Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna ๐Ÿ‘‰ Download!

NASAKH - MANSUKH


NASAKH - MANSUKH

(ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุณู’ุฎู ููŽู…ูŽุนู’ู†ูŽุงู‡ู) ู„ูุบูŽุฉู‹ (ุงู„ุฅูุฒูŽุงู„ูŽุฉู ูŠูู‚ูŽุงู„ู ู†ูŽุณูŽุฎูŽุชู ุงู„ุดู‘ูŽู…ู’ุณู ุงู„ุธู‘ูู„ู‘ูŽ ุฅูุฐูŽุง ุฃูŽุฒูŽุงู„ูŽุชู’ู‡ู) ูˆูŽุฑูŽููŽุนูŽุชู’ู‡ู ุจูุงู†ู’ุจูุณูŽุงุทูู‡ูŽุง. (ูˆูŽู‚ููŠู’ู„ูŽ ู…ูŽุนู’ู†ูŽุงู‡ู ุงู„ู†ู‘ูŽู‚ู’ู„ู ู…ูู†ู’ ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ูู…ู’ ู†ูŽุณูŽุฎู’ุชู ู…ูŽุง ููู‰ ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ุฅูุฐูŽุง ู†ูŽู‚ูŽู„ู’ุชูู‡ู ุจูุฃูŽุดู’ูƒูŽุงู„ู ูƒูุชูŽุงุจูŽุชูู‡ู)
(ูˆูŽุญูŽุฏู‘ูู‡ู) ุดูŽุฑู’ุนู‹ุง (ุงู„ุฎูุทูŽุงุจู ุงู„ุฏู‘ูŽุงู„ู ุนู„ูŽู‰ูŽ ุฑูŽูู’ุนู ุงู„ุญููƒู’ู…ู ุงู„ุซู‘ูŽุงุจูุชู ุจูุงู„ู’ุฎูุทูŽุงุจู ุงู’ู„ู…ุชูŽู‚ูŽุฏู‘ูู…ู ุนูŽู„ูŽู‰ ูˆูŽุฌู’ู‡ู ู„ูŽูˆู’ู„ูŽุงู‡ู ู„ูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุซูŽุงุจูุชู‹ุง ู…ูŽุนูŽ

Nasakh secara lughat memiliki arti menghilangkan. Diucapkan, โ€œmatahari telah menghilangkan bayanganโ€, saat matahari melenyapkan dan menghilangkan bayangan dengan pancaran sinar terangnya. Menurut pendapat lain, arti nasakh adalah memindah. Diambil dari perkataan orang Arab, โ€œaku memindah isi kitabโ€, saat aku memindahnya sekalian bentuk tulisan aslinya.
Definisi nasakh secara syarโ€™i adalah khithab yang menunjukkan dihilangkannya hukum yang ditetapkan khithab sebelumnya, dengan cara yang seandainya tidak ditemukan khitab (kedua) tersebut, maka hukum tetap berlaku, serta datangnya khitab (kedua) setelah  ada  selang  waktu  dari  khithab

ุชูŽุฑูŽุงุฎููŠู’ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู) ู‡ูŽุฐูŽุง ุญูŽุฏู‘ู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูุฎู ูˆูŽูŠูุคู’ุฎูŽุฐู ู…ูู†ู’ู‡ู ุญูŽุฏู‘ู ุงู„ู†ู‘ูŽุณู’ุฎู ุจูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽูู’ุนู ุงู„ู’ุญููƒู’ู…ู ุงู„ู’ู…ูŽุฐู’ูƒููˆู’ุฑู ุจูุฎูุทูŽุงุจู ุงูู„ูŽู‰ ุฃูŽุฎูุฑูู‡ู ุฃูŽู‰ู’ ุฑูŽูู’ุนู ุชูŽุนูŽู„ู‘ูู‚ูู‡ู ุจุงูู„ู’ููุนู’ู„ู .
ููŽุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ุจูู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุงู„ุซู‘ูŽุงุจูุชู ุจูุงู„ู’ุฎูุทุงูŽุจู ุฑูŽูู’ุนู ุงู„ู’ุญููƒู’ู…ู ุงู„ุซู‘ูŽุงุจูุชู ุจูุงู„ู’ุจูŽุฑูŽุงุกูŽุฉู ุงู„ู’ุฃูŽุตู’ู„ููŠู‘ูŽุฉู ุฃูŽู‰ู’ ุนูŽุฏูŽู…ู ุงู„ุชู‘ูŽูƒู’ู„ููŠู’ูู ุจูุดูŽูŠู’ุกู.
ูˆูŽุจูู‚ูŽูˆู’ู„ูู†ูŽุง ุจูุฎูุทูŽุงุจู ุงู„ู’ู…ูŽุฃู’ุฎููˆู’ุฐู ู…ูู†ู’ ูƒูŽู„ุงูŽู…ูู‡ู ุงู„ุฑู‘ูŽูู’ุนู ุจูุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ุชู ูˆูŽุงู„ู’ุฌูู†ููˆู’ู†ู
ูˆูŽุจูู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ูˆูŽุฌู’ู‡ู ุงูู„ูŽู‰ ุฃูŽุฎูุฑูู‡ู ู…ูŽุง ู„ูŽูˆู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู’ุฎูุทูŽุงุจู ุงู’ู„ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ู…ูุบูŽูŠู‘ู‹ุง ุจูุบูŽุงูŠูŽุฉู ุฃูŽูˆู’ ู…ูุนูŽู„ู‘ูŽู„ุงู‹ ุจูู…ูŽุนู’ู†ู‹ู‰ ูˆูŽุตูุฑู‘ูุญูŽ ุจูุงู„ู’ุฎูุทูŽุงุจู ุงู„ุซู‘ูŽุงู†ูู‰ ุจูู…ูู‚ู’ุชูŽุถูŽู‰ ุฐูŽู„ููƒูŽ ููŽุงูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽุง ูŠูุณูŽู…ู‘ูŽู‰ ู†ูŽุงุณูุฎู‹ุง ู„ูู„ู’ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ู…ูุซูŽุงู„ูู‡ู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰:
"ุงูุฐูŽุง ู†ููˆู’ุฏููŠูŽ ู„ูู„ุตูŽู‘ู„ุงูŽุฉู ู…ูู†ู’ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ู’ุฌูู…ู’ุนูŽุฉู ููŽุงุณู’ุนูŽูˆู’ ุงูู„ูŽู‰ ุฐููƒู’ุฑู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุฐูŽุฑููˆุง ุงู„ู’ุจูŽูŠู’ุนูŽ"
ููŽุชูŽุญู’ุฑููŠู’ู…ู ุงู„ู’ุจูŽูŠู’ุนู ู…ูุบูŽูŠู‘ู‹ุง ุจูุงู†ู’ู‚ูุถูŽุงุกู ุงู„ู’ุฌูู…ู’ุนูŽุฉู ููŽู„ุงูŽ ูŠูู‚ูŽุงู„ู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู‚ูˆู’ู„ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰:
"ููŽุงูุฐูŽุง ู‚ูุถููŠูŽุชู ุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉู ููŽุงู†ู’ุชูŽุดูุฑููˆุง

