SOAL CERDAS CERMAT OLIMPIADE ASWAJA KE-ASWAJA-AN 1. Apa pengertian Ahlussunnah Wal Jamaโah atau yang dikenal dengan Al-Firqah An-Najiyah (kelompok yang dijamin selamat)? 2. Sebutkan salah satu hadits yang mendasari adanya istilah Ahlussunnah Wal Jamaโah beserta maknanya! 3. Siapakah 2 orang imam Ahlussunnah Wal Jamaโah? 4. Kapankah kedua imam tersebut wafat? 5. Dalam kitab Ithaaf Sadaat al-Muttaqiin, imam Murtadlo al-Zabidi menyebutkan: ุฅูุฐูุง ุฃูุทููููู ุฃููููู ุงูุณูููููุฉู ููุงููุฌูู ูุงุนูุฉู ููุงููู ูุฑูุงุฏู ุจูููู ู ุงููุฃูุดูุงุนูุฑูุฉู ููุงููู ูุงุชูุฑูููุฏููููุฉู. Apa makna nash tersebut? 6. Sebutkan hadits yang mengisyaratkan kebenaran ajaran yang dibawa oleh Imam Abu Manshur Al-Maturidi! 7. Sebutkan ayat yang mengisyaratkan kebenaran ajaran yang dibawa oleh Imam Abu Hasan Al-Asyโari! 8. Dalam kajian keaswajaan, dikenal istilah taโwil terhadap ayat-ayat mutasyabihat. Apakah yang dimaksud dengan taโwil? 9. Apa hukum mentaโwil ayat mutasyabihat? 10. Sebutkan dalil diperbolehkannya taโwil! 11. Siapakah sahabat Rasul yang mendapat julukan Tarjuman Al-Qurโan (orang yang pandai menjelaskan makna Al-Qurโan)? 12. Bagaimana doa Rasulullah untuk Ibn Abbas ketika masih bayi agar pandai mentakwil? 13. Sebutkan macam-macam taโwil! 14. Terdapat dua macam taโwil, yaitu taโwil ijmali yang diikuti mayoritas ulamaโ salaf dan taโwil tafshili yang diikuti oleh mayoritas ulamaโ kholaf. Apa definisi taโwil ijmali? 15. Terdapat dua macam taโwil, yaitu taโwil ijmali yang diikuti mayoritas ulamaโ salaf dan taโwil tafshili yang diikuti oleh mayoritas ulamaโ kholaf. Apa definisi taโwil tafshili? 16. Apa pengertian ulamaโ salaf dan ulamaโ khalaf? 17. Di antara ayat mutasyabihat adalah ayat ุงูุฑููุญูู ููู ุนูููู ุงููุนูุฑูุดู ุงุณูุชูููู (Q.S. Thaha : 5). Makna dhahir dari kata ุงุณุชูู adalah bersemayam atau duduk, dan ini bertentangan dengan sifat Allah yang Maha Berbeda dengan seluruh makhluk-Nya (mukhalafatuhu lil hawadits).Bagaimanakah taโwil tafshili terhadap ayat ini? 18. Imam Maliki telah mentaโwil ayat tersebut secara ijmali, namun kaum wahhaby telah merubah redaksi taโwilan beliau. Bagaimanakah riwayat taโwilan imam Maliki yang benar? 19. Bagaimanakah taโwil ayat ููู ู ุนูู ุฃููู ุง ููุชู (Q.S. Al-Hadid : 4)? 20. Bagaimanakah taโwil ayat ุงููู ููุฑ ุงูุณู ุงูุงุช ูุงูุฃุฑุถ (Q.S. An-Nur : 35)? 21. Bagaimanakah taโwil ayat ููููุญููู ุฃูููุฑูุจู ุฅููููููู ู ููู ุญูุจููู ุงููููุฑููุฏ (Q.S. Qaf : 16)? 22. Bagaimanakah taโwil imam Al-Bukhari terhadap ayat ูู ุดูุก ูุงูู ุฅูุง ูุฌูู (Q.S. Al-Qashash : 88)? โ AQIDAH 1. Apakah yang dimaksud dengan sifat wajib bagi Allah? 