BERGERAK DAN MENARI SAAT DZIKIR
A.Dasar Legalitas
Imam ibnu katsir menuturkan sebuah hadits yang disampaikan oleh
sayyidina โAli tentang keadaan sahabat dikala berdzikir , dalam kitab
al-bidayah wan nihayah disebutkan
ููุงู: ูุงููู ููุฏ ุฑุฃูุช ุฃุตุญุงุจ ู
ุญู
ุฏ ุตูู ุงููู ุนููู
ูุณูู
ูู
ุง ุฃุฑู ุงูููู
ุดูุฆุง ูุดุจููู
ุ ููุฏ ูุงููุง ูุตุจุญูู ุตูุฑุง ุดุนุซุง ุบุจุฑุง ุจูู ุฃุนูููู
ูุฃู
ุซุงู ุฑูุจ ุงูู
ุนุฒูุ ูุฏ ุจุงุชูุง ููู ุณุฌุฏุง ูููุงู
ุง ูุชููู ูุชุงุจ ุงููู ูุชุฑุงูุญูู ุจูู ุฌุจุงููู
ูุฃูุฏุงู
ูู
ุ ูุฅุฐุง ุฃุตุจุญูุง ูุฐูุฑูุง ุงููู ู
ุงุฏูุง ูู
ุง ูู
ูุฏ ุงูุดุฌุฑ ูู ููู
ุงูุฑูุญุ ููู
ูุช
ุฃุนูููู
ุญุชู ุชูุจู ุซูุงุจูู
โmaka
berkata sayyidina Ali ,โ demi Allah, sungguh aku telah melihat para sahabat
Nabi muhammad SAW , maka tidak kulihat hari itu sesuatu yang menyerupai
mereka... sungguh para sahabat terjaga hingga lewat tengahmalam dengan bersujud
dan berdiri, mereka membaca kitab Allah, mereka rehat diantara kening dan
telapak kaki. Dan ketika mereka masuk waktu pagi ,mereka berdzikir kepada
Allah , maka tubuh mereka doyong(berayun ) seperti doyongnya pepohonan saat
diterpa angin kencang dan air matanya mengalir hingga membasahi bajuya ......
Hadits diatas dengan jelas mengungkap kondisi para sahabat
dikala berdikir, yakni berayun-berayunnya anggota tubuh layaknya ayunan
pepohonan dikala diterpang angin
kencang.
Juga ada hadits lain yang menelaskan hal ini
ุญูุฏููุซูููุง ุฒูููููุฑู ุจููู ุญูุฑูุจู ุญูุฏููุซูููุง
ุฌูุฑููุฑู ุนููู ููุดูุงู
ู ุนููู ุฃูุจูููู ุนููู ุนูุงุฆูุดูุฉู ููุงููุชู ุฌูุงุกู ุญูุจูุดู
ููุฒูููููููู ููู ููููู
ู ุนููุฏู ููู ุงููู
ูุณูุฌูุฏู ููุฏูุนูุงููู ุงููููุจูููู -ุตูู ุงููู
ุนููู ูุณูู
- ููููุถูุนูุชู ุฑูุฃูุณูู ุนูููู ู
ูููููุจููู ููุฌูุนูููุชู ุฃูููุธูุฑู ุฅูููู
ููุนูุจูููู
ู ุญูุชููู ููููุชู ุฃูููุง ุงูููุชูู ุฃูููุตูุฑููู ุนููู ุงููููุธูุฑู ุฅูููููููู
ู
Telah
bercerita kepada kami zuhair , telah bercerita kepada kami Jarir bin hisyam
dari bapaknya dari โAisyah ia berkata ;โ orang-orang habasyah sedang menari
Zafin di masjid pada hari raya. Maka
Nabi SAW memanggilku , aku-pun
meletakkan kepala diatas pundaknya untuk melihat permainan mereka sampai
aku sendiri yang berhenti melihat mereka.โ (HR.Muslim)
Apa yang telah meereka
lakukan tidak menuai kritik apapun dari
Beliau Nabi SAW apalagi mengingkariya, bahkan beliau melihat permainan itu dengan sang istri,sayyidah โAisyah RA.
Hujjatul islam al-Ghozali memaparkan bentuk permainan yang dilakukan oranng-orang
Habasyah diatas sebagai bentuk
perwujudan rasa semangat dan kebahagian yang mereka rasakan.