(pertama). Penjelasan ini adalah definisi dari nasikh (dalil penasakh). Dari pengertian nasikh inilah, definisi nasakh diambil, yakni menghilangkan hukum yang tersebut di atas menggunakan khithab dan seterusnya. Dalam arti, menghilangkan keterkaitan hukum dengan perbuatan manusia.
ยง  Dari ucapan pengarang, โ€œyang ditetapkan khithab sebelumnyaโ€, mengecualikan dihilangkannya hukum yang ditetapkan berdasarkan baraโ€™ah ashliyah (tidak adanya tanggungan secara asal), yakni tidak adanya tuntutan atas sebuah perbuatan.
ยง  Dari ucapanku (pensyarah), โ€œmenggunakan khithabโ€ yang diambil dari perkataan pengarang, mengecualikan hilangnya hukum sebab kematian dan gila.
ยง  Dari ucapan pengarang, โ€œdengan caraโ€ฆdan seterusnyaโ€, mengecualikan ketika khithab pertama dibatasi dengan batas akhir atau diikat dengan sebuah alasan makna, kemudian khithab kedua menjelaskan kesimpulan dari batas dan alasan makna tersebut. Maka khithab kedua ini tidak bisa disebut menasakh khithab pertama. Contoh firman Allah swt QS. Al-Jumโ€™ah:09:โ€œApabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beliโ€
Haramnya melakukan transaksi jual beli dibatasi dengan batas akhir selesainya shalat jumโ€™at. Maka firman Allah swt QS. Al-Jumโ€™ah:10: โ€œApabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan

ููู‰ ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽุงุจู’ุชูŽุบููˆุง ู…ูู†ู’ ููŽุถู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู"
ู†ูŽุงุณูุฎูŒ ู„ูู„ู’ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ุจูŽู„ู’ ุจูŽูŠู‘ูŽู†ูŽ ุบูŽุงูŠูŽุฉูŽ ุงู„ุชู‘ูŽุญู’ุฑููŠู’ู…ู ูˆูŽูƒูŽุฐูŽุง ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ู‰ูŽ:
"ูˆูŽุญูุฑู‘ูู…ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ุตูŽูŠู’ุฏู ุงู„ู’ุจูŽุฑู‘ู ู…ูŽุง ุฏูู…ู’ุชูู…ู’ ุญูุฑูู…ู‹ุง"
ู„ุงูŽ ูŠูู‚ูŽุงู„ู ู†ูŽุณูŽุฎูŽู‡ู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰:
"ูˆูŽุงูุฐูŽุง ุญูŽู„ูŽู„ู’ุชูู…ู’ ููŽุงุตู’ุทูŽุงุฏููˆู’ุง"
ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ุชู‘ูŽุญู’ุฑููŠู’ู…ูŽ ู„ูู„ู’ุฅูุญู’ุฑูŽุงู…ู ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุฒุงูŽู„ูŽ ูˆูŽุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ุจูู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ู…ูŽุนูŽ ุชูŽุฑูŽุงุฎููŠู’ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ู…ูŽุง ุงุชู‘ูŽุตูŽู„ูŽ ุจูุงู„ู’ุฎูุทุงูŽุจู ู…ูู†ู’ ุตูููŽุฉู ุงูŽูˆู’ ุดูŽุฑู’ุทู ุงูŽูˆู’ ุงูุณู’ุชูุซู’ู†ูŽุงุกู

carilah karunia Allahโ€
tidak bisa dikatakan menasakh khithab pertama, namun (ayat ini) sekedar menjelaskan batas akhir keharaman. Contoh lain, firman Allah swt QS. Al-Maidah:96:โ€œDan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihramโ€
Tidak bisa dikatakan ayat di atas telah dinasakh oleh firman Allah QS. Al-Maidah:02: โ€œDan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburuโ€
Dikarenakan haramnya berburu adalah lantaran status ihram yang kemudian menjadi hilang.
ยง  Dari ucapan pengarang, โ€œsetelah ada selang waktuโ€, mengecualikan hal-hal yang bersambung dengan khithab, seperti shifat, syarat dan istitsnaโ€™.

Penjelasan :
Nasakh secara lughat memiliki dua arti, menghilangkan dan memindah. Nasakh secara istilah adalah menghilangkan hukum syarโ€™i dengan jalan syarโ€™i dengan adanya selang waktu.
Uraian:
ยง  Maksud โ€˜menghilangkanโ€™, bahwasanya khithab Allah swt mengikat perbuatan manusia seandainya dalil penasakh tidak ada, maka hukum tetap berlaku. Namun kemudian dalil penasakh menghilangkan dan memutus ikatan tersebut dari perbuatan manusia.
ยง  Maksud โ€˜hukum syarโ€™iโ€™ mengecualikan hukum akal seperti baraโ€™ah ashliyah di atas.
ยง  Maksud โ€˜jalan syarโ€™iโ€™, memasukkan khithab Allah swt dan Nabi saw, perbuatan dan taqrir Nabi saw. Mengecualikan jalan akal, seperti hilangnya hukum dari orang mati, tidur, lupa, gila dan sebab mati, lupa, tidur dan gila.
ยง  Maksud โ€˜adanya selang waktuโ€™, mengecualikan syarath, shifat, dan istitsnaโ€™.

