๐ HUKUM NGECASH HP DI MASJID ๐
Ketika mampir di sebuah masjid, sering kali terlihat beberapa orang yang mengisi (Charging/ngecash) baterai hp pada colokan daya yang bertebaran di beberapa sisi masjid. Mengenai legalitas hukumnya, dalam kitab Risalah al-Amajid dijelaskan:
{ ุฃููููููู ููููููู ู ู ูู ููุง ุฐูููุฑู ูููููู ููุญููู ุงููู ูููุจููุฑู ูููุตููููุชู ููููู ูุณูุฌูุฏู ููุงุณูุชูุนูู ูุงูููู ููุบูููุฑู ุฐููููู ุงููู ูุณูุฌูุฏู ุบูููุฑู ุฌูุงุฆูุฒู ุงูููู ุฅููููุง ุงููู ุงุดูุชูุฑูุงูู ุงููููุงุธูุฑูุจูููุตูุฏู ุฅูููุฌูุงุฑููู ููููุฌูููุฒู ุงุณูุชูุนูู ูุงูููู ููููุบูููุฑู ุจูุฃูุฌูุฑูุฉู ููุง ู ูุฌูุงููุง }
โAku berpendapat dari permasalahan yang telah disebutkan, yaitu memindah semacam pengeras suara milik masjid dan menggunakannya untuk keperluan selain masjid adalah tidak diperbolehkan. Kecuali Nazir membeli (semacam pengeras suara) itu dengan tujuan untuk menyewakannya, maka diperbolehkan bagi orang lain untuk menggunakannya dengan membayar ongkos sewa, tidak gratisโ.[1]
Stop kontak atau colokan daya listrikyang tersedia merupakan fasilitas yang dimiliki oleh masjid, sama halnya seperti pengeras suara dalam keterangan yang dijelaskan di atas. Sehingga penggunaannya untuk charging atau ngecash telepon seluler tidak diperbolehkan serta berkonsekuensi kewajiban membayar ongkos sewa secara umum (ujroh mitsli) untuk menaksir ganti rugi atas daya listrik yang telah digunakannya.
Namun kewajiban tersebut bisa gugur apabila orang yang menggunakan daya listrik atau charger tersebut mendapatkan izin dari takmir masjid dan ia melakukan ibadah yang berhubungan langsung dengan masjid,seperti salat, iktikaf, dan sesamanya.
๐ footnote :
[1] Risalah al-Amajid, hal. 29
โ HUKUM NGECASH HP DI MASJID
( Deskripsi Masalah ) :
Ketika mampir di sebuah masjid, sering kali terlihat beberapa orang yang mengisi (Charging/ngecash) baterai hp pada colokan daya yang bertebaran di beberapa sisi masjid. Mengenai legalitas hukumnya, dalam kitab Risalah al-Amajid dijelaskan:
{ ุฃููููููู ููููููู ู ู ูู ููุง ุฐูููุฑู ูููููู ููุญููู ุงููู ูููุจููุฑู ูููุตููููุชู ููููู ูุณูุฌูุฏู ููุงุณูุชูุนูู ูุงูููู ููุบูููุฑู ุฐููููู ุงููู ูุณูุฌูุฏู ุบูููุฑู ุฌูุงุฆูุฒู ุงูููู ุฅููููุง ุงููู ุงุดูุชูุฑูุงูู ุงููููุงุธูุฑูุจูููุตูุฏู ุฅูููุฌูุงุฑููู ููููุฌูููุฒู ุงุณูุชูุนูู ูุงูููู ููููุบูููุฑู ุจูุฃูุฌูุฑูุฉู ููุง ู ูุฌูุงููุง }
โAku berpendapat dari permasalahan yang telah disebutkan, yaitu memindah semacam pengeras suara milik masjid dan menggunakannya untuk keperluan selain masjid adalah tidak diperbolehkan. Kecuali Nazir membeli (semacam pengeras suara) itu dengan tujuan untuk menyewakannya, maka diperbolehkan bagi orang lain untuk menggunakannya dengan membayar ongkos sewa, tidak gratisโ.[1]
Stop kontak atau colokan daya listrikyang tersedia merupakan fasilitas yang dimiliki oleh masjid, sama halnya seperti pengeras suara dalam keterangan yang dijelaskan di atas. Sehingga penggunaannya untuk charging atau ngecash telepon seluler tidak diperbolehkan serta berkonsekuensi kewajiban membayar ongkos sewa secara umum (ujroh mitsli) untuk menaksir ganti rugi atas daya listrik yang telah digunakannya.
Namun kewajiban tersebut bisa gugur apabila orang yang menggunakan daya listrik atau charger tersebut mendapatkan izin dari takmir masjid dan ia melakukan ibadah yang berhubungan langsung dengan masjid,seperti salat, iktikaf, dan sesamanya.
๐ footnote :
[1] Risalah al-Amajid, hal. 29
โ HUKUM NGECASH HP DI MASJID
( Deskripsi Masalah ) :
- Di zaman teknologi yang makin canggih pada saat ini keberadaan Hp sudah menjadi keperluan kebanyakan masyarakat, baik di kota maupun di desa sampai di gunung-gunung, baik itu gubernur, bupati, camat bahkan para pekerja biasapun mereka perlu yang namanya Hp. Hampir setiap orang di mana saja ia berada di rumah, di toko, di pabrik ataupun ketika bepergian Hp akan selalu ada di sisinya. Yang menjadi permasalahan, terkadang orang yang sedang bepergian ketika singgah di masjid untuk sholat ataupun iโtikaf, maka ketika setrum batrinya habis mereka akan mencarge (mengecas) Hpnya di masjid tersebut.
๐ Pertanyaan :
(a) Bagaimana hukum mengecas Hp di masjid tersebut?
(b) Kalau di perlukan izin kepada siapakah minta izin?
(c) Bagaimana solusi bagi orang yang sudah terlanjur ngecas Hp di masjid tempat ia singgah?
โ JAWABAN :
(a) HARAM hukumnya mengecas Hp di masjid dengan izin ataupun tanpa izin, karena listrik masjid di qiyaskan dengan Az-zait (minyak) yang di gunakan untuk penerangan masjid yang merupakan bagian (ุฃุฌุฒุงุก ) dari masjid dan tidak boleh di ambil sedikitpun.
๐ Referensi :
(1) ุฃุนุงูุฉ ุงูุทุงูุจูู: ุฌ 3 ุต 216 : ููุญุฑู ุฃุฎุฐ ุดูุก ู ู ุฒูุชู ูุดู ุนู ุงู ููู ุณุฌุฏ ุงู ุงูู ุฎุชุต ุจู ุจุฃู ูููู ู ููููุง ุนููู ุฃูู ู ูููุง ูู ุจูุจุฉ ุฃู ุดุฑุงุก ู ู ุฑูุน ู ูููู ุนูู ู ุตุงูุญู ูุงุฐุง ุฃุฎุฐ ู ูู ุฐูู ูุฌุจ ุฑุฏู (ูุตุญุงู ูุชุฑุงุจู) ุงู ูู ุง ูุญุฑู ุฃุฎุฐ ุญุตู ุงูู ุณุฌุฏ ูุชุฑุง ุจู.
(2) ุงูู ุฌู ูุน ุฌ 3 ุต 206 : ูุงูุฌูุฒ ุฃุฎุฐ ุดูุก ู ู ุฃุฌุฒุงุก ุงูู ุณุฌุฏ ูุญุฌุฑ ูุญุตุง ุฉ ูุชุฑุงุจ ูุบูุฑู ููุฏ ุณุจู ูู ูุฐู ุงูู ุณุงุฆู ุชุญุฑูู ุงูุชูู ู ุจุชุฑุงุจ ุงูู ุณุฌุฏ ูู ุซูู ุงูุฒูุช ูุงูู ุดุน ุงูุฐู ูุณุฑุฌ ููู ููู ุณูู ุงุจู ุฏุงูุฏ ุจุงุณูุงุฏ ุตุญูุญ ุนู ุงุจู ูุฑูุณุฑุฉ ุจุนุฏ ุงูุฑูุงุฉ ุฃุฑุงู ุฑูุนู ุงูู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูุงู: ุงู ุงูุญุตุงุฉ ูุชูุงุดุฏ ุงูุฐู ูุฎุฑุฌูุง ู ู ุงูู ุณุฌุฏ
(b) Tidak perlu izin, karena hukumnya HARAM mutlak baik izin terlebih dahulu ataupun tidak.