Imam al-Kholili , salah seorang ulama syafiโiah pernah ditanyai
perihal diatas, beliau menjawb dengan jawaban
yang sangat memuaskan, dalam
uraiannya Beliau mengungkapkan , โ
berdzikir merupakan salah satu ibadah
yang dianjurkan oleh syariat dalam situasi dan kondisi apapun โ
Ditegaskan dlam alquran
ููุงูุฐููุงููุฑูููู ุงูููููู ููุซููุฑูุง
ููุงูุฐููุงููุฑูุงุชู ุฃูุนูุฏูู ุงูููููู ููููู
ู ู
ูุบูููุฑูุฉู ููุฃูุฌูุฑูุง ุนูุธููู
ูุง (35)
[ุงูุฃุญุฒุงุจ/35]
โlaki-laki
dan perempuan yang banyak menyebut
(nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala besar โ
(al-ahzab: 35)
ุงูููุฐูููู ููุฐูููุฑูููู ุงูููููู ููููุงู
ูุง
ููููุนููุฏูุง ููุนูููู ุฌููููุจูููู
ู [ุขู ุนู
ุฑุงู/191]
โ yaitu
orang-orang yang mengingat Allah dalam keadaan berdiri atau duduk atau dalam keadaan
berbaring โ (Ali imron : 191)
ููุง ุฃููููููุง ุงูููุฐูููู ุขูู
ููููุง ุงุฐูููุฑููุง
ุงูููููู ุฐูููุฑูุง ููุซููุฑูุง (41)
[ุงูุฃุญุฒุงุจ/41ุ 42]
โhai orang-orang
yang berimman berdzikirlah ( dengan menyebut nama )Allah, dzikir yang
sebanyak-banyaknyaโ
(al-Ahzab.
41)
Dan kita tahu bahwa salah satu faktor penyebab dikabukannya doa
atau dzikir harus memakai etika ( adab ) yang di antaranya dibutuhkannya hati
ulus, tadorruโ, khusyuโ dll. Oleh karenanya setelah mempertimbangkan semua
aspek yg disebutkan diatas , Beliau memformulasikan bahwa berdzikir dengan
bergeleng-geleg dan bergerak hukumnnya
sangat dianjurkan jika memanng dengan semua itu bisa mengantarkan orang yg
berdzikir mendaaatkan kekhusyuโan yg mendalam dan menancap dalam hati, dan
apabila yg terjadi justru sebaliknya , maka lebih baik tidak usah
melakukannya, dan jika antara melakukan geleng-geleng dan bergerak dengan tidak
melakukannya tidak memberikan dampak apa-apa maka reaksi apapun yang
dilakukannya ( geleng-geleng atau tidak) adalah benar.
Imam al-Qurtubi dalam
menguraikan QS. Ali Imron ayat 191 diatas menuliskan :
Allah menyebutkan tiga kondisi ini (berdiri, duduk, berbaring),
yakni kondisi yang mana keturunan Adam
tidak bisa terlepas dari tiga perkara
itu daam umumnya aktifitas mereka. Dari makna
inilah ungkapan sayidah โAisyah :โRosuulloh
SAW senantiasa berdzikir kpd Allah di setiap waktunnya โ(HR. Muslim)
Ayat-ayat diatas adalah perintah umum , maka orang-orang berdzikir kpd Allah SWT dalam kondisi apapun akan
dibalas dan diberi pahala oleh Alla
, insyaAllah.
ูููู ุชุนุงูู: (ุงูุฐูู ูุฐูุฑูู ุงููู ููุงู
ุง ููุนูุฏุง
ูุนูู ุฌููุจูู
) ุฐูุฑ ุชุนุงูู ุซูุงุซ ููุฆุงุช ูุง ูุฎููุง ุงุจู ุขุฏู
ู
ููุง ูู ุบุงูุจ ุฃู
ุฑูุ ููุฃููุง
ุชุญุตุฑ ุฒู
ุงูู. ูู
ู
ูุฐุง ุงูู
ุนูู ููู ุนุงุฆุดุฉ ุฑุถู ุงููู ุนููุง: ูุงู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูุฐูุฑ ุงููู
ุนูู ูู ุฃุญูุงูู.ุฃุฎุฑุฌู
ู
ุณูู
.ูุฏุฎู ูู ุฐูู ูููู ุนูู ุงูุฎูุงุก ูุบูุฑ ุฐูู.ููุฏ ุงุฎุชูู ุงูุนูู
ุงุก ูู ูุฐุงุ ูุฃุฌุงุฒ ุฐูู
ุนุจุฏ ุงููู ุจู ุนู
ุฑู ูุงุจู ุณูุฑูู ูุงููุฎุนูุ ููุฑู ุฐูู ุงุจู ุนุจุงุณ ูุนุทุงุก ูุงูุดุนุจู.ูุงูุงูู ุฃุตุญ
ูุนู
ูู
ุงูุขูุฉ ูุงูุญุฏูุซ.ูุงู ุงููุฎุนู: ูุง ุจุฃุณ ุจุฐูุฑ.ุงููู ูู ุงูุฎูุงุก ูุฅูู ูุตุนุฏ.ุงูู
ุนูู:
ุชุตุนุฏ ุจู ุงูู
ูุงุฆูุฉ ู
ูุชูุจุง ูู ุตุญููู
ุ ูุญุฐู ุงูู
ุถุงู. ุฏูููู
ููู ุชุนุงูู: " ู
ุง ูููุธ ู
ู ููู ุฅูุง ูุฏูู ุฑููุจ ุนุชูุฏ " [ ู: 18 ] (1).ููุงู:
" ูุฅู ุนูููู
ูุญุงูุธูู ูุฑุงู
ุง ูุงุชุจูู " [ ุงูุงููุทุงุฑ: 10 - 11 ] (2).ููุงู
ุงููู ุนุฒูุฌู ุฃู
ุฑ ุนุจุงุฏู ุจุงูุฐูุฑ ุนูู ูู ุญุงู ููู
ูุณุชุซู ููุงู: " ุงุฐูุฑูุง ุงููู ุฐูุฑุง
ูุซูุฑุง " [ ุงูุงุญุฒุงุจ: 41 ] (3) ููุงู: " ูุงุฐูุฑููู ุฃุฐูุฑูู
" [ ุงูุจูุฑุฉ:
152 ] (4) ููุงู: " ุฅูุง ูุง ูุถูุน ุฃุฌุฑ ู
ู ุฃุญุณู ุนู
ูุง " [ ุงูููู: 3 ]
(5)ูุนู
.ูุฐุงูุฑ ุงููู ุชุนุงูู ุนูู ูู ุญุงูุงุชู ู
ุซุงุจ ู
ุฃุฌูุฑ ุฅู ุดุงุก ุงููู ุชุนุงูู.ูุฐูุฑ ุฃุจู
ูุนูู
ูุงู: ุญุฏุซูุง ุฃุจู ุจูุฑ ุจู ู
ุงูู ุญุฏุซูุง ุนุจุฏ ุงููู ุจู ุฃุญู
ุฏ ุจู ุญูุจู ูุงู ุญุฏุซูู ุฃุจู
ูุงู ุญุฏุซูุง ูููุน ูุงู ุญุฏุซูุง ุณููุงู ุนู ุนุทุงุก ุจู ุฃุจู ู
ุฑูุงู ุนู ุฃุจูู ุนู ูุนุจ ุงูุงุญุจุงุฑ ูุงู
ูุงู ู
ูุณู ุนููู ุงูุณูุงู
: (ูุง ุฑุจ ุฃูุฑูุจ ุฃูุช ูุฃูุงุฌูู ุฃู
ุจุนูุฏ ูุฃูุงุฏูู ูุงู: ูุง ู
ูุณู ุฃูุง
ุฌููุณ ู
ู ุฐูุฑูู ูุงู: ูุง ุฑุจ ูุฅูุง ูููู ู
ู ุงูุญุงู ุนูู ุญุงู ูุฌูู ููุนุธู
ู ุฃู ูุฐูุฑู ูุงู:
ูู
ุง ูู ุ ูุงู: ุงูุฌูุงุจุฉ ูุงูุบุงุฆุท ูุงู: ูุง ู
ูุณู ุงุฐูุฑูู ุนูู ูู ุญุงู).ููุฑุงููุฉ ู
ู ูุฑู
ุฐูู ุฅู
ุง ูุชูุฒูู ุฐูุฑ ุงููู ุชุนุงูู ูู ุงูู
ูุงุถุน ุงูู
ุฑุบูุจ ุนู ุฐูุฑู ูููุง ููุฑุงููุฉ ูุฑุงุกุฉ
ุงููุฑุขู ูู ุงูุญู
ุงู
ุ ูุฅู
ุง ุฅุจูุงุก ุนูู ุงููุฑุงู
ุงููุงุชุจูู
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
B. TARIAN SUFI DIKALA
EKSTASE ( KEADAAN DILUAR KESADARAN DIRI)
DALAM PERSPEKTIF AGAMA
ร Al-Hafidz Ibnu hajar pernah ditanyai tentang
begerak-gerak ( tarian ) sufi dikala ekstase, apakah ada dasarnya ?? beliau
menjawab: ada, sesungguhnya Jaโfar bin Abi tholib RA bergerak dihadapan Rosulullah SAW disaat Beliau Rosul berkata padanya
ุงูุดูุจูููุชู ุฎูููููู ููุฎูููููู
โengkau mirip bentukku dan etika-kuโ
Gerakan itu terjadi dikarenakan rasa gembira atas ungkapan Beliau Rosul. Dan tindakan
Jaโfar ini tidak diingkari oleh Nabi SAW
, dan sungguh seolongan ulama yg berpengaruh membenarkan berdiri dan gerakan
(tarian ) pada majlis dzikir , diantaranya adalah syaikhul islam Ibnu abdissalam.
ุงููุชุงูู ุงูุญุฏูุซูุฉ ูุงุจู ุญุฌุฑ ุงูููุชู
ู - (ุฌ 1 / ุต 701)
ูุณุฆู ููุน ุงููู ุจู : ุนู ุฑูุต ุงูุตูููุฉ ุนูุฏ ุชูุงุฌุฏูู
ูู ูู ุฃุตู ุ .
ูุฃุฌุงุจ ุจูููู : ูุนู
ูู ุฃุตู ุ ููุฏ ุฑูู ูู ุงูุญุฏูุซ
" ุฃู ุฌุนูุฑ ุงุจู ุฃุจู ุทุงูุจ ุฑุถู ุงููู ุนูู ุฑูุต ูู ูุฏู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูู
ุง ูุงู ูู : ุฃุดุจูุช ุฎููู ูุฎููู " ูุฐูู ู
ู ูุฐุฉ ูุฐุง ุงูุฎุทุงุจ ููู
ูููุฑ ุนููู ุตูู
ุงููู ุนููู ูุณูู
ุ ููุฏ ุตุญ ุงูููุงู
ูุงูุฑูุต ูู ู
ุฌุงูุณ ุงูุฐูุฑ ุนู ุฌู
ุงุนุฉ ู
ู ุฃูุงุจุฑ ุงูุฃุฆู
ุฉ
ู
ููู
ุนุฒ ููุฏูู ุดูุฎ ุงูุฅุณูุงู
ุงุจู ุนุจุฏ ุงูุณูุงู
.
ูุณุฆู ููุน ุงููู ุจู : ูู ุชู
ูู ุฑุคูุฉ ุงููุจู ุตูู ุงููู
ุนููู ูุณูู
ูู ุงูููุธุฉ ุ .
ูุฃุฌุงุจ ุจูููู : ุฃููุฑ ุฐูู ุฌู
ุงุนุฉ ูุฌูุฒู ุขุฎุฑูู ููู
ุงูุญู ููุฏ ุฃุฎุจุฑ ุจุฐูู ู
ู ูุง ูุชูู
ู
ู ุงูุตุงูุญูู ุจู ุงุณุชุฏู ุจุญุฏูุซ ุงูุจุฎุงุฑู " ู
ู ุฑุฃูู
ูู ุงูู
ูุงู
ูุณูุฑุงูู ูู ุงูููุธุฉ " ุฃู ุจุนููู ุฑุฃุณู ุ ูููู ุจุบุนูู ููุจู ุ ูุงุญุชู
ุงู
ุฅุฑุงุฏุฉ ุงูููุงู
ุฉ ุจุนูุฏ ู
ู ููุธ ุงูููุธุฉ ุนูู ุฃูู ูุง ูุงุฆุฏุฉ ูู ุงูุชูููุฏ ุญููุฆุฐ ูุฃู ุฃู
ุชู
ูููู
ูุฑููู ููู
ุงูููุงู
ุฉ ู
ู ุฑุขู ูู ุงูู
ูุงู
ูู
ู ูู
ูุฑู ูู ุงูู
ูุงู
. ููู ุดุฑุญ ุงุจู ุฃุจู
ุญู
ุฒุฉ ููุฃุญุงุฏูุซู ุงูุชู ุงูุชูุงูุง ู
ู ุงูุจุฎุงุฑู ุชุฑุฌูุญ ุจูุงุก ุงูุญุฏูุซ ุนูู ุนู
ูู
ู ูู ุญููุงุชู
ูู
ู
ุงุชู ูู
ู ูู ุฃูููุฉ ุงูุงุชุจุงุน ููุณูุฉ ููุบูุฑู . ูุงู : ูู
ู ูุฏุนู ุงูุฎุตูุต ุจุบูุฑ ุชุฎุตูุต ู
ูู
ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ููุฏ ุชุนุณู ุซู
ุฃูุฒู
ู
ููุฑ ุฐูู ุจุฃูู ุบูุฑ ู
ุตุฏู ุจููู ุงูุตุงุฏู ูุจุฃูู
ุฌุงูู ุจูุฏุฑุฉ ุงููุงุฏุฑ ูุจุฃูู ู
ููุฑ ููุฑุงู
ุง ุงูุฃูููุงุก ู
ุน ุซุจูุชูุง ุจุฏูุงุฆู ุงูุณูุฉ ุงููุงุถุญุฉ ุ
ูู
ุฑุงุฏู ุจุนู
ูู
ุฐูู ูููุน ุฑุคูุฉ ุงูููุธุฉ ุงูู
ูุนูุฏ ุจูุง ูู
ู ุฑุขู ูู ุงูููู
ููู ูู
ุฑุฉ ูุงุญุฏุฉ
ุชุญูููุง ููุนุฏู ุงูุดุฑูู ุงูุฐู ูุง ูุฎูู ุ ูุฃูุซุฑ ู
ุง ููุน ุฐูู ููุนุงู
ุฉ ุนูุฏ ุงูุงุญุชุถุงุฑ ููุง
ุชุฎุฑุฌ ุฑูุญู ู
ู ุฌุณุฏู ุญุชู ูุฑุงู ููุงุก ุจูุนุฏู ุ ูุฃู
ุง ุบูุฑูู
ููุญุตู ุฐูู ููู
ูุจู ุฐูู ุจููู
ุฃู ุจูุซุฑุฉ ุจุญุณุจ ุชุฃูููู
ูุชุนูููู
ูุงุชุจุงุนูู
ูุณูุฉ ุฅุฐ ุงูุฅุฎูุงู ุจูุง ู
ุงูุน ูุจูุฑ ุ ููู ุตุญูุญ
ู
ุณูู
ุนู ุนู
ุฑุงู ุงุจู ุญุตูู ุฑุถู ุงููู ุนูู ุ ุฃู ุงูู
ูุงุฆูุฉ ูุงูุช ุชุณูู
ุนููู ุฅูุฑุงู
ุง ูุตุจุฑู
ุนูู ุฃูู
ุงูุจูุงุณูุฑ ุ ููู
ุง ููุงูุง ุงููุทุน ุณูุงู
ุงูู
ูุงุฆูุฉ ุนูู ุ ููู
ุง ุชุฑู ุงููู ุฃู ุจุฑุฆ
ูู
ุง ูู ุฑูุงูุฉ ุตุญูุญุฉ ุนุงุฏ ุณูุงู
ูู
ุนููู ูููู ุงููู ุฎูุงู ุงูุณูุฉ ู
ูุน ุชุณุงูู
ูู
ุนููู ู
ุน ุดุฏุฉ
ุงูุถุฑูุฑุฉ ุฅููู ูุฃูู ููุฏุญ ูู ุงูุชููู ูุงูุชุณููู
ูุงูุตุจุฑ . ููู ุฑูุงูุฉ ุงูุจูููู "
ูุงูุช ุงูู
ูุงุฆูุฉ ุชุตุงูุญู ููู
ุง ููู ุชูุญุช ุนูู " ููู ูุชุงุจ ( ุงูู
ููุฐ ู
ู ุงูุถูุงูุฉ )
ูุญุฌุฉ ุงูุฅุณูุงู
ุจุนุฏ ู
ุฏุญ ุงูุตูููุฉ ูุจูุงู ุฃููู
ุฎูุฑ ุงูุฎูู ุญุชู ุฅููู
ููู
ูู ููุธุชูู
ูุดุงูุฏูู ุงูู
ูุงุฆูุฉ ูุฃุฑูุงุญ ุงูุฃูุจูุงุก ููุณู
ุนูู ู
ููู
ุฃุตูุงุชุง ูููุชุจุณูู ู
ููู
ููุงุฆุฏ ุ ุซู
ูุชุฑูู ุงูุญุงู ู
ู ู
ุดุงูุฏุฉ ุงูุตูุฑ ูุงูุฃู
ุซุงู ุฅูู ุฏุฑุฌุงุช ูุถูู ุนููุง ูุทุงู ุงููุงุทู
ร Dikatakan
kepada imam Ahmad bin hanbal :sungguh mereka oranng-orang sufi duduk di masjid
dengan tawakkal tanpa ilmu, Imam Ahmad
membantah : โ ( sebaliknya) ilmu yang
membuat mereka duduk di masjid
โ, dikatakan lagi kepada Imam Ahmad,
sungguh himmah (harapan ) mereka besar, Imam Ahmad menjawab : โtidaklah aku
ketahui sekelompok kaum di muka bumi yg lebih baik dibandingkan kaum yg himmahnya
besar โ, dikatakan lagi kpda beliau, sungguh mereka berdiri dan menari ?,
Imam ahmad pun menegaskan :โ biarkan mereka bersuka cita sesaat bersama
Allah SWT !!! โ.
ร
Abu Abdillah
Muhammad al-Fudhoil as-Syabihi
berkata : โ tarian yg ditetapkan oleh ahli sufi tidaklah bertujuan
bermain-main / lahwun, tujuan mereka hanyalah berkumpul dalam dzikir serta
mengkonsentrasikan diri, hati, bentuk
dan menenggelamkan seluruh anggota tubuh dalam dzikir, dan ini benar karena
sesuai dengan keterangan yang warid /
datang terkait hal ini yang berupa motivasi
agar memperbanyak dzikir dalam kondisi
apapun yang sedang menimpanyaโ.
ร
Sayyid al-Junaid , pimpinan sufi dikala mendapat pertanyaan :
sesungguhnya beberapa kaum mengalami ekstase serta menari ? Beliau menjawab:
โ biarkan mereka bersuka cita bersama Allah SWT, .............andaikan
engkau merasakan apa yang mereka rasakan niscaya engkau akan menerima alasan/
udzurโ.
ร
Imam an-Nawawi dalam minhajut tholibin mengecualikan tarian ุงูุฑูุต dari daftar perkara yang
diharamkan , Beliau menegaskan :โ tidak haram menari kecuali bila
didalamnya mengandung unsur takassur / goyangan patah-patah/ layaknya perbuatan
seorang banciโ.
================
Dari keterangan diatas , bisa kita simpulkan bahwa segala bentuk
apapun yg ditimbulkan oleh anggota badan ketika berdzikir karena merasakan
nikmat khusyuโ dalam hati hukumnya tidak apa-apa bahkan sangat dianjurkan.
=======
Tarian sufi tidak bertentangan dengan tuntunan syariat , tidak
hanya ditonton oleh Nabi SAW , bahkan Nabi SAW menyuruh orang-orang Habasyah yg
bermain-main dimasjid untuk meneruskan โaksi โ yg mereka lakukan
----------
Tarian tidak haram , kecuali jika terdapat unsur takassur,
takhannuts dan gerakan-gerakan yg bertentangan dengan syariat.
Menurut Imam Haromain, tarian tidak haram karena hanya sekedar
olah gerak lurus dan goyang, akan tetapi jika terlalu banyak , maka bisa
menyebabkan kerusakan kehormatan.
Menurut sebagian Ulama , bahwa tarian itu diperinci., jika dalam
tarian ada unsur goyang dan cenderung
menimbulkan kerusakan , maka hukumnya makruh. Jika unsur itu tidak ada
maka tarian itu hukumnya boleh. Inilah
yang dikutip oleh Ibnu Abi Dam dari syekh Abu Ali bin Abu hurairah.
Referensi
ูุฑุญ ุงูุฃุณู
ุงุน ุจุฑุฎุต ุงูุณู
ุงุน - (ุฌ 1 / ุต 3)
ููุฏ ุงุฎุชูู ููู ุงููููุงุก: ูุฐูุจุช ุทุงุฆูุฉ ุฅูู
ุงููุฑุงูุฉุ ู
ููู
: ุงูููุงู ุญูุงู ุงูุฑููุงูู ูู ุงูุจุญุฑุ ููุงู ุงูุฃุณุชุงุฐ: ุฃุจู ู
ูุตูุฑ: ุชููู
ุงูุฑูุต ุนูู ุงูุฅููุงุน ู
ูุฑูู. ูุฐูุจุช ุทุงุฆูุฉ ุฅูู ุงุจุงุญุชูุ ูุงู ุตุงุญุจ ุงูุนู
ุฏุฉ ู
ู ุงูุดุงูุนูุฉ:
ุงูุบูุงุก ู
ุจุงุญ ุฃุตููุ ููุฐูู ุถุฑุจ ุงููุถูุจุ ูุงูุฑูุตุ ูู
ุง ุฃุดุจู ุฐููุ ููุงู ุฅู
ุงู
ุงูุญุฑู
ูู:
ุงูุฑูุต ููุณ ุจู
ุญุฑู
ุ ูุฅูู ุญุฑูุงุช ุนูู ุงุณุชูุงู
ุฉ ุฃู ุงุนูุฌุงุฌุ ูููู ูุซูุฑู ูุญุฑู
ุงูู
ุฑูุกุฉุ
ููุฐูู ูุงู: ุงูู
ุญูู ูุงูุนู
ุงุฏ ุงูุณูุฑูุฑุฏู ูุงูุฑุงูุนูุ ูุงุญุชุฌ ุนููู ุงูุฑุงูุนู ุจู
ุง ููุชุถู
ุฅุจุงุญุชูุ ูุฌุฒู
ุงูุบุฒุงูู ุจุฅุจุงุญุชู. ููุงู ุงูุญููู
ู ูู ู
ููุงุฌู: ุฅุฐุง ูู
ููู ููู ุชุซู ูุชูุณุฑ
ููุง ุจุฃุณ ุจู.
ููุงู ุงูุฅู
ุงู
ุงููููู - ูู ุงูู
ููุงุฌ - : ููุจุงุญ ุฑูุต
ู
ุง ูู
ููู ุจุชูุณุฑ ูุชุซู ูููุฆุฉ ู
ุฎูุซ. ูุงูุฃู
ุฑ ููู ู
ุฎุชูู ุจุงุฎุชูุงู ุงูุฃุดุฎุงุต ูุงูุฃุญูุงู
ูุงูุฃู
ุงููุ ูุฐูุจุช ุทุงุฆูุฉ ุฅูู ุงูุชูุฑูุฉ ุจูู ุฃุฑุจุงุจ ุงูุฃุญูุงู ูุบูุฑูู
ุ ููุฌูุฒ ูุฃุฑุจุงุจ
ุงูุฃุญูุงู ูููุฑู ูุบูุฑูู
. ููุฐุง ุงูููู ูู ุงูู
ุฑุชุถู ูุนููู ุฃูุซุฑ ุงููููุงุก ุงูู
ุณูุบูู ูุณู
ุงุน
ุงูุบูุงุก ููู ู
ุฐูุจ ุงูุณุงุฏุฉ ุงูุตูููุฉ ุฑุถู ุงููู ุนููู
ุฃุฌู
ุนูู ูุจุนุถ ุงูู
ุชุตููุฉ ููุฑู ุจูู ุฃู
ูุดูุฑ ุจู ุดูุฎ ุฃู
ูุง. ูุฅู ุฃุดุงุฑ ุจู ุดูุฎ ุงุนุชู
ุฏ. ูุฅูุง ููุง
ูุงุญุชุฌ ู
ู ุฐูุจ ูุฅุจุงุญุฉ ุงูุฑูุต ุจุงูุณูุฉ ูุงูููุงุณุ ุฃู
ุง
ุงูุณูุฉ ูู
ุง ุฑูุชู ุนุงุฆุดุฉ ุฑุถู ุงููู ุนููุง - ูู ุงูุตุญูุญ - ู
ู ุฑูุต ุงูุญุจุดุฉ ูู ุงูู
ุณุฌุฏ ููู
ุนูุฏุ ูุฃู ุงูุฑุณูู ุงููู ุตูููู ุงููู ุนููู ูุณูููู
ุฏุนุงูุง ููุถุนุช ุฑุฃุณูุง ุนูู ู
ููุจูุ ูุงูุช:
ูุฌุนูุช ุฃูุธุฑ ุฅูููู
ุญุชู ููุช ุฃูุง ุงูุชู ุฃูุตุฑู ุนู ุงููุธุฑ ุฅูููู
. ูุฃู ุฌุนูุฑุง ูุนููุง ูุฒูุฏุง
ุญุฌููุง ูู
ุง ูุงู ููู
ุฑุณูู ุงููู ุตูููู ุงููู ุนููู ูุณูููู
: ู
ุง ูุงู ู
ู ุงูุซูุงุก ุนูููู
.
ููุงู ูุนูู - ุฑุถู ุงููู ุนูู - ุฃูุช ู
ูู ุจู
ูุฒูุฉ ูุงุฑูู ู
ู ู
ูุณูุ ููุงู ูุฌุนูุฑ: ุฃุดุจูุช ุฎููู
ูุฎูููุ ููุงู ูุฒูุฏ: ุฃูุช ู
ูุง ูู
ููุงูุง.
ูุงูู
ุดููุฑ ุนู ุงูุฅู
ุงู
ุนุฒ ุงูุฏูู ุจู ุนุจุฏ ุงูุณูุงู
ุฃูู
ูุงู ูุฑูุต ูู ุงูุณู
ุงุนุ ุฐูุฑู ุบูุฑ ูุงุญุฏ ุนูู ูู ุทุจูุงุช ุงูุดุงูุนูุฉ ูุงูุฃุณููู ูุงูุณุจููุ
ูุบูุฑูู
ุง ู
ู ุงูุฃูู
ุฉ ุงูุซูุงุชุ ูุฐูุฑ ุฐูู ุนูู ุงูุดูุฎ ุงูุนุงุฑู ุชุงุฌ ุงูุฏูู ุจู ุนุทุงุก ุงููู ูู
ูุชุงุจู: ูุทุงุฆู ุงูู
ูู.
ูุฃู
ุง ุงูููุงุณ ููู ู
ุณุงูุงุฉ ูุฑุน ูุฃุตู ูู ุนูุฉ ุญูู
ูุ
ูููุงุณ ุนูู ุงูุฃุตู: ูุนู ุงูุญุจุดุฉุ ููุนู ุนูู ุญูู ุญุฌู ูู ูู
ู ุดุงุฑูู ูู ูุนูู ู
ู ุงูุตุญุงุจุฉุ
ูุขููู
ุฐูู ูุงููู ุณุจุญุงูู ุฃุนูู ูุฃุนูู
================================
ุงูู
ููุงุฌ ูููููู - (ุฌ 1 / ุต 497)
ููููุญูุฑูู
ู ุงุณูุชูุนูู
ูุงูู ุขููุฉู ู
ููู ุดูุนูุงุฑู
ุงูุดููุฑูุจูุฉู ููุทูููุจููุฑู ููุนููุฏู ููุตูููุฌู ููู
ูุฒูู
ูุงุฑู ุนูุฑูุงููููู ูู
ุงุณูุชูู
ูุงุนูููุงุ ููุง ููุฑูุงุนู ููู ุงููุฃูุตูุญูู. ููููุช: ุงููุฃูุตูุญูู ุชูุญูุฑููู
ูููุ
ููุงููููููู ุฃูุนูููู
ู.
ููููุฌููุฒู ุฏูููู ููุนูุฑูุณู ููุฎูุชูุงููุ ููููุฐูุง
ุบูููุฑูููู
ูุง ููู ุงููุฃูุตูุญูู ููุฅููู ููุงูู ููููู ุฌูููุงุฌููู.ููููุญูุฑูู
ู ุถูุฑูุจู
ุงูููููุจูุฉูุ ูููููู ุทูุจููู ุทูููููู ุถูููููู ุงููููุณูุทู.ููุง ุงูุฑููููุตู ุฅูููุง ุฃููู
ููููููู ููููู ุชูููุณููุฑู ููููุนููู ุงููู
ูุฎููููุซู
0 Komentar untuk "BERGERAK DAN MENARI SAAT DZIKIR"