Beberapa persyaratan nasakh;
1.      Dalil yang dinasakh berbentuk syarโ€™i, bukan aqli (akal)
2.      Dalil penasakh turun dengan selang waktu dan terpisah.
3.      Dengan jalan syarโ€™i, bukan jalan akal.
4.      Dalil yang dinasakh tidak dibatasi waktu atau dibatasi dengan batas tertentu, seperti keterangan di atas.
5.      Dalil yang ada boleh dinasakh. Tidak boleh menasakh dasar tauhid dan hal-hal yang diketahui secara dharuri (pasti).
6.      Penasakh berupa dalil khash disyaratkan datang setelah dalil umum diamalkan.
7.      Hal yang menuntut dalil yang dinasakh berbeda dengan yang menuntut dalil penasakh.
8.      Terjadi di masa Nabi saw. Setelah Beliau wafat tidak ada nasakh karena telah sempurnanya syariat [1][52].

Pertanyaan :
Bagaimana kita mengetahui penasakh turun lebih akhir?
Jawab :
Dengan beberapa cara;
1.      Dengan ijmaโ€™
2.      Penjelasan Nabi saw. Contoh Nabi saw mengatakan, โ€œdalil ini menasakh dalil sebelumnyaโ€, โ€œdalil ini setelah dalil sebelumnyaโ€
3.      Dengan dalalah. Contoh hadits tentang ziarah kubur.
4.      Menjelaskan perbedaan dengan dalil pertama. Seperti menyebutkan sesuatu berbeda dengan apa yang disebutkan pertama kali.
5.      Ucapan perawi. Contoh perawi mengatakan, โ€œdalil ini lebih dahulu dari dalil ituโ€.
Referensi :
(ุฎูŽุงุชูู…ูŽุฉูŒ) ูˆูŽูŠูุนู’ุฑูŽูู ุงู„ู†ู‘ูŽุณู’ุฎู ุจูุชูŽุฃูŽุฎู‘ูุฑู ุชุงูŽุฑููŠู’ุฎู ุงู„ู†ุงู‘ูŽุณูุฎู ูˆูŽูŠูุนู’ุฑูŽูู ุฐูŽู„ููƒูŽ ุจูุงู„ุฅูุฌู’ู…ูŽุงุนู ุฃูŽูˆู’ ุจูุชูŽุตู’ุฑููŠู’ุญู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุจูู‡ู ูƒูŽุฃูŽู†ู’ ู‚ุงูŽู„ูŽ ู‡ูŽุฐุงูŽ ู†ูŽุณู’ุฎูŒ ู„ููƒูŽุฐูŽุง ุฃูŽูˆู’ ู‡ูŽุฐูŽุง ุจูŽุนู’ุฏูŽ ูƒูŽุฐูŽุง ุฃูŽูˆู’ ุจูุงู„ุฏู‘ูŽู„ุงูŽู„ูŽุฉู ูƒูŽุญูŽุฏููŠู’ุซู ู…ูุณู’ู„ูู…ู ูƒูู†ู’ุชู ู†ูŽู‡ูŽูŠู’ุชููƒูู…ู’ ุนูŽู†ู’ ุฒููŠูŽุงุฑูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูุจููˆุฑู ููŽุฒููˆุฑููˆู‡ูŽุง ุฃูŽูˆู’ ุจูุงู„ู†ู‘ูŽุตู‘ู ุนูŽู„ู‰ูŽ ุฎูู„ุงูŽูู ุงู„ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ูƒูŽุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฐู’ูƒูุฑูŽ ุดูŽูŠู’ุฆุงู‹ ุนูŽู„ู‰ูŽ ุฎูู„ุงูŽูู ู…ูŽุง ุฐูŽูƒูŽุฑูŽู‡ู ูููŠู’ู‡ู ุฃูŽูˆู‘ู„ุงู‹ ุฃูŽูˆู’ ู‚ูŽูˆู’ู„ู ุงู„ุฑู‘ูŽุงูˆููŠ ู‡ูŽุฐุงูŽ ุณูŽุงุจูู‚ูŒ ุนูŽู„ู‰ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู‡ู€ (ุงู„ู†ู‘ูŽููŽุญุงูŽุชู ุตู€ 109)
 โ€œ(Penutup) nasakh diketahui dengan penanggalan penasakh yang lebih akhir. Hal ini dapat diketahui dengan ijmaโ€™, atau penjelasan Nabi saw, seperti Nabi saw mengatakan, โ€œdalil ini menasakh dalil sebelumnyaโ€, โ€œdalil ini setelah dalil sebelumnyaโ€. Atau dengan dalalah, seperti HR. Muslim; โ€œAku telah melarang kalian ziarah kubur, maka (sekarang) ziarailah kuburan!โ€, atau menjelaskan perbedaan dengan dalil pertama, seperti menyebutkan sesuatu berbeda dengan apa yang disebutkan pertama kali. Atau ucapan perawi, โ€œdalil ini lebih dahulu dari dalil ituโ€.

Pertanyaan :
Mengapa dalil khash yang datang setelah dalil โ€˜am (umum) diamalkan dinamakan nasakh, bukan dinamakan takhsish?
Jawab :
Karena seandainya dinamakan takhsish, maka akan mewajibkan adanya bayan (menjelaskan) sebelum dalil โ€˜am diamalkan. Jika tidak demikian, maka akan terjadi penundaan bayan dari waktu hajat (saat dibutuhkan) yang tidak diperbolehkan.
Referensi :
ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ุงุนู’ุชูŽุจูŽุฑู’ู†ุงูŽู‡ู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ุนูŽู…ูŽู„ู ู†ูŽุณู’ุฎุงู‹ ู„ุงูŽ ุชูŽุฎู’ุตููŠู’ุตู‹ุง ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽูˆู’ ูƒุงูŽู†ูŽ ุชูŽุฎู’ุตููŠู’ุตุงู‹ ู„ูŽูˆูŽุฌูŽุจูŽ ุจูŽูŠูŽุงู†ูู‡ู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุงู„ุนูŽู…ูŽู„ู ุจูุงู„ุนูŽุงู…ู ูˆูŽุฅูู„ุงู‘ูŽ ูƒุงูŽู†ูŽ ุชูŽุฃู’ุฎููŠู’ุฑู ู„ูู„ู’ุจูŽูŠูŽุงู†ู ุนูŽู†ู’ ูˆูŽู‚ู’ุชู ุงู„ุญุงูŽุฌูŽุฉู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุบูŽูŠู’ุฑู ุฌูŽุงุฆูุฒู ุงู‡ู€ (ุงูŽู„ูˆูŽุฌููŠู’ุฒู ุตู€ 244)
โ€œDan sesungguhnya saya menganggap dalil khash setelah (dalil โ€˜am) diamalkan sebagai nasakh, bukan takhsish, karena seandainya dinamakan takhsish, maka akan mewajibkan adanya bayan (menjelaskan) sebelum dalil โ€˜am diamalkan. Jika tidak demikian, maka akan terjadi penundaan bayan dari waktu hajat (saat dibutuhkan). Dan (penundaan) itu tidak diperbolehkanโ€.
               
(ูˆูŽูŠูŽุฌููˆู’ุฒู ู†ูŽุณู’ุฎู ุงู„ุฑู‘ูŽุณู’ู…ู ูˆูŽุจูŽู‚ุงูŽุกู ุงู„ู’ุญููƒู’ู…ู) ู†ูŽุญู’ูˆู ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุฎู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุฎูŽุฉู ุงูุฐูŽุง ุฒูŽู†ูŽูŠูŽุง ููŽุงุฑู’ุฌูู…ููˆู’ู‡ูู…ูŽุง ุงูŽู„ุจูŽุชู‘ูŽุฉูŽ.

Diperbolehkan menasakh rosm (tulisan) dan menetapkan hukumnya. Contoh:
ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุฎู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุฎูŽุฉู ุงูุฐูŽุง ุฒูŽู†ูŽูŠูŽุง ููŽุงุฑู’ุฌูู…ููˆู’ู‡ูู…ูŽุง ุงูŽู„ุจูŽุชู‘ูŽุฉูŽ
โ€œLaki-laki tua dan wanita tua ketika keduanya berzina, maka rajamlah keduanya dengan pastiโ€

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุนูู…ูŽุฑู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ููŽุงูู†ู‘ูŽุง ู‚ูŽุฏู’ ู‚ูŽุฑูŽุฃู’ู†ูŽุงู‡ูŽุง ุฑูŽูˆูŽุงู‡ู ุงู„ุดูŽุงููุนูู‰ ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑูู‡ู ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุฑูŽุฌูŽู…ูŽ ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุงู„ู’ู…ูุญู’ุตูŽู†ูŽูŠู’ู†ู ู…ูุชู‘ูŽููŽู‚ูŒ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ูŽุง ูˆูŽู‡ูู…ูŽุง ุงู„ู’ู…ูุฑูŽุงุฏู ุจูุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุฎู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุฎูŽุฉู
(ูˆูŽู†ูŽุณู’ุฎู ุงู„ู’ุญููƒู’ู…ู ูˆูŽุจูŽู‚ูŽุงุกู ุงู„ุฑู‘ูŽุณู’ู…ู) ู†ูŽุญู’ูˆู ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ู†ูŽ ูŠูุชูŽูˆูŽูู‘ูŽูˆู’ู†ูŽ ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽูŠูŽุฐูŽุฑููˆู’ู†ูŽ ุฃูŽุฒู’ูˆูŽุงุฌู‹ุง ูˆูŽุตููŠู‘ูŽุฉู‹ ู„ูุฃูŽุฒู’ูˆูŽุงุฌูู‡ูู…ู’ ู…ูŽุชูŽุงู‹ุนุง ุงูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุญูŽูˆู’ู„ู ู†ูุณูุฎูŽ ุจูุงูŽูŠูŽุฉู ูŠูŽุชูŽุฑูŽุจู‘ูŽุตู’ู†ูŽ ุจูุฃูŽู†ู’ููุณูู‡ูู†ู‘ูŽ ุงูŽุฑู’ุจูŽุนูŽุฉูŽ ุงูŽุดู’ู‡ูุฑู ูˆูŽุนูŽุดู’ุฑู‹ุง
(ูˆูŽู†ูŽุณู’ุฎู ุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ุฑูŽูŠู’ู†ู ู…ูŽุนู‹ุง) ู†ูŽุญู’ูˆู ุญูŽุฏููŠู’ุซู ู…ูุณู’ู„ูู…ู ุนูŽู†ู’ ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ูููŠู’ู…ูŽุง ู†ูŽุฒูŽู„ูŽ ุนูŽุดู’ุฑู ุฑูŽุถูŽุนูŽุงุชู ู…ูŽุนู’ู„ููˆู’ู…ูŽุงุชูŒ ูŠูุญูŽุฑู‘ูู…ู’ู†ูŽ ููŽู†ูุณูุฎู’ู†ูŽ ุจูุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉูŒ ู…ูŽุนู’ู„ููˆู’ู…ูŽุงุชูŒ ูŠูุญูŽุฑู‘ูู…ู’ู†ูŽ
Sayyidina Umar ra mengatakan, โ€œAku sungguh telah membaca ayat tersebutโ€, diriwayatkan oleh Imam As-Syafiโ€™i dan lain-lain. Dan Rasulullah saw telah (memerintahkan) merajam dua orang pezina muhshan, riwayat Muttafaq alaih. Dua orang inilah yang dimaksud ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุฎู dan ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุฎูŽุฉู.
Diperbolehkan juga menasakh hukum dan menetapkan rosmnya. Contoh:
ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ู†ูŽ ูŠูุชูŽูˆูŽูู‘ูŽูˆู’ู†ูŽ ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽูŠูŽุฐูŽุฑููˆู’ู†ูŽ ุฃูŽุฒู’ูˆูŽุงุฌู‹ุง ูˆูŽุตููŠู‘ูŽุฉู‹ ู„ูุฃูŽุฒู’ูˆูŽุงุฌูู‡ูู…ู’ ู…ูŽุชูŽุงู‹ุนุง ุงูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุญูŽูˆู’ู„ู (ุงู„ุจู‚ุฑุฉ:240)
โ€œDan orang-orang yang akan meninggal dunia di antara kamu dan meninggalkan isteri, hendaklah berwasiat untuk isteri-isterinya, (yaitu) diberi nafkah hingga setahun lamanyaโ€
Dinasakh dengan ayat:
ูŠูŽุชูŽุฑูŽุจู‘ูŽุตู’ู†ูŽ ุจูุฃูŽู†ู’ููุณูู‡ูู†ู‘ูŽ ุงูŽุฑู’ุจูŽุนูŽุฉูŽ ุงูŽุดู’ู‡ูุฑู ูˆูŽุนูŽุดู’ุฑู‹ุง
โ€œ(hendaklah para isteri itu) menangguhkan dirinya (ber'iddah) empat bulan sepuluh hariโ€
Dan juga menasakh hukum dan rosm sekaligus. Contoh HR. Muslim dari โ€˜Aisyah ra :
ูƒูŽุงู†ูŽ ูููŠู’ู…ูŽุง ู†ูŽุฒูŽู„ูŽ ุนูŽุดู’ุฑู ุฑูŽุถูŽุนูŽุงุชู ู…ูŽุนู’ู„ููˆู’ู…ูŽุงุชูŒ ูŠูุญูŽุฑู‘ูู…ู’ู†ูŽ
โ€œAda dalam perkara yang diturunkan, sepuluh susuan yang diketahui dapat menjadikan mahramโ€
ุจูุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉูŒ ู…ูŽุนู’ู„ููˆู’ู…ูŽุงุชูŒ ูŠูุญูŽุฑู‘ูู…ู’ู†ูŽ
โ€œLima susuan yang diketahui dapat menjadikan mahramโ€

Penjelasan :
Pembagian nasakh berdasarkan hukum, bacaan (tilawah) dan tulisan (rasm) secara lebih terperinci;
1.      Manasakh hukum, menetapkan tilawah dan rasm. Contoh ayat tentang โ€˜iddah di atas. Contoh ini terdapat banyak dalam al-Qurโ€™an.
2.      Menasakh hukum, menetapkan tilawah dan rasm, serta menghilangkan tilawah ayat penasakh dan menetapkan hukumnya. Contoh firman Allah swt QS. An-Nisa:15;
ููŽุฃูŽู…ู’ุณููƒููˆู‡ูู†ู‘ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุจููŠููˆุชู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูŽุชูŽูˆูŽูู‘ูŽุงู‡ูู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ุชู
โ€œMaka kurunglah mereka (wanita-wanita itu) dalam rumah sampai mereka menemui ajalnyaโ€

Dinasakh hukumnya dengan dalil penasakh yang tilawah dan rasm-nya dinasakh, namun hukumnya ditetapkan, yakni;
ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุฎู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุฎูŽุฉู ุงูุฐูŽุง ุฒูŽู†ูŽูŠูŽุง ููŽุงุฑู’ุฌูู…ููˆู’ู‡ูู…ูŽุง ุงูŽู„ุจูŽุชู‘ูŽุฉูŽ
โ€œLaki-laki tua dan wanita tua ketika keduanya berzina, maka rajamlah keduanya dengan pastiโ€
3.      Menasakh tilawah, menetapkan hukum dan tidak diketahui dalil penasakhnya. Contoh;
ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุฎู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุฎูŽุฉู ุงูุฐูŽุง ุฒูŽู†ูŽูŠูŽุง ููŽุงุฑู’ุฌูู…ููˆู’ู‡ูู…ูŽุง ุงูŽู„ุจูŽุชู‘ูŽุฉูŽ
โ€œLaki-laki tua dan wanita tua ketika keduanya berzina, maka rajamlah keduanya dengan pastiโ€
4.      Menasakh hukum dan tilawah, serta manasakh tilawah dan rasm dalil penasakh, namun hukumnya ditetapkan. Contoh ayat tentang masalah susuan di atas [2][53].

Pertanyaan :
Apa maksud menasakh rasm?
Jawab :
Maksudnya adalah menasakh lafadz al-Qurโ€™an. Artinya,  menghilangkan wajibnya meyakini sifat qurโ€™aniyah dalam lafadz tersebut, serta  menghilangkan hukum-hukum khusus di dalamnya, seperti haramnya menyentuh bagi orang yang berhadats dan haramnya membaca bagi yang junub.
Referensi :
(ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุงู„ุฑู‘ูŽุณู’ู…ู) ุฃูŽูŠู’ ู„ูŽูู’ุธู ุงู„ู‚ูุฑู’ุขู†ู ุฃูŽูŠู’ ุฑูŽูู’ุนู ูˆูุฌููˆู’ุจู ุงุนู’ุชูู‚ูŽุงุฏู ู‚ูุฑู’ุขู†ููŠู‘ูŽุชูู‡ู ูˆูŽุฑูŽูู’ุนู ุฎูŽูˆูŽุงุตู‘ู ู‚ูุฑู’ุขู†ููŠู‘ูŽุชูู‡ู ูƒูŽุญูุฑู’ู…ูŽุฉู ู…ูŽุณู‘ู ุงู„ู…ูุญู’ุฏูุซู ูˆูŽู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉู ุงู„ุฌูู†ูุจู ุงู‡ู€ (ุงู„ู†ู‘ูŽููŽุญุงูŽุชู ุตู€ 103)
โ€œ(Ucapan pengarang: rasm), maksudnya adalah (menasakh) lafadz al-Qurโ€™an. Artinya,  menghilangkan wajibnya meyakini sifat qurโ€™aniyah dalam lafadz tersebut, serta menghilangkan hukum-hukum khusus di dalamnya, seperti haramnya menyentuh bagi orang yang berhadats dan haramnya membaca bagi yang junubโ€.
(ูˆูŽูŠูŽู†ู’ู‚ูŽุณูู…ู ุงู„ู†ู‘ูŽุณู’ุฎู ุงูู„ูŽู‰ ุจูŽุฏูŽู„ู ูˆูŽุงูู„ูŽู‰ ุบูŽูŠู’ุฑู ุจูŽุฏูŽู„ู ) ุงู’ู„ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ูƒูŽู…ูŽุง ููู‰ ู†ูŽุณู’ุฎู ุงุณู’ุชูู‚ู’ุจูŽุงู„ู ุจูŽูŠู’ุชู ุงู„ู’ู…ูู‚ูŽุฏู‘ูŽุณู ุจูุงุณู’ุชูู‚ู’ุจูŽุงู„ู ุงู„ู’ูƒูŽุนู’ุจูŽุฉู ูˆูŽุณูŽูŠูŽุฃู’ุชูู‰ ูˆูŽุงู„ุซู‘ูŽุงู†ูู‰ ูƒูŽู…ูŽุง ููู‰ ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ุงูุฐูŽุง ู†ุงูŽุฌูŽูŠู’ุชูู…ู ุงู„ุฑู‘ูŽุณููˆู’ู„ูŽ ููŽู‚ูŽุฏู‘ูู…ููˆู’ุง ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ูŠูŽุฏูŽูŠู’ ู†ูŽุฌู’ูˆูŽุงูƒูู…ู’ ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู‹.
(ูˆูŽุงูู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ู‡ููˆูŽ ุฃูŽุบู’ู„ูŽุธู) ูƒูŽู†ูŽุณู’ุฎู ุงู„ุชู‘ูŽุฎู’ูŠููŠู’ุฑู ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุตูŽูˆู’ู…ู ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุงู„ู’ููุฏู’ูŠูŽุฉู ุงูู„ูŽู‰ ุชูŽุนู’ูŠููŠู’ู†ู ุงู„ุตู‘ูŽูˆู’ู…ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ูˆูŽุนู„ูŽู‰ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ู†ูŽ ูŠูุทููŠู’ู‚ููˆู’ู†ูŽู‡ู ููุฏู’ูŠูŽุฉูŒ ุงูู„ูŽู‰ ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ููŽู…ูŽู†ู’ ุดูŽู‡ูุฏูŽ ู…ูู†ู’ูƒูู…ู ุงู„ุดู‘ูŽู‡ู’ุฑูŽ ููŽู„ู’ูŠูŽุตูู…ู’ู‡ู
(ูˆูŽุงูู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ู‡ููˆูŽ ุฃูŽุฎูŽูู‘ู) ูƒูŽู†ูุณู’ุฎู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชุนูŽุงู„ูŽู‰ ุงูู†ู’ ูŠูŽูƒูู†ู’ ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ุนูุดู’ุฑููˆู’ู†ูŽ ุตูŽุงุจูุฑููˆู’ู†ูŽ ูŠูŽุบู’ู„ูุจููˆู’ุง ู…ูุงุฆูŽุชูŽูŠู’ู†ู ุจูู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ููŽุงูู†ู’ ูŠูŽูƒูู†ู’ ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ู…ูุงุฆูŽุฉูŒ ุตูŽุงุจูุฑูŽุฉูŒ ูŠูŽุบู’ู„ูุจููˆู’ุง ู…ูุงุชูŽูŠู’ู†ู.

Nasakh terbagi menjadi nasakh dengan pengganti dan nasakh tanpa pengganti. Bagian yang pertama seperti menasakh menghadap Baitul Maqdis dengan menghadap Kaโ€™bah, dan akan dijelaskan nanti. Bagian yang kedua seperti dalam firman Allah swt: โ€œApabila kamu mengadakan pembicaraan khusus dengan Rasul hendaklah kamu mengeluarkan sedekah (pada fakir-miskin) sebelum pembicaraan kamuโ€[3][54]
Terbagi juga dalam nasakh yang penggantinya lebih berat, seperti menasakh bolehnya memilih antara puasa Ramadhan dan membayar fidyah, menjadi ditentukan puasa saja. Allah swt berfirman:
 โ€œDan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyahโ€..sampai firman Allah swt: โ€œbarangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan ituโ€ [4][55]
Dan nasakh yang penggantinya lebih ringan, seperti dinasakhnya firman Allah swt:โ€œJika ada dua puluh orang yang sabar diantaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang musuhโ€[5][56]
Dengan firman Allah swt:โ€œMaka jika ada di antaramu seratus orang yang sabar, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang kafirโ€

Penjelasan :
Nasakh terbagi menjadi dua;
1.      Nasakh dengan tanpa pengganti. Contoh QS. Al-Mujadilah:12 di atas.
2.      Nasakh dengan pengganti, terbagi tiga;
a.       Penggantinya lebih berat. Contoh seperti di atas (menasakh bolehnya memilih antara puasa Ramadhan dan membayar fidyah)
b.      Penggantinya lebih ringan. Contoh ayat tentang mushabarah (sabar dalam perang) di atas.
c.       Pengganti yang menyamai. Contoh dinasakhnya menghadap Baitul Maqdis yang ditetapkan berdasarkan sunnah fiโ€™liyyah (perbuatan) dalam hadits shahih Bukhari-Muslim dengan menghadap Masjidil Haram dalam firman Allah;
ููŽูˆูŽู„ู‘ู ูˆูŽุฌู’ู‡ูŽูƒูŽ ุดูŽุทู’ุฑูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุงู„ู’ุญูŽุฑูŽุงู…ู (ุงู„ุจู‚ุฑุฉ 144)
โ€œPalingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haramโ€

(ูˆูŽูŠูŽุฌููˆู’ุฒู ู†ูŽุณู’ุฎู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ุจูุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู) ูƒูŽู…ูŽุง ุชูŽู‚ูŽุฏู‘ูŽู…ูŽ ููู‰ ุฃูŽูŠูŽุชูŽูŠู ุงู„ู’ุนูุฏู‘ูŽุฉู ูˆูŽุฃูŽูŠูŽุชูŽูŠู ุงู„ู’ู…ูุตูŽุงุจูŽุฑูŽุฉู
(ูˆูŽู†ูŽุณู’ุฎู ุงู„ุณู‘ูู†ู‘ูŽุฉู ุจูุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู) ูƒูŽู…ูŽุง ุชูŽู‚ูŽุฏู‘ูŽู…ูŽ ููู‰ ุงุณู’ุชูู‚ู’ุจูŽุงู„ู ุจูŽูŠู’ุชู ุงู„ู’ู…ูู‚ูŽุฏู‘ูŽุณู ุงู„ุซู‘ูŽุงุจูุชู ุจุงูู„ุณู‘ูู†ู‘ูŽุฉู ุงู„ู’ููุนู’ู„ููŠู‘ูŽุฉู ููู‰ ุญูŽุฏููŠู’ุซู ุงู„ุตู‘ูŽุญููŠู’ุญูŽูŠู’ู†ู ุจูู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชุนูŽุงู„ูŽู‰ ููŽูˆูŽู„ู‘ู ูˆูŽุฌู’ู‡ูŽูƒูŽ ุดูŽุทู’ุฑูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุงู„ู’ุญูŽุฑูŽุงู…ู ูˆูŽุจูุงู„ุณู‘ูู†ูŽู‘ุฉู ู†ูŽุญู’ูˆู ุญูŽุฏููŠู’ุซู ู…ูุณู’ู„ูู…ู ูƒูู†ู’ุชู ู†ูŽู‡ูŽูŠู’ุชููƒูู…ู’ ุนูŽู†ู’ ุฒููŠูŽุงุฑูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูุจููˆู’ุฑู ููŽุฒููˆู’ุฑููˆู’ู‡ูŽุง

Diperbolehkan menasakh al-Kitab dengan al-Kitab, seperti contoh terdahulu dalam dua ayat tentang โ€˜iddah dan mushabarah (bertahan dalam peperangan). Dan menasakh as-Sunnah dengan al-Kitab seperti contoh terdahulu tentang menghadap Baitul Maqdis yang ditetapkan berdasarkan sunnah fiโ€™liyyah (perbuatan) dalam hadits shahih Bukhari-Muslim, dinasakh dengan firman Allah swt:
ููŽูˆูŽู„ู‘ู ูˆูŽุฌู’ู‡ูŽูƒูŽ ุดูŽุทู’ุฑูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุงู„ู’ุญูŽุฑูŽุงู…ู (ุงู„ุจู‚ุฑุฉ 144)
โ€œPalingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haramโ€
Serta (menasakh as-Sunnah) dengan as-Sunnah, contoh HR. Muslim :
ูƒูู†ู’ุชู ู†ูŽู‡ูŽูŠู’ุชููƒูู…ู’ ุนูŽู†ู’ ุฒููŠูŽุงุฑูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูุจููˆู’ุฑู ููŽุฒููˆู’ุฑููˆู’ู‡ูŽุง
โ€œAku telah melarang kalian ziarah kubur, maka (sekarang) ziarailah kuburan!โ€

ูˆูŽุณูŽูƒูŽุชูŽ ุนูŽู†ู’ ู†ูŽุณู’ุฎู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ุจูุงู„ุณู‘ูู†ู‘ูŽุฉู ูˆู‚ูŽุฏู’ ู‚ููŠู’ู„ูŽ ุจูุฌูŽูˆูŽุงุฒูู‡ู ูˆูŽู…ูุซู‘ูู„ูŽ ู„ูŽู‡ู ุจูู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชุนุงู„ูŽู‰ ูƒูุชูุจูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ุงูุฐูŽุง ุญูŽุถุฑูŽ ุฃูŽุญูŽุฏูŽูƒูู…ู ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ุชู ุงูู†ู’ ุชูŽุฑูŽูƒูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ุงู’ู„ูˆูŽุตููŠู‘ูŽุฉู ู„ูู„ู’ูˆูŽุงู„ูุฏูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽู‚ู’ุฑูŽุจููŠู’ู†ูŽ ู…ูŽุนูŽ ุญูŽุฏููŠู’ุซู ุงู„ุชู‘ูุฑู’ู…ูุฐูู‰ ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑูู‡ู ู„ุงูŽ ูˆูŽุตููŠู‘ูŽุฉูŽ ู„ููˆูŽุงุฑูุซู ูˆูŽุงุนู’ุชูุฑูุถูŽ ุจูุงูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุฎูŽุจูŽุฑู ุฃูŽุญุงูŽุฏู ูˆูŽุณูŽูŠูŽุฃู’ุชูู‰ ุงูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽุง ูŠูู†ู’ุณูŽุฎู ุงู„ู’ู…ูุชูŽูˆูŽุงูุชุฑู ุจูุงู„ู’ุฃูŽุญูŽุงุฏู ูˆูŽููู‰ ู†ูุณู’ุฎูŽุฉู ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽุฌููˆู’ุฒู ู†ูŽุณู’ุฎู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ุจูุงู„ุณู‘ูู†ู‘ูŽุฉู ุฃูŽู‰ู’ ุจูุฎูู„ุงูŽูู ุชูŽุฎู’ุตููŠู’ุตูู‡ู ุจูู‡ูŽุง ูƒูŽู…ูŽุง ุชูŽู‚ูŽุฏู‘ูŽู…ูŽ ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ุชู‘ูŽุฎู’ุตููŠู’ุตูŽ ุฃูŽู‡ู’ูˆูŽู†ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุณู’ุฎู

Pengarang tidak menjelaskan tentang menasakh al-Kitab dengan as-Sunnah dan menurut sebagian pendapat hal ini diperbolehkan. Dicontohkan dengan firman Allah swt: โ€œDiwajibkan atas kamu, apabila seorang di antara kamu kedatangan (tanda-tanda) maut, jika ia meninggalkan harta yang banyak, berwasiat untuk ibu-bapak dan karib kerabatnyaโ€. Dinasakh dengan HR. At-Tirmidzi dan selainnya : โ€œTidak ada wasiat (diperbolehkan) bagi ahli warisโ€
Pendapat ini tidak disetujui dengan alasan hadits yang digunakan berupa hadits Ahad, dan nanti akan dijelaskan bahwa dalil mutawatir tidak boleh dinasakh dengan dalil ahad. Dalam redaksi lain dikatakan, tidak diperbolehkan menasakh al-Kitab dengan as-Sunnah. Berbeda halnya takhsish al-Kitab dengan as-Sunnah, karena takhsish dinilai lebih ringan dibanding nasakh.

Penjelasan :
Perincian nasakh yang diperbolehkan sebagai berikut;
1.      Menasakh al-Kitab dengan al-Kitab, contoh dalam dua ayat tentang โ€˜iddah dan mushabarah (bertahan dalam peperangan) di atas.
2.      Menasakh as-Sunnah dengan al-Kitab, contoh tentang menghadap Masjidil Haram di atas
3.      Menasakh as-Sunnah dengan as-Sunnah, contoh HR. Muslim :
ูƒูู†ู’ุชู ู†ูŽู‡ูŽูŠู’ุชููƒูู…ู’ ุนูŽู†ู’ ุฒููŠูŽุงุฑูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูุจููˆู’ุฑู ููŽุฒููˆู’ุฑููˆู’ู‡ูŽุง
โ€œAku telah melarang kalian ziarah kubur, maka (sekarang) ziarailah kuburan!โ€
4.      Menasakh al-Kitab dengan as-Sunnah, contoh QS. Al-Baqarah:180 dan hadits at-Tirmidzi di atas. Dan bagian ini masih diperdebatkan ulama.
Pertanyaan :
Mengapa takhsish dinilai lebih ringan dibanding nasakh?dan apa perbedaan keduanya?
Jawab :
Karena nasakh menghilangkan hukum secara keseluruhan, beda dengan takhsish. Perbedaan keduanya, takhsish adalah menjelaskan dan mengkompromikan dua dalil, sedangkan nasakh membatalkan dan menghilangkan.
Referensi :
(ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุฃูŽู‡ู’ูˆูŽู†ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุณู’ุฎู) ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุณู’ุฎูŽ ูŠูŽุฑู’ููŽุนู ุงู„ุญููƒู’ู…ูŽ ุจูุงู„ูƒูู„ู‘ููŠู‘ูŽุฉู ุจูุฎูู„ุงูŽูู ุงู„ุชู‘ูŽุฎู’ุตููŠู’ุตู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ุนูŽุถูุฏู ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ููŽุฑูŽู‚ู’ู†ูŽุง ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูู…ูŽุง ุจูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ุชู‘ูŽุฎู’ุตููŠู’ุตูŽ ุจูŽูŠุงูŽู†ูŒ ูˆูŽุฌูŽู…ู’ุนูŒ ู„ูุฏูŽู„ููŠู’ู„ูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุณู’ุฎู ุงูุจู’ุทูŽุงู„ูŒ ูˆูŽุฑูŽูู’ุนูŒ ุงู‡ู€ (ุงู„ู†ู‘ูŽููŽุญุงูŽุชู ุตู€ 108)
โ€œ(Ucapan pensyarah: lebih ringan dari nasakh), karena nasakh menghilangkan hukum secara keseluruhan, beda dengan takhsish. Imam Al-Adhud mengatakan, saya telah membedakan keduanya, bahwasanya takhsish adalah menjelaskan dan mengkompromikan dua dalil, sedangkan nasakh membatalkan dan menghilangkanโ€.

(ูˆูŽูŠูŽุฌููˆู’ุฒู ู†ูŽุณู’ุฎู ุงู„ู’ู…ูุชูŽูˆูŽุงุชูุฑู ุจูุงู„ู’ู…ูุชูŽูˆูŽุงุชูุฑู ูˆูŽู†ู’ุณู’ุฎู ุงู„ู’ุฃูŽุญูŽุงุฏู ุจูุงู„ู’ุฃูŽุญูŽุงุฏู ูˆูŽุจูุงู„ู’ู…ูุชูŽูˆูŽุงุชูุฑู ูˆูŽู„ุงูŽูŠูŽุฌููˆู’ุฒู ู†ูŽุณู’ุฎู ุงู„ู’ู…ูุชูŽูˆูŽุงูุชูุฑ) ูƒูŽุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุฃูŽู†ู (ุจูุงู„ู’ุฃุญูŽุงุฏู) ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุฏููˆู’ู†ูŽู‡ู ููู‰ ุงู„ู’ู‚ููˆู‘ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ุฑู‘ูŽุงุฌูุญู ุฌูŽูˆูŽุงุฒู ุฐูŽู„ููƒูŽ ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูŽุญูŽู„ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุณู’ุฎู ุงู„ู’ุญููƒู’ู…ู ูˆูŽุงู„ุฏู‘ูู„ูŽุงู„ูŽุฉู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุจูุงู„ู’ู…ูุชูŽูˆูŽุงุชูุฑู ุธูŽู†ู‘ููŠูŽู‘ุฉูŒ ูƒูŽุงู„ู’ุฃุญูŽุงุฏู

Diperbolehkan menasakh dalil mutawatir dengan dalil mutawatir dan dalil ahad dengan dalil ahad dan dengan dalil mutawatir. Dan tidak diperbolehkan menasakh dalil mutawatir seperti al-Qurโ€™an dengan dalil ahad, karena dalil ahad lebih lemah kekuatannya. Menurut pendapat Rajih (unggul) hal ini diperbolehkan, karena sasaran nasakh adalah hukum, dan dalalah (arah makna) atas hukum dari dalil mutawatir bersifat dhanni (dugaan) sebagaimana dalil ahad.

Penjelasan :
Mempertimbangkan derajat dalilnya, disimpulkan nasakh yang diperbolehkan sebagai berikut;
1.      Menasakh dalil mutawatir dengan dalil mutawatir
2.      Menasakh dalil ahad dengan dalil ahad
3.      Menasakh dalil ahad dengan dalil mutawatir
4.      Menasakh dalil mutawatir dengan dalil ahad, menurut pendapat Rajih (unggul). Karena sasaran nasakh adalah hukum, dan dalalah (arah makna) atas hukum dari dalil mutawatir bersifat dhanni (dugaan) sebagaimana dalil ahad.

Pertanyaan :
Mengapa dalalah (arah makna) dari dalil mutawatir bersifat dhanni (dugaan) menurut pendapat Rajih?
Jawab :
Karena ada kemungkinan makna yang dikehendaki adalah selain yang sudah ada.
Referensi :
(ู‚ููˆู’ู„ูู‡ู ุธูŽู†ู‘ููŠู‘ูŽุฉูŒ) ุฃูŠู’ ู„ูุฌูŽูˆูŽุงุฒู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽูƒููˆู’ู†ูŽ ุงู„ู…ูุฑูŽุงุฏู ุบูŽูŠู’ุฑูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู‡ู€ (ุงู„ู†ู‘ูŽููŽุญุงูŽุชู ุตู€ 108)
โ€œ(Ucapan pensyarah: bersifat dugaan), karena ada kemungkinan makna yang dikehendaki adalah selain yang sudah adaโ€.









Dokumen Terkait

0 Komentar untuk "NASAKH - MANSUKH"

Jual beli online dan menyusui anak orang kafir

*SOAL* Bahsulmasail# 1_ *bagaimana hukum orang jual beli online, kalo di bolehkan bagaimana cara akadnya apakah sah hanya melewati telpon sa...