โ Referensi :
Ibaratnya sama dengan jawaban soal pertama
(c) Solusinya ia harus mengembalikan qimah ( biaya senilai listrik yang telah di ambil ) kepada pihak masjid. Bila masjidnya jauh dan sulit di jangkau, maka ia bertaubat, banyak istighfar dan sedekah.
โ Referensi :
(1) ููุงูุฉ ุงูุฒูู :ุต 241 : ูุนูู ุงูุบุงุตุจ ุฑุฏ ูุถู ุงู ุชูู ุจุฃูุตู ููู ุชู ู ู ุญูู ุบุตุจ ุงูู ุชูู.
(2) ุงูุงุดุจุงู ูุงููุธุงุฆุฑ ุฌ 2 ุต 407 : ูุงู ูู ุงูุชุฏุฑูุจ : ูู ู ู ุบุตุจ ุดูุฆุง ูุฌุจ ุฑุฏู ุงูุง ุจุณุช ุตูุฑ :ู ุณุฆูุฉ ุงูุฎูุท ูุงูููุญ ูุงูุฎูุท ุญูุซ ูุงูุชู ูุฒ ูุงูุฎู ุฑ ูุงูุนุตูุฑ ุงุฐุง ุชุฎู ุฑ ูู ูุฏู
(3) ุญุงุดูุฉ ุงูุฌู ู : ุฌ 5 ุต 388 : ุซู ุฑุฃูุช ูู ู ููุงุฌ ุงูุนุงุจุฏูู ููุบุฒุงูู ุงู ุงูุฐููุจ ุงูุชู ุจูู ุงูุนุจุงุฏ ุงู ุง ูู ุงูู ุงู ููุฌุจ ุฑุฏู ุนูุฏ ุงูู ููุฉ ูุงู ุนุฌุฒ ูููุฑ ุงุณุชุญูู ูุงู ุนุฌุฒ ุนู ุงุณุชุญูุงูู ูุบูุจุชู ุงู ู ูุชู
ูุงู ูู ุงูุชุตุฏู ุนูู ูุนูู ูุงูุง ููููุซุฑ ู ู ุงูุญุณูุงุช ููุฑุฌุน ุงูู ุงููู ุชุนุงูู ููุชุถุฑุน ุงููู ูู ุงู ูุฑุถูู ุนูู ููู ุงูููุงู ุฉ
๐ Pertanyaan :
(a) Bagaimana hukum mengecas Hp di masjid tersebut?
(b) Kalau di perlukan izin kepada siapakah minta izin?
(c) Bagaimana solusi bagi orang yang sudah terlanjur ngecas Hp di masjid tempat ia singgah?
โ JAWABAN :
(a) HARAM hukumnya mengecas Hp di masjid dengan izin ataupun tanpa izin, karena listrik masjid di qiyaskan dengan Az-zait (minyak) yang di gunakan untuk penerangan masjid yang merupakan bagian (ุฃุฌุฒุงุก ) dari masjid dan tidak boleh di ambil sedikitpun.
๐ Referensi :
(1) ุฃุนุงูุฉ ุงูุทุงูุจูู: ุฌ 3 ุต 216 : ููุญุฑู ุฃุฎุฐ ุดูุก ู ู ุฒูุชู ูุดู ุนู ุงู ููู ุณุฌุฏ ุงู ุงูู ุฎุชุต ุจู ุจุฃู ูููู ู ููููุง ุนููู ุฃูู ู ูููุง ูู ุจูุจุฉ ุฃู ุดุฑุงุก ู ู ุฑูุน ู ูููู ุนูู ู ุตุงูุญู ูุงุฐุง ุฃุฎุฐ ู ูู ุฐูู ูุฌุจ ุฑุฏู (ูุตุญุงู ูุชุฑุงุจู) ุงู ูู ุง ูุญุฑู ุฃุฎุฐ ุญุตู ุงูู ุณุฌุฏ ูุชุฑุง ุจู.
(2) ุงูู ุฌู ูุน ุฌ 3 ุต 206 : ูุงูุฌูุฒ ุฃุฎุฐ ุดูุก ู ู ุฃุฌุฒุงุก ุงูู ุณุฌุฏ ูุญุฌุฑ ูุญุตุง ุฉ ูุชุฑุงุจ ูุบูุฑู ููุฏ ุณุจู ูู ูุฐู ุงูู ุณุงุฆู ุชุญุฑูู ุงูุชูู ู ุจุชุฑุงุจ ุงูู ุณุฌุฏ ูู ุซูู ุงูุฒูุช ูุงูู ุดุน ุงูุฐู ูุณุฑุฌ ููู ููู ุณูู ุงุจู ุฏุงูุฏ ุจุงุณูุงุฏ ุตุญูุญ ุนู ุงุจู ูุฑูุณุฑุฉ ุจุนุฏ ุงูุฑูุงุฉ ุฃุฑุงู ุฑูุนู ุงูู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูุงู: ุงู ุงูุญุตุงุฉ ูุชูุงุดุฏ ุงูุฐู ูุฎุฑุฌูุง ู ู ุงูู ุณุฌุฏ
(b) Tidak perlu izin, karena hukumnya HARAM mutlak baik izin terlebih dahulu ataupun tidak.
โ Referensi :
Ibaratnya sama dengan jawaban soal pertama
(c) Solusinya ia harus mengembalikan qimah ( biaya senilai listrik yang telah di ambil ) kepada pihak masjid. Bila masjidnya jauh dan sulit di jangkau, maka ia bertaubat, banyak istighfar dan sedekah.
โ Referensi :
(1) ููุงูุฉ ุงูุฒูู :ุต 241 : ูุนูู ุงูุบุงุตุจ ุฑุฏ ูุถู ุงู ุชูู ุจุฃูุตู ููู ุชู ู ู ุญูู ุบุตุจ ุงูู ุชูู.
(2) ุงูุงุดุจุงู ูุงููุธุงุฆุฑ ุฌ 2 ุต 407 : ูุงู ูู ุงูุชุฏุฑูุจ : ูู ู ู ุบุตุจ ุดูุฆุง ูุฌุจ ุฑุฏู ุงูุง ุจุณุช ุตูุฑ :ู ุณุฆูุฉ ุงูุฎูุท ูุงูููุญ ูุงูุฎูุท ุญูุซ ูุงูุชู ูุฒ ูุงูุฎู ุฑ ูุงูุนุตูุฑ ุงุฐุง ุชุฎู ุฑ ูู ูุฏู
(3) ุญุงุดูุฉ ุงูุฌู ู : ุฌ 5 ุต 388 : ุซู ุฑุฃูุช ูู ู ููุงุฌ ุงูุนุงุจุฏูู ููุบุฒุงูู ุงู ุงูุฐููุจ ุงูุชู ุจูู ุงูุนุจุงุฏ ุงู ุง ูู ุงูู ุงู ููุฌุจ ุฑุฏู ุนูุฏ ุงูู ููุฉ ูุงู ุนุฌุฒ ูููุฑ ุงุณุชุญูู ูุงู ุนุฌุฒ ุนู ุงุณุชุญูุงูู ูุบูุจุชู ุงู ู ูุชู
ูุงู ูู ุงูุชุตุฏู ุนูู ูุนูู ูุงูุง ููููุซุฑ ู ู ุงูุญุณูุงุช ููุฑุฌุน ุงูู ุงููู ุชุนุงูู ููุชุถุฑุน ุงููู ูู ุงู ูุฑุถูู ุนูู ููู ุงูููุงู ุฉ
1 Komentar untuk "HUKUM NGECASH HP DI MASJID"
ada pdf risalah amajidnya?