2. Para ulamaโ ahlussunnah wal jamaโah berijmaโ bahwa Allah ada tanpa tempat, tidak berada di suatu arah dan tidak diliputi oleh masa. Ijmaโ ulamaโ ini merupakan aplikasi dari sifat wajib Allah apa? 3. Salah satu sifat Allah adalah mukhalafatuhu lil hawadits atau yang dikenal aqidah tanzih, artinya Allah berbeda dengan seluruh makhluk-Nya atau mensucikan Allah dari segala serupa. Sebutkan salah satu dalil Al-Qurโan akan sifat Allah tersebut! 4. Mengenai keberadaan Allah, sayyidina Ali berkata : ููุงูู ุงูููู ูููุงู ู ูููุงูู ูููููู ุงููุฃููู ุนูููู ู ูุง ุนููููููู ููุงูู. Apa makna perkataan sayyidina Ali tersebut? 5. Apa makna sifat Allah Qiyamuhu binafsihi? 6. Siapakah nabi yang diturunkan pertama kali ke bumi? 7. Siapakah putra nabi Adam yang diutus menjadi seorang Nabi sebelum nabi Idris? 8. Pada Zaman nabi Adam belum terjadi kekufuran. Kapankah kekufuran terjadi pertama kali? 9. Siapakah nabi yang pertama kali diutus untuk memberantas kekufuran? 10. Setiap nabi mempunyai sifat maโshum, yaitu terhindar dari perbuatan dosa, tetapi tidak terhadap semua dosa. Sebutkan tiga macam dosa yang tidak mungkin dilakukan oleh seorang nabi/rasul! 11. Dalam kitab Aqidatul Awam disebutkan sebuah syair : ุฃูุฑูุณููู ุงููุฃูููุจูููุงุกู ุฐููููู ุงููููุทูุงููุฉู # ุจูุงูุตููุฏููู ููุงูุชููุจูููููุบู ููุงููุฃูู ูุงููุฉู Sebutkan 4 sifat wajib bagi nabi, baik nabi yang rasul maupun nabi yang bukan rasul sebagaimana yang telah disebutkan dalam syair tersebut dan jelaskan maknanya! 12. Apa pengertian nabi? 13. Apa pengertian rasul? 14. Sebutkan persamaan nabi dan rasul? 15. Apa perbedaan antara nabi dan rasul! 16. Berapakah jumlah nabi? 17. Berapakah jumlah rasul? 18. Hadits yang terkenal berbunyi: ุงููุฃูููุจูููุงุกู ุฅูุฎูููุฉู ููุนููุงููุชู ุฏูููููููู ู ููุงุญูุฏู ููุฃูู ููููุงุชูููู ู ุดูุชููู (H.R. Ahmad). Apa maksud dari matan hadits tersebut? 19. Sebutkan dalil Al-Qurโan yang menjelaskan bahwa nabi Ibrahim adalah seorang pemeluk agama Islam! 20. Sebutkan dalil Al-Qurโan yang menjelaskan bahwa nabi Yaโqub adalah seorang pemeluk agama Islam! 21. Sebutkan dalil Al-Qurโan yang menjelaskan bahwa nabi Isa adalah seorang pemeluk agama Islam! 22. Sebutkan nama 4 kitab suci yang diturunkan Allah beserta nama Rasul yang menerimanya! 23. Berapakah jumlah keseluruhan kitab suci yang diturunkan Allah ke bumi? 24. Apa yang dimaksud dengan zaman fatroh? 25. Tanggal berapakah kelahiran nabi Muhammad? 26. Sebutkan nasab nabi Muhammad sampai Abdi Manaf! 27. Memeluk agama Islam merupakan rukun Islam yang pertama dan merupakan ibadah yang paling wajib diantara kewajiban yang lain. Sebagaimana ibadah-ibadah yang lainnya, keislaman seseorang juga bisa batal disebabkan riddah atau kufur. Sebutkan 3 macam riddah sebagaimana yang dijelaskan para ulamaโ fiqh! 28. Sebutkan dalil riddah/kufur iโtiqadi! 29. Sebutkan dalil riddah/kufur qauli! 30. Sebutkan dalil riddah/kufur fiโli! 31. Sebutkan dalil yang menjelaskan bahwa seseorang muslim bisa dihukumi keluar dari agama Islam sebab perbuatannya, tanpa dia sadari atau sengaja! 