุนุฉ", ุต/22)
Diriwayatkan
dari Ulama syiโah, Muhammad Bin Umar Al-Kasyiy (340 H): telah menyatakan
sebagian orang yang berilmu bahwa sesungguhnya Abdullah Bin Sabaโ itu orang
beragama yahudi kemudian masuk islam dan mendukung sayyidina Ali AS. Dia
berkata ketika masih beragama yahudi bahwa Yusyaโ Bin Nun itu adalah pewaris
nabi Musa AS dengan cara yang berlebihan, ketika dia sudah beragama islam,
setelah wafatnya Rasulullah SAW dia mengatakan hal yang sama bahwa sayyidina
Ali AS itu adalah penerima wasiat dari nabi. Abdullah Bin Sabaโ adalah terkenal
sebagai orang yang pertama kali mewajibkan keyakinan sayyidina Ali AS sebagai
imam, dan dia tidak mengakui orang yang memusuhi Ali AS, serta memberantas para
penentangnya dan mengkafirkan mereka (Rijal al-kasyiy, hal 108) hal
yang sama diucapkan oleh Hasan bin Musa al-Naubakhti dalam kitabnya (Firaqus
Syiโah, hal 22).
Sumber Otoritatif Ajaran Syiโah
Ulama Syiโah Abdul Husain bin
Syarafuddin al-Musawi berkata :
ููุฃูุญูุณููู ู
ูุง ุฌูู
ูุนู ู
ูููููุง ุงููููุชูุจู
ุงูุฃูุฑูุจูุนูุฉู ุงูููุชูู ูููู ู
ูุฑูุฌูุนู ุงูุฅูู
ูุงู
ููููุฉู ููู ุฃูุตููููููู
ู
ููููุฑูููุนูููู
ู ู
ููู ุงูุตููุฏูุฑู ุงูุฃูููููู ุฅูููู ููุฐูุง ุงูุฒููู
ูุงูู, ูููููู:
ุงููููุงููู, ููุงูุชููููุฐูููุจู, ููุงูุงูุณูุชูุจูุตูุงุฑู, ููู
ููู ูุงูููุญูุถูุฑููู
ุงูููููููููู, ูููููู ู
ูุชูููุงุชูุฑูุฉู ููู
ูุถูุงู
ูููููููุง ู
ูููุทูููุนู ุจูุตูุญููุชูููุง,
ููุงููููุงููู ุฃูููุฏูู
ูููุง ููุฃูุนูุธูู
ูููุง ููุฃูุญูุณูููููุง ููุฃูุชูููููููุง (ุงูู
ุฑุงุฌุนุงุช
ุต419)
Sebaik-baik
himpunan fatwa Imam Jaโfar Shodiq ialah empat kitab yang menjadi rujukan utama
syiโah imamiyah dalam masalah-masalah pokok dan cabang sejak generasi syiโah
yang pertama sampai dengan zaman ini yaitu al-Kafi, al-Tahdzib,
al-Istibshor, dan Man La Yahdluruhu al-Faqih. Kitab-kitab tersebut mutawatir isinya dipastikan
shohih, sedangkan al-kafi ialah yang paling dahulu, paling agung, paling baik,
paling teliti (al-Murojaโaat, hal 419)
RUKUN ISLAM SUNNAH-SYIAH
ุนููู ุฃูุจูู ุฌูุนูููุฑู (ุน) ููุงูู: ุจููููู ุงููุฅูุณูููุงู
ู
ุนูููู ุฎูู
ูุณูุฉู ุฃูุดูุงุกู ุนูููู ุงูุตูููุงูุฉู ููุงูุฒููุงุฉู ูุงูุญูุฌูู ูุงูุตููููู
ู
ููุงูููููุงูููุฉู ููุงูู ุฒูุฑูุงุฑูุฉู ููููุชู: ููุฃูููู ุดููุกู ู
ููู ุฐููููู ุฃููุถูููุ
ููููุงูู: ุงูููููุงูููุฉู ุฃูููุถููู.[ ุงููุงูู (2/ 18) ]
RUKUN ISLAM (SYIAH) ADA 5:
- Shalat
- Puasa
- Zakat
- Haji
5.
Wilayah (hanya mengakui kepemimpinan Ali dan anak cucunya)
===
RUKUN IMAN -SYIAH
Rukun iman syiah ada 5
- al-Tauhid
- al-Nubuwwah
- al-Imamah
- al-โAdlu (Keadilan)
- al-Maโaad (akhirat)
Imam Dua Belas Syiโah
1.
ali bin abi
tholib
2.
al-hasan
bin โali az-zaky
3.
al-husain
bin ali asy-syahid
4.
ali bin
husain zainil abidin
5.
muhammad
bin ali al-baqir
6.
jaโfar bin
muhammad ash-shodiq
7.
musa bin
jaโfar al-kadhim
8.
ali bin
musa al-ridho
9.
muhammad
bin ali al-jawwad
10. ali bin muhammad al-hady
11. al-hasan bin ali al-โaskari
12. muhammad bin hasan al-mahdy
syahadat syiah
โข
Bersaksi bahwa tiada Tuhan
selain Allah SWT
โข
Bersaksi bahwa Nabi Muhammad SAW adalah Rasul Allah
โข
Bersaksi bahwa imam-imam yang
dua belas adalah para pemimpin yang wajib ditaati
AQIDAH-AQIDAH SYIโAH
ULAMA SYIโAH:
MENGKAFIRKAN SELURUH SAHABAT

Al-Kulaini (Ulama Syiah) mengatakan dalam kitabnya al-Raudhah
mina al-Kafi, juz 8, hal. 245, bahwa seluruh sahabat RA itu murtad (keluar
dari Islam) setelah Nabi SAW wafat,
kecuali tiga orang, al-Miqdad bin al-Aswad, Abu Dzar al-Ghifari dan Salman
al-Farisi.
ULAMA SYIAH:
MENGKAFIRKAN SELURUH UMAT ISLAM

Al-Kulaini (Ulama Syiah), berkata dalam al-Ushul mina al-Kafi,
juz 1, hal. 373, bahwa orang yang menganggap Sayidina Abu Bakar RA dan Sayidina Umar RA itu Muslim akan masuk neraka.
AL-MAJLISI (ULAMA SYIAH):
UMAT ISLAM SELAIN SYIAH ANAK ZINA
UMAT ISLAM SELAIN SYIAH ANAK ZINA

Muhammad Baqir al-Majlisi (Ulama Syiah), berkata dalam kitabnya Bihar
al-Anwar al-Jamiโ li-Durar Akhbar al-Aimmat al-Athhar, juz 101, hal. 85,
bahwa umat Islam yang wuquf di Arofah itu anak zina, sedangkan yang wukuf di
Karbala, anak suci.
AL BAHRANI (ULAMA SYIAH)
SELAIN ORANG SYIAH KAFIR DAN BUKAN
MUSLIM

Yusuf al-Bahrani (Ulama Syiah), menjelaskan dalam kitabnya, al-Hadaiq
al-Nadhirah fi Ahkam al-โItrah al-Thohirah, hal. 136, bahwa orang yang
tidak ikut Syiah adalah bukan Muslim sedikit pun dan termasuk kafir
MENURUT SYIAH:
AL-QURโAN YANG ADA TIDAK ASLI
AL-QURโAN YANG ADA TIDAK ASLI

Al-Qummi (Ulama Syiah) dalam mukaddimah Tafsir-nya, hal. 79,
menegaskan bahwa ayat-ayat al-Qurโan ada yang dirubah, ada yang tidak sesuai
dengan ayat aslinya seperti ketika diturunkan oleh Allah
Al-Nuri al-Thabarsi (ulama Syiah), menulis kitab berjudul Fashl
al-Khithab fi Itsbat Tahrif Kitab Rabb al-Arbab, yang membeberkan nama-nama
ulama Syiah yang berpendapat bahwa al-Qurโan telah mengalami tahrif. Dalam
kitab tersebut, al-Nuri al-Thabarsi,
halaman 211, menjelaskan bahwa dalam al-Qurโan ada ayat-ayat tolol dan tidak
masuk akal

Versi Syiโah
Ayat al-Qurโan 17.000 ayat
Ayat al-Qurโan 17.000 ayat
ุนูู ุจู ุงูุญูู
, ุนู ูุดุงู
ุจู ุณุงูู
, ุฃู ุงุจู ุนุจุฏ ุงููู
ุนููููููู ุงูุณูููุงูู
ููุงูู ุฅูููู ุงููููุฑูุขูู ุงูููุฐูู ุฌูุงุกู ุจููู ุฌูุจูุฑููููู
ุนููููููู ุงูุณูููุงูู
ุฅูููู ู
ูุญูู
ููุฏู ุตููููู ุงููู ุนูููููู ููุณููููู
ู ุณูุจูุนูุฉู
ุนูุดูุฑูุฉู ุฃููููู ุขููุฉู.
Dari Abi Abdillah AS, beliau berkata : โSesungguhnya ayat-ayat
al-qurโan yang dibawa oleh Jibril AS kepada Nabi Muhammad SAW adalah sebanyak
17.000 ayatโ (Al-Kafi, Juz 2 Hal. 634 )
Contoh Ayat Al-Qurโan versi Syiah
ููุนููู ุฃูุจูู ุจูุตูููุฑู ุนููู ุฃูุจูู ุนูุจูุฏู ุงููู
ููู ูููููู ูููู ุนูุฒูู ููุฌูู (ููู
ููู ููุทูุนู ุงูููู ููุฑูุณููููููู ููู ูููุงูููุฉู
ุนููู ูููููุงูููุฉู ุงูุฃูุฆูู
ููุฉู ู
ููู ุจูุนูุฏููู ููููุฏู ููุงุฒู ููููุฒูุง ุนูุธูููู
ูุง)
ูููุฐุง ููุฒูููุชุ (ุงููุงูู 1/ 414)
ูุนููู ุฃูุจูู ุนูุจูุฏู ุงูููู (ุน) ููู ูููููู ูููู
ุนูุฒูู ููุฌูููู (ููุณูุชูุนูููู
ููููู ู
ููู ูููู ููู ุถูููุงูู ู
ูุจูููู ุฃูููุง ู
ูุนูุดูุฑู ุงููู
ูููุฐููุจููููู ุญูููุซ
ุฃูููุจูุฃูุชูููู
ู ุฑูุณูุงููุฉู ุฑูุจููู ููู ูููุงูููุฉู ุนูููู ุนููููููู ุงูุณูููุงูู
ู
ููุงููุฃูุฆูู
ููุฉู ู
ููู ุจูุนูุฏููู ู
ููู ูููู ููู ุถููุงููู ู
ูุจูููู) ููููุฐูุง ููุฒูููุชู.
(ุงููุงูู 1/ 421 )
ููููุฑูููู ุงูููููููููู ุจูููุฅูุณูููุงุฏููู ุนููู ุฃุจูู
ุงููุญูุณููู (ุน) ููุงูู: ูููุงูููุฉู ุนููู ู
ูููุชููุจูุฉู ููู ุฌูู
ูููุนู ุตูุญููู
ุงููุฃูููุจูููุงุกู ูููููู ููุจูุนูุซู ุงูููู ุฑูุณูููุงู ุฅููููุง ุจูููุจููููุฉู ู
ูุญูู
ููุฏู
ุตูููู ุงููู ุนููููููู ููุงููููู ููููุตููููุฉู ุนูููู ุนููููููู ุงูุณูููุงูู
ู. (ุงููุงูู 1/
437 )
Membaca
al-Qurโan Sekedar Taqiyyah
ุนููู ุณูุงููู
ู ุจูู ุณูููู
ููู ููุงูู: ููุฑูุฃู ุฑูุฌููู
ุนูููู ุฃูุจูู ุนูุจูุฏู ุงูููู ุนููููููู ุงูุณูููุงูู
ููุฃูููุง ุฃูุณูุชูู
ูุนู ุญูุฑูููููุง ู
ููู
ุงููููุฑูุขูู ููููุณู ุนูููู ู
ูุงููููุฑูุคูููุง ุงููููุงูุณ, ููููุงูู ุฃูุจูู ุนูุจูุฏู ุงูููู
ุนููููููู ุงูุณูููุงูู
: ููููู ุนููู ููุฐููู ุงููููุฑูุงุกูุฉู ! ุงูููุฑูุฃ ููู
ูุง ููููุฑูุฃู
ุงููููุงุณู ุญูุชููู ููููููู
ู ุงููููุงุฆูู
ู ููุฅูุฐูุง ููุงู
ู ุงููููุงุฆูู
ู, ุนููููููู
ุงูุณูููุงูู
ููุฑูุฃู ููุชูุงุจู ุงูููู ุนูููู ุญูุฏูููู. (ุงููุงูู, 2/ 633)
Artinya: Dari salim bin salamah, dia berkata seorang laki-laki membaca
(al-Qurโan) dihadapan Abu Abdillah AS (Jaโfar al-Shadiq). Aku mendengarkan beberapa bacaan yang tidak sama dengan bacaan
orang-orang. Maka Abu Abdillah AS berkata berhentilah membaca qiroโat ini!
Bacalah seperti yang biasa dibaca oleh
kebanyakan orang! Hingga datang Al-Qaโim (Al-Mahdi). Bila al-Qaโim datang, dia akan membaca al-Qurโan aslinya. (Al-Kulaini, al-Kafi, juz. 2, hal. 633).
Arti Taqiyyah
Menurut al-Mufid (ulama syiโah):
ุงูุชูููููููุฉู ููุชูู
ูุงูู ุงููุญูููู ููุณูุชูุฑู
ุงูุฅูุนูุชูููุงุฏู ูููููู ูู
ูููุงุชูู
ูุฉู ุงููู
ูุฎูุงูููููููู ููุชูุฑููู ู
ูุธูุงููุฑูุชูููู
ู
ุจูู
ูุง ููุนูููุจู ุถูุฑูุฑูุง ููู ุงูุฏูููููู ุฃููู ุงูุฏููููููุง.(ุดุฑุญ ุนูุงุฆุฏ ุงูุตุฏูู, ุต 261).
Taqiyyah adalah menyimpan kebenaran dan menyembunyikan keyakinan, serta
merahasiakannya terhadap orang-orang yang tidak se-akidah dan
tidak minta bantuan mereka dalam hal-hal yang dapat mengakibatkan bahaya, baik
dalam urusan agama maupun keduniaan. (Syarh Aqoidi Shoduq, Hal 261)
ุนู ุฃุจู ุนุจุฏ ููู (ุน) ุฃูููู ุชูุณูุนูุฉู ุฃูุนูุดูุงุฑู
ุงูุฏูููููู ููู ุงูุชูููููููุฉู ูููุงู ุฏููููู ููู
ููู ูุงู ุชููููููุฉู ูููู (ุงููุงูู: 2/
217)
Sesungguhnya sembilan dari
sepuluh ( 90 % ) agama berada
dalam taqiyyah, barang siapa yang tidak bersedia menggunakan taqiyyah berarti
tidak beragama (Ushul kafi, juz 2 hal. 217)
Ibn Babawayh (Ulama
Syiah), menjelaskan dalam kitabnya, al-Iโtiqadat, hal. 114,
bahwa orang yang meninggalan taqiyyah sama dengan meninggalkan shalat
ุงูุนูุชูููุงุฏููุงู ููู ุงูุชูููููููุฉู ุงูููููุง
ููุงุฌูุจูุฉู ู
ููู ุชูุฑูููููุง ุจูู
ูููุฒูููุฉู ู
ููู ุชูุฑููู ุงูุตูููุงูุฉู. (ุงูุงุนุชูุงุฏุงุช ุต
144)
โKeyakinan kita tentang hukum taqiyyah
adalah wajib, barangsiapa yang meninggalkan taqiyyah sama halnya dengan
meninggalkan shalat.โ (Ibn Babawih, Al-Iโtiqadaat, hal. 114).
Hukum Nikah Mutโah Versi Syiโah
ูุงู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
: ู
ููู
ุชูู
ูุชููุนู ู
ููู ุงู
ูุฑูุฃูุฉู ู
ูุคูู
ูููุฉู ูููุฃููููู ุฒูุงุฑู ุงูููุนุจูุฉู ุณูุจุนูููู ู
ูุฑููุฉู.
(ุฑุณุงูุฉ ุงูู
ุชุนุฉ ููู
ุฌูุณู : 16).
Sabda Rasulullah SAW, โBarangsiapa melakukan mutโah dengan
wanita mukminah maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang yang
berziarah ke Kaโbah sebanyak 70 kali.โ (Risalat al-Mutโah lil Majlisi, hal. 16).
ูุงู ุงุจู ุนุจุฏ ุงููู ุนููู ุงูุณูุงู
: ููู
ูููููุฑู
ุงูู
ูุชูุนูุฉู ูุงูููุฑู ู
ูุฑูุชูุฏูู (ู
ููุฌ ุงูุตุงุฏููู ูููุงุดุงูู, 356).
Abu Abdillah berkata, โOrang yang
mengingkari mutโah adalah kafir dan murtad.โ (Manhaj al-Shadiqin, hal.
356).
AYATULLAH KHUMAINI (ULAMA SYIAH ):
BOLEH NIKAH MUTโAH DENGAN ANAK YANG MASIH BAYI
BOLEH NIKAH MUTโAH DENGAN ANAK YANG MASIH BAYI
Ayatullah Khumaini (Ulama Syiah), menjelaskan dalam kitabnya, Tahrir
al-Wasilah, juz 2 hal. 241, bahwa boleh melakukan pratek anal sex dengan
istri. Bahkan menurut Khumaini, nikah mutโah boleh dilakukan dengan bayi yang
masih menetek.

Rukun Nikah Mutโah ada lima:
- Suami
- Istri
- Mahar
- Penentuan Waktu
- Ijab dan Qabul
Catatan: Tanpa wali dan saksi.
ุงูุฑูููุงูู
ุนูููุฏู ุงููู
ูุชูุนูุฉู ุฎูู
ูุณูุฉู:
- ุฒูููุฌู
- ุฒูููุฌูุฉู
- ู ูููุฑู
- ุชูููููููุชู
- ุตูููุบูุฉู ุงููุงูููุฌูุงุจู ููุงููููุจููููู
(ู
ูููููุฌู ุงูุตููุงุฏูููููู,
ุต 357).
Pahala Mutโah itu Spektakuler (Luar
Biasa)
al-Nuri al-Thabarsi (Ulama Syiah)
menjelaskan dalam kitabnya, Mustadrak al-Wasail, hal.
452, bahwa pahala nikah mutโah besar sekali, semua dosa diampuni sejumlah helai
rambut di sekujur tubuhnya
AYATULLAH KHUMAINI (ULAMA SYIAH):
IMAM SYIAH LEBIH TINGGI DERAJADNYA DARI PARA NABI
IMAM SYIAH LEBIH TINGGI DERAJADNYA DARI PARA NABI
ุฅููู ููููุงูู
ูุงู
ู ู
ูููุงู
ูุง ู
ูุญูู
ูููุฏูุง
ููุฏูุฑูุฌูุฉู ุณูุงู
ูููุฉู ููุฎูููุงููุฉู ุชููููููููููููุฉู ุชูุฎูุถูุนู ููููููุงููุชูููุง
ููุณูููุทูุฑูุชูููุง ุฌูู
ูููุนู ุฐูุฑููุงุชู ููุฐูุง ุงูููููููุ ููุฅูููู ู
ููู ุถูุฑูููุฑููููุงุชู
ู
ูุฐูููุจูููุง ุฃูููู ููุฃูุฆูู
ููุชูููุง ู
ูููุงู
ูุง ููู
ู ููุจูููุบููู ู
ููููู ู
ูููุฑููุจู
ููููุงููุจูููู ู
ูุฑูุณููู...
(ุขูุฉ ุงููู ุงูุฎูู
ูููููููุ
ุงูุญููู
ุฉ ุงูุฅุณูุงู
ูุฉุ 52).
Sesungguhnya Imam mempunyai kedudukan yang terpuji, derajat yang
mulia dan kepemimpinan mendunia, di mana seisi alam ini tunduk di bawah wilayah
dan kekuasaannya. Dan termasuk hal yang pasti adalah bahwa para Imam kita
mempunyai kedudukan yang tidak bisa dicapai oleh malaikat muqarrabin atau pun
nabi yang diutus... (Ayatullah Khumaini, al-Hukumat al-Islamiyyah, hal. 52)
=============================================
Fatwa Imam Al-Ghazali
ูููููู ุตูุฑููุญู ู
ูุตูุฑููุญู ุจูููููุฑู ุฃูุจูู ุจูููุฑู
ููุนูู
ูุฑู- ุฑุถู ุงููู ุนููู
ุง- ููููุฏู ุฎูุงูููู ุงูุฅูุฌูู
ูุงุนู ููุฎูุฑููููู ... ููููุงุฆููู
ุฐููููู ุฅููู ุจูููุบูุชููู ุงูุฃูุฎูุจูุงุฑู ููุงุนูุชูููุฏู ู
ูุนู ุฐููููู ููููุฑูููู
ู ูููููู
ููุงููุฑู. .ุจูุชูููุฐูููุจููู ุฑูุณููููู ุงูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
, ููู
ููู
ููุฐููุจููู ุจูููููู
ูุฉู ู
ููู ุฃูููุงูููููููู ููุงููุฑู ุจูุงูุฅูุฌูู
ูุงุนู "(3)
(3) ููุถูุงุฆูุญู ุงููุจูุงุทูููููุฉ:
ุต149.
Barang siapa yang menyatakan bahwa Sayyidina Abu Bakar dan
Sayyidina Umar RA itu kafir maka dia telah menyalahi dan melanggar ijmaโ.
Dengan demikian orang yang menyatakan tersebut apabila sudah mengetahui
keutamaan kedua sahabat Abu Bakar dan Umar RA, namun masih saja mengatakan
kekafirannya maka dia akan kafir sendiri, karena dia telah menganggap
rasulullah bohong.
Fatwa Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asyโari
ููููููุณู ู
ูุฐูููุจู ููู ููุฐููู ุงูุฃูุฒูู
ูููุฉู
ุงููู
ูุชูุฃูุฎููุฑูุฉู ุจูููุฐููู ุงูุตููููุฉู ุฅููุงูู ููุฐููู ุงููู
ูุฐูุงููุจู ุงูุฃูุฑูุจูุนูุฉู,
ุงูููููููู
ูู ุฅููุงูู ู
ูุฐูููุจู ุงูุฅูู
ูุงู
ููููุฉู ููุงูุฒููููุฏูููุฉู ููููู
ู ุฃููููู
ุงููุจูุฏูุนูุฉู ูุงูููุฌููุฒู ุงูุงูุนูุชูู
ูุงุฏู ุนูููู ุฃูููุงูููููููู
ู (ุงูุชุจูุงู, ุต 29).
Dizaman ini tidak ada satu madzhabpun yang mempunyai
kesempurnaan kecuali madzhab empat, sedangkan madzhab Imamiyyah dan Zaidiyyah
itu tergolong madzhabnya orang ahli bidโah, maka tidak boleh mengikuti
pendapat-pendapatnya. (Al-Tibyan, hal 29)
ููุงูู ููู ุงูุงูููููุงุฑู: ููููููุทูุนู ุจูุชูููููููุฑู
ููููู ููุงุฆููู ูููููุงู ููุชูููุตูููู ุจููู ุฅูููู ุชูุถููููููู ุงูุงูู
ููุฉู ูุชูููููููุฑู
ุงูุตููุญูุงุจูุฉู (ุฑูุณูุงููุฉู ุฃูู ุงูุณูุฉ ูุงูุฌู
ุงุนุฉ, 14).
Disebutkan dalam kitab al-Anwar, Bisa
dipastikan kekafirannya setiap orang yang berkata bahwa semua ummat islam itu
sesat dan para sahabat itu kafir. (Risalah Ahl-Sunnah Wal Jamaโah, hal 14)
ููู
ูููููู
ู ุฑูุงููุถูููููููู ููุณูุจููููู
ุณููููุฏูููุง ุงูุจูุง ุจูููุฑู ููุนูู
ูุฑู ุฑูุถููู ุงูููู ุนูููููู
ูุง, ููููููุฑููููููู
ุงูุตููุญูุงุจูุฉู ุฑูุถูู ุงูููู ุนูููููู
ู, ููููุจูุงููุบูููู ููููู ุณููููุฏูููุง ุนูููููู
ููุงููููู ุจููููุชููู ุฑูุถูููุงูู ุงูููู ุนูููููููู
ู ุงูุฌูู
ูุนูููู, ููุงูู ุงูุณูููููุฏู
ู
ูุญูู
ููุฏู ููู ุดูุฑูุญู ุงููููุงู
ููุณู: ููุจูุนูุถูููู
ู ููุฑู ุชูููู ุงูููู ุงููููููุฑู
ููุงูุฒููููุฏูููุฉู ุงุนูุงุฐูููุง ุงูููู
ููุงููู
ูุณูููู
ููููู ู
ูููููุง.
ููุงูู ุฑูุณูููู ุงููู ุตููููู ุงููู ุนููููููู
ููุณููููู
: ููู
ููู ุณูุจููููู
ู ููุนููููููู ููุนูููุฉู ุงูููู ููุงููู
ูููุงุฆูููุฉู ููุงููููุงุณู ุงูุฌูู
ูุนูููู, ููุง ููููุจููู ุงููู
ู
ููููู ุตูุฑูููุง ููููุง ุนูุฏูููุง, ููุงู ุตููููู ุงููู ุนููููููู ููุณููููู
: ููุง ุชูุณูุจููุง
ุฃูุตูุญูุงุจูู, ููุฅูููููู ููุฌููุฆู ููููู
ู ููู ุฃูุฎูุฑู ุงูุฒูู
ูุงูู ููุณูุจูููููู ุงูุตูุญูุงุจูู,
ููููุง ุชูุตูููููุง ุนูููููููู
ู, ูููุง ุชูุตูููููุง ู
ูุนูููู
ู, ููููุง ุชูููุงููุญููููู
ู,
ููููุง ุชูุฌูุงููุณููููู
ู, ููุฅููู ู
ูุฑูุถููุง ููููุง ุชูุนูููุฏูููููู
ู.( ุฑุณุงูุฉ ุฃูู ุงูุณูุฉ
ูุงูุฌู
ุงุนุฉ, ุต 11)
0 Komentar untuk "MENGENAL SYIโAH DARI KITAB-KITAB SYIโAH"