Kamis, 18 Februari 2016

MUHAMMAD BIN IBRAHIM BIN ABDUL LATHIF (ALU ASY-SYAIKH)



||| MUHAMMAD BIN IBRAHIM BIN ABDUL LATHIF (ALU ASY-SYAIKH) |||
Merupakan keturunan (cucu) dari Muhammad bin Abdul Wahab. Didalam kitabnya, beliau tidak menyetujui pembacaan al-Qur’an untuk orang mati namun beliau menyetujui bahwa orang lain yang membaca al-Qur’an untuk orang yang menjelang mati adalah perkara masyru’ :
القراءة على الميت سواء كان في المسجد أو عند القبر أو في البيت ثم عمل طعام بعد الختمة وبعد الوفاة بثلاثة أيام يوزع على الفقراء من الأمور المبتدعة. وأما القراءة المشروعة فهي ما كان قبل الموت وعند الاحتضار كقراءة سورة "يس" أو " الفاتحة" أو " تبارك" أو غير ذلك من كتاب الله
“Membaca al-Qur’an untuk mayyit sama saja baik di masjid, atau disamping kubur atau di rumah, kemudian membuat makanan setelah khataman dan setelah wafatnya mayyit selama 3 hari untuk dibagikan kepada orang-orang faqir maka itu termasuk perkara bid’ah, adapun membaca al-Qur’an yang masyru’ adalah sebelum meninggal dunia dan disamping orang yang menjelang mati seperti membaca Yasiin atau surah al-Fatihah atau Tabarak atau surah-surah al-Qur’an lainnya[1]
||| KOMISI FATWA KERAJAAN BANI SAUD |||
Lajnah Daimah atau lengkapnya al-Lajnah ad-Daimah lil-Buhuts al-‘Ilmiyyah wal Iftaa’ merupakan komisi fatwa kerajaan Arab Saudi, semacam “MUI” yang ada di Indonesia. Terkait pembacaan al-Qur’an untuk orang mati, Lajnah ad-Daimah dalam berbagai fatwanya tidak menyetuji amalan tersebut dan menyatakan tidak sampai. Diantaranya adalah sebuah jawaban dari pertanyaan ke-3 dari fatwa no. 2634  yang anggotanya Syaikh Abdullah Qu’ud, Syaikh Abdur Razaq sebagai wakil ketua dan Syaikh Abdul ‘Aziz bin Abdullah bin Baz sebagai ketua.
ج3: أولا: إذا قرأ إنسان قرآنا ووهب ثوابه للميت فالصحيح أنه لا يصل إليه ثواب القراءة؛ لأنها ليست من عمله، وقد قال تعالى: {وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَى}  وإنما هي من عمل الحي، وثواب عمله له، ولا يملك أن يهب ثواب قراءة لغيره
“Jawaban : apabila seorang manusia membaca al-Qur’an dan memberikan pahalanya untuk orang mati, maka yang shahih sesungguhnya pahala bacaan al-Qur’an itu tidak sampai, karena bukan amalnya, dan sungguh Allah telah berfirman {dan sungguh tiada bagi manusia kecuali apa yang di usahakannya} sebab itu termasuk amal orang yang hidup dan pahala amalnya baginya, pahala bacaan al-Qur’annya tidak bisa dimiliki oleh orang lain”.
||| PENUTUP |||
Demikianlah apa yang bisa penulis sampaikan, kurang lebih kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala khilaf yang berasal kekurangan al-faqir, dan sebagai kesimpulan :
·        Kegiatan tahlilan atau amalan-amalan yang ada didalam tahlilan tidak ada satupun yang bertentangan dengan syariat dan kaidah-kaidah madzhab Syafi’i. Bahkan kebijaksanaan ‘ulama begitu nampak dalam penerapannya pada kegiatan tahlilan.
·        Motivasi memberi makan didalam tahlilan hendaknya adalah untuk bershadaqah yang pahalanya untuk mayyit agar memperoleh pahala kesunnahan bershadaqah, atau dalam rangka menghormati tamu bukan motivasi lain yang tidak dianjurkan oleh syariat. Harta yang digunakan adalah harta yang halal bukan terlarang. Makanan yang berasal dari harta yang halal, maka halal untuk dimakan.
·        Adanya kegiatan tahlilan yang kurang sehat yang terjadi pada lingkungan yang kurang paham mengenai maksud, tujuan serta penerapannya, bukanlah “dalih” untuk melarang tahlilan, sebaliknya hal itu harus diperbaiki agar sesuai dengan ketentuan hukum Islam.
·        Tidak semua perkata baru atau bid’ah jatuh pada status hukum haram. Bahkan, para ulama telah memberikan contohnya dalam kitab-kitab mereka tentang adanya perkara baru (bid’ah) yang hanya jatuh pada status hukum makruh dan ini banyak tersebar dalam kitab-kitab mereka.
·        Ulama hanya berbeda dalam penyebutan perkara yang dimanakan bid’ah, sebagain menyebutnya sebagai bid’ah, sebagian tidak, namun esensinya sama.
·        Aliran Wahhabiyah dengan aqidahnya mujassimah atau musyabbihah maka termasuk dalam kategori bid’ah yang haram (bid’ah muharramah).
Semoga dengan semua ini bisa memberikan informasi berimbang mengenai komentar para ulama Ahl Sunnah wal Jama’ah demikian juga komentar dari yang tidak menyetujui


CATATAN KAKI :

[1] Lihat : Fatawa wa Rasail [3/229] Muhammad bin Ibrahim bin Abdul Lathif Alu asy-Syaikh.

Tidak ada komentar:

Jual beli online dan menyusui anak orang kafir

*SOAL* Bahsulmasail# 1_ *bagaimana hukum orang jual beli online, kalo di bolehkan bagaimana cara akadnya apakah sah hanya melewati telpon sa...