32. Sebutkan 3 contoh kufur iโtiqadi! 33. Sebutkan 3 contoh kufur qauli! 34. Sebutkan 3 contoh kufur fiโli! 35. Berikut adalah kaidah mengenai kufur: ุฃููู ูููู ุนูุฏู ุฃู ูุนูู ุฃู ููู ูุฏููู ุนูู ุงุณุชุฎูุงูู ุจุงูููู ุฃู ูุชุจูู ุฃู ุฑุณููููู ุฃู ู ูุงุฆูุชูู ุฃู ุดุนุงุฆุฑูู ุฃู ู ุนุงูู ุฏููู ุฃู ุฃุญูุงู ู ุฃู ูุนุฏู ุฃู ูุนูุฏู ููุฑู Apa maksud dari kaidah tersebut? 36. Bagaimanakah cara kembali kepada keislaman setelah melakukan riddah? AMALIYAH AHLUSSUNNAH WAL JAMAโAH 1. Apa yang dimaksud dengan bidโah? 2. Sebutkan macam-macam bidโah! 3. Bagaimanakah kriteria bidโah hasanah? 4. Bagaimanakah kriteria bidโah sayyi`ah/dlalalah? 5. Sebutkan dalil adanya bidโah hasanah! 6. Di antara hadits yang menjelaskan adanya bidโah hasanah adalah hadits ู ููู ุฃูุญูุฏูุซู ููู ุฃูู ูุฑูููุง ููุฐูุง ู ูุง ููููุณู ู ููููู ูููููู ุฑูุฏูู (H.R. Al-Bukhari dan Muslim). Jelaskan kehujjahan hadits tersebut? 7. Orang yang mengingkari bidโah hasanah gemar sekali mendengungkan sebuah hadits, yaitu: ุฅูุงูู ูู ุญุฏุซุงุช ุงูุฃู ูุฑ ูุฅู ูู ู ุญุฏุซุฉ ุจุฏุนุฉ ููู ุจุฏุนุฉ ุถูุงูุฉ (H.R. Abu Dawud). Bagaimana makna yang benar menurut ahlussunnah wal jamaโah? 8. Sebutkan 5 contoh bidโah hasanah! 9. Menuliskan shalawat setelah nama Rasul โุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู โ hanya dengan huruf ุตูุนู atau ุต ู termasuk bidโah apa dan apa hukumnya? 10. Bagaiamanakah komentar sayyidina Umar ibn Khattab terhadap pelaksanaan sholat Tarawih berjamaah dengan 1 imam? 11. Siapakah orang yang pertama kali merintis/mengadakan maulid nabi Muhammad? 12. Bagaimanakah kaedah ushul fiqh yang mematahkan syubhat orang yang mengatakan, โhal ini tidak boleh dilakukan karena nabi tidak pernah melakukannyaโ? 13. Sebutkan ayat Al-Qurโan yang menjadi dasar kaidah ุชุฑู ุงูุดูุก ูุง ูุฏู ุนูู ู ูุนู ? 14. Dalam syair burdah : ูุงุฑุจ ุจุงูู ุตุทูู ุจูุบ ู ูุงุตุฏูุง :: ูุงุบูุฑ ููุง ู ุง ู ุถู ูุง ูุงุณุน ุงููุฑู , manakah yang menunjukkan adanya tawassul? 15. Di antara benda yang bisa digunakan untuk bertabarruk adalah benda-benda yang pernah melekat pada seorang nabi atau peninggalannya. Sebutkan ayat al-Quran yang menceritakan bahwa nabi Yusuf pernah memerintahkan seseorang untuk bertabarruk! โ GOLONGAN DI LUAR AHLUSSUNNAH WAL JAMAโAH 1. Sebutkan dalil Al-Qurโan disyariโatkannya amar maโruf nahi munkar! 2. Sebutkan hadits riwayat Muslim yang menjadi dalil disyariโatkannya amar maโruf nahi munkar! 3. Apa maksud dan makna sabda Nabi Muhammad ุญูุชููู ู ูุชูู ุชูุฑูุนููููู ุนููู ุฐูููุฑู ุงููููุงุฌูุฑู ุ ุงุฐูููุฑููููู ุจูู ูุง ูููููู ูููู ููุญูุฐูุฑููู ุงููููุงุณู (H.R. Abu Dawud)? 4. Siapakah pendiri kelompok wahhabiyah? 5. Wahhabiyah adalah kelompok yang menyebarkan keyakinan tasybih/tajsim. Apa definisi keyakinan tasybih? 6. Sebutkan dalil al-Qurโan yang membantah keyakinan tasybih! 7. Di dalam kitab Al-โArsy disebutkan bahwa Allah duduk di atas Kursi dan menyisakan tempat kosong di Kursi itu untuk mendudukkan Nabi Muhammad bersama-Nya. Kitab tersebut ditulis oleh ulamaโ rujukan Wahhabi yang juga mengarang kitab Majmuโ Fatawa, Syarh Hadits Nuzul, dan Minhaj Sunnah Nabawiyyah. Siapakah nama ulamaโ wahhabi tersebut? 8. Untuk menyesatkan orang yang bertawassul, Wahhabiyah membagi tauhid menjadi tiga, sebutkan! 9. Bagaimana definisi tauhid menurut ahlussunnah wal jamaโah? 10. Siapakah pendiri kelompok Hizbut Tahrir? 11. Hizbut Tahrir mempunyai ajaran yang menyimpang, di antaranya adalah memperbolehkan mencium istri orang dan berjabat tangan dengan wanita ajnabiyah. Mereka juga dikenal dengan neo-muโtazilah atau neo-Qadariyah karena membawa ajaran Qadariyah. Jelaskan ajaran Qadariyah yang dibawa oleh Hizbut Tahrir! 12. Bagaimana konsep Qadar menurut ahlussunnah wal jamaโah yang membedakan dengan Qadariyah dan Jabriyah? 13. Sebutkan dalil Al-Qurโan yang membantah keyakinan Qadariyah! 14. Sebutkan dalil hadits yang membantah keyakinan Qadariyah! 15. Sebutkan dalil Al-Qurโan yang membantah keyakinan Jabriyah! 16. Siapakah Sayyid Quthb? 17. Ikhwanul muslimin/hizbul ikhwan pengikut Sayyid Quthb dikenal sebagai golongan yang membawa ajaran Khawarij. Ajaran Khawarij yang bagaimanakah yang dibawa oleh ikhwanul muslimin pengikut Sayyid Quthb? 18. Apa nama kitab tafsir yang ditulis oleh Sayyid Quthb yang didalamnya terdapat pengkafiran terhadap seluruh ummat Islam yang tunduk pada pemerintahan yang tidak menjalankan syariโat Islam secara keseluruhan? 19. Sebutkan ayat yang sering didengungkan oleh golongan Khawarij/ikhwanul muslimin? 20. Bagaimana penafsiran ayat tersebut yang benar menurut ahlussunnah wal jamaโah? 21. Mengenai keyakinan mereka ini, ulamaโ ahlussunnah wal jamaโah mempunyai kaidah seperti berikut: ููุญููู ูุงู ูููููููุฑู ุฃูุญูุฏูุง ู ููู ุฃููููู ุงููููุจูููุฉู ุจูุฐูููุจู ู ูุง ููู ู ููุณูุชูุญูููููู. Apa maksud kaidah ini? 22. Sifat-sifat Allah berbeda dengan sifat makhluk-Nya. Lalu bagaimanakah sifat Kalam Allah yang berbeda dengan sifat kalam makhluk? 23. Jelaskan kedudukan Mushaf Al-Qurโan sebagai Kalam Allah! 24. Keyakinan Hulul dan wahdatul wujud dalam ilmu tasawwuf merupakan keyakinan yang menyalahi aqidah ahlussunnah wal jamaโah, sebab bertentangan dengan sifat Allah mukhalafatuhu lil hawadits. Jelaskan apa yang dimaksud dengan hulul dan wahdatul wujud! 25. Berikut adalah perkataan ulamaโ ahlussunnah wal jamaโah dalam menentang keyakinan hulul dan wahdatul wujud: ุฅูููู ุงูููู ูุงู ููุญูููู ููู ุดูููุกู ูููุงู ููููุญูููู ู ููููู ุดูููุกู ูููุงู ููุญูููู ูููููู ุดูููุกู ููููุณู ููู ูุซููููู ุดูููุกู. Apa maksud dari perkataan tersebut? 26. Golongan apakah yang mengakui adanya nabi setelah diutusnya nabi Muhammad? 27. Apa dalil yang menyatakan bahwa nabi Muhammad adalah nabi terakhir? โ KE-NU-AN 1. Ahlussunnah mempunyai prinsip tasamuh atau toleransi. Dalam hal apakah kita diperbolehkan untuk melaksanakan prinsip tasamuh ini? 2. Sebutkan madzhab/imam ahlussunnah dalam bidang aqidah? 3. Sebutkan madzhab/imam ahlussunnah dalam bidang fiqh? 4. Sebutkan madzhab/imam ahlussunnah dalam bidang tasawwuf? KUNCI JAWABAN SOAL CERDAS CERMAT OLIMPIADE ASWAJA KE-ASWAJA-AN 1. Ahlussunnah wal jamaโah adalah golongan yang berpegang teguh dalam mengikuti ajaran-ajaran (sunnah) Rasul dan para sahabatnya dan senantiasa menjadi mayoritas umat Islam. 2. Berikut adalah beberapa hadits dalil ahlussunnah wal jamaโah: 1. "ุนู ุฃูุณ ุฑุถู ุงููู ุนูู ูุงู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู : ุฅู ุฃู ุชู ูุง ุชุฌุชู ุน ุนูู ุถูุงูุฉุ ูุฅุฐุง ุฑุฃูุชู ุงุฎุชูุงูุง ูุนูููู ุจุงูุณูุงุฏ ุงูุฃุนุธู " Maknanya: "Dari sahabat Anas โsemoga Allah meridhainya- Rasulullah bersabda: Sesungguhnya ummatku tidak akan sepakat atas kesesatan, jika kalian mendapatkan perselisihan maka ikutlah dengan mayoritas ummat" 2. "ูุฅูู ู ู ูุนุด ู ููู ุจุนุฏู ูุณูุฑู ุงุฎุชูุงูุง ูุซูุฑุงุ ูุนูููู ุจุณูุชู ูุณูุฉ ุงูุฎููุงุก ุงูู ูุฏููู ุงูุฑุงุดุฏูู ุชู ุณููุง ุจูุง ูุนุถูุง ุนูููุง ุจุงูููุงุฌุฐ" (ุฑูุงู ุฃุจู ุฏุงูุฏ) Maknanya: "Sesungguhnya siapa yang hidup di antara kalian setelah (wafat)ku maka ia akan melihat perselisihan yang banyak. Hendaknya kalian berpegang pada sunnahku dan sunnah khulafa ar-rasyidin yang mendapatkan hidayah, peganglah dengan kuat dan gigitlah dengan geraham". 3. "ุฅู ุจูู ุฅุณุฑุงุฆูู ุชูุฑูุช ุซูุชูู ูุณุจุนูู ู ูุฉ ูุชูุชุฑู ุฃู ุชู ุนูู ุซูุงุซ ูุณุจุนูู ู ูุฉุ ูููู ูู ุงููุงุฑ ุฅูุง ู ูุฉ ูุงุญุฏุฉุ ูุงููุง ูู ู ูู ูุง ุฑุณูู ุงูููุ ูุงู ู ุง ุฃูุง ุนููู ูุฃุตุญุงุจู" (ุฑูุงู ุงูุชุฑู ุฐู) Maknanya: "Sesungguhnya bani isra'il pecah menjadi 72 golongan dan ummatku akan pecah menjadi 73 golongan, semuanya masuk neraka kecuali satu, mereka (para sahabat) bertanya: siapakah satu golongan itu wahai Rasulullah?, rasul menjawab: mereka itu yang mengikuti jalanku dan sahabat-sahabatku" 4. "ูุงูุฐู ููุณ ู ุญู ุฏ ุจูุฏู ูุชูุฑูู ุฃู ุชู ุนูู ุซูุงุซ ูุณุจุนูู ูุฑูุฉุ ูุงุญุฏุฉ ูู ุงูุฌูุฉ ูุซูุชุงู ูุณุจุนูู ูู ุงููุงุฑุ ููู ูุงุฑุณูู ุงููู ู ู ูู ุ ูุงู ุงูุฌู ุงุนุฉ" Maknanya: "Demi Dzat yang jiwaku dalam kekuasaan Nya, sungguh ummatku akan pecah menjadi 73 golongan, satu golongan masuk surga dan 72 lainnya masuk neraka, ditanya: siapakah mereka (ahluljannah) wahai Rasulullah? Rasul menjawab: mereka adalah al-jama'ah (mayoritas ummatku)" 5. "ุฃููุตูููููู ุจูุฃุตูุญูุงุจููู ุซู ูู ุงูุฐููููู ููููููููููู ุซู ูู ุงููุฐููููู ูููููููููู ู"ุ ููููููู "ุนูููููููู ู ุจูุงูุฌูู ูุงุนูุฉู ููุฅูููุงููู ู ููุงูููุฑููุฉ ูุฅููู ุงูุดูููุทุงูู ู ูุนู ุงูููุงุญูุฏู ูููููู ู ููู ุงูุงุซููููููู ุฃุจูุนูุฏู ููู ููู ุฃุฑูุงุฏู ุจูุญูุจููุญูุฉ ุงูุฌููููุฉู ููููููููุฒูู ู ุงูุฌูู ูุงุนูุฉ". (ุฑูููุงูู ุงูุชูุฑูู ูุฐูููู ููููุงูู ุญูุณููู ุตูุญูููุญู ููุตูุญููุญููู ุงูุญูุงููู ู) Maknanya: โAku berwasiat kepada kalian untuk mengikuti sahabat-sahabatku, kemudian --mengikuti-- orang-orang yang datang setelah mereka, kemudian mengikuti yang datang setelah merekaโ. Dan termasuk rangkaian hadits ini: โTetaplah bersama al-Jamaโah dan jauhi perpecahan karena syaitan akan menyertai orang yang sendiri. Dia (syaitan) dari dua orang akan lebih jauh, maka barang siapa menginginkan tempat lapang di surga hendaklah ia berpegang teguh pada (keyakinan) al-Jamaโahโ. (H.R. at-Turmudzi, ia berkata hadits ini Hasan Shahih juga hadits ini dishahihkan oleh al-Hakim). 3. Imam Abul Hasan Al-Hasan Al-Asyโari dan Imam Abu Manshur Al-Maturidi 4. Imam Abul Hasan Al-Hasan Al-Asyโari wafat tahun 324 H dan Imam Abu Manshur Al-Maturidi wafat tahun 333 H 5. Jika dikatakan Ahlussunnah wal Jamaโah, maka yang dimaksud adalah al-Asyโariyyah dan al-Maturidiyyah 6. Salah seorang pengikut ajaran Maturidiyah yang terkenal dengan nama Muhammad Al-Fatih dipuji oleh Rasul sebab menaklukkan kota konstantinopel. Rasul tidak akan mungkin memuji orang yang sesat keyakinannya. Rasul bersabda: ููุชูููุชูุญูููู ุงููููุณูุทูููุทููููููููุฉู ููููููุนูู ู ุงููุฃูู ูููุฑู ุฃูู ูููุฑูููุง ููููููุนูู ู ุงููุฌูููุดู ุฐููููู ุงููุฌูููุดู Maknanya: โKota Konstantinopel pasti akan takluk di bawah pemerintahan Islam. Sebaik-baik panglima adalah pemimpinnya dan tentara yang paling baik adalah tentara tersebutโ (H.R. Ahmad) 7. Abul Hasan Al-Asyโari adalah keturunan Abu Musa al-Asy'ari, seorang sahabat ternama Rasulullah. Pada kaum Abu Musa inilah turun ayat: "ูุง ุฃููุง ุงูุฐูู ุขู ููุง ู ู ูุฑุชุฏ ู ููู ุนู ุฏููู ูุณูู ูุฃุชู ุงููู ุจููู ูุญุจูู ููุญุจููู ุฃุฐูุฉ ุนูู ุงูู ุคู ููู ุฃุนุฒุฉ ุนูู ุงููุงูุฑูู ูุฌุงูุฏูู ูู ุณุจูู ุงููู ููุง ูุฎุงููู ููู ุฉ ูุขุฆู ุฐูู ูุถู ุงููู ูุคุชูู ู ู ูุดุงุก ูุงููู ูุงุณุน ุนููู " (ุงูู ุงุฆุฏุฉ: 54) Maknanya: "Hai orang-orang yang beriman, barang siapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui" (Q.S. al-Maidah, 54). Kemudian Rasulullah menepuk punggung Abu Musa seraya berkata: "Mereka adalah kaum (keturunan) orang ini". 8. Taโwil adalah memalingkan makna sebuah kata dari makna dhahirnya (ุตุฑู ุงููุต ุนู ุธุงูุฑู) 9. Hukum mentaโwil ayat mutasyabihat adalah boleh. 10. Dalil diperbolehkannya taโwil adalah surat Ali Imron ayat 7 ููู ูุง ููุนูููู ู ุชูุฃูููููููู ุฅููููุง ุงูููููู ููุงูุฑููุงุณูุฎูููู ููู ุงููุนูููู ู ูููููููููู ุขูู ููููุง ุจููู 11. Abdullah ibn Abbas, sepupu Rasulullah. 12. Terdapat dua riwayat doa Rasulullah untuk Ibn Abbas, yaitu: ุงูููู ุนูู ู ุงูุญูู ุฉ ูุชุฃููู ุงููุชุงุจ ุงูููู ูููู ูู ุงูุฏูู ูุนูู ู ุงูุชุฃููู 13. Terdapat dua macam taโwil, yaitu taโwil ijmali dan taโwil tafshili 14. Taโwil ijmali adalah memalingkan makna kata/kalimat dalam ayat atau hadits yang mutasyabih dari makna dhahirnya tanpa menentukan makna sebenarnya dan mengembalikan maknanya sesuai dengan ayat-ayat atau hadits-hadits yang muhkamat. 15. Taโwil tafshili adalah memalingkan makna kata/kalimat dalam ayat atau hadits yang mutasyabih dari makna dhahirnya dengan menentukan maknanya yang sesungguhnya, sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa arab dan sesuai dengan ayat dan hadits muhkamat. 16. Ulamaโ salaf adalah ulamaโ yang hidup pada 300 tahun pertama Hijriah, sedangkan ulamaโ khalaf adalah ulamaโ yang hidup setelah 300 tahun pertama Hijriah. 17. Kata ุงุณุชูู mempunyai 14 makna yang berbeda-beda, di antaranya adalah makna yang tidak layak bagi Allah, seperti matang, duduk, bersemayam, berlabuh, purnama, dan lain-lain, dan di antaranya adalah makna yang layak bagi keagungan Allah yaitu menguasai dan menundukkan. Jadi, Taโwil tafshili terhadap ayat tersebut adalah โAllah Menguasai/Menundukkan โArsyโ 18. ุงูุฑุญู ู ุนูู ุงูุนุฑุด ุงุณุชูู ูู ุง ูุตู ููุณู ุ ููุง ููุงู ููู ุ ูููู ุนูู ู ุฑููุน Maknanya: โAllah ber-istiwa` terhadap โarsy sebagaimana yang telah disifatkan-Nya terhadap Dzat-Nya, tidak boleh dikatakan bahwa istiwaโnya Allah adalah kayf (sifat-sifat makhluk), karena bagaimana/kayf (sifat-sifat makhluk) adalah mustahil bagi Allahโ. Diriwayatkan oleh imam Al-Bayhaqi dalam kitabnya Al-Asmaโ wa Al-Shifat. Sedangkan kaum wahhabi merubahnya dengan ูููู ุนูู ู ุฌููู (cara istiwa` Allah โ yang serupa dengan makhluk โ tidak diketahui). Ini menunjukkan mereka menetapkan adanya kayf (sifat makhluk) pada Allah, hanya saja mereka tidak mengetahui kayf-nya seperti apa. 19. Allah mengetahui kalian dimanapun kalian berada. Maknanya bukanlah Dzat Allah selalu bersama kalian di manapun kalian berada. 20. Allah adalah Dzat yang memberi petunjuk kepada malaikat yang menghuni langit dan kepada manusia serta jin yang menghuni bumi. Maknanya bukanlah Allah merupakan sinar/cahaya yang menerangi langit dan bumi. 21. Allah lebih mengetahui terhadap seseorang, lebih dari pengetahuan orang tersebut terhadap dirinya sendiri. Maknanya bukanlah bahwa Dzat Allah sangat dekat dengan seseorang dan bertempat pada urat lehernya. 22. Imam Al-Bukhari mentaโwil kata ุฅูุง ูุฌูู dengan kata ุฅูุง ู ูููู (kecuali kekuasaan Allah). โ AQIDAH 1. Sifat wajib bagi Allah merupakan sifat yang pasti ada pada Allah sebagai syarat ketuhanan. Maknanya bukan sifat yang wajib/harus dimiliki Allah, karena Allah sebagai Tuhan tidak mempunyai kewajiban. 2. Mukhalafatuhu lil hawadits 3. Firman Allah: ููุณ ูู ุซูู ุดูุก (Allah tidak serupa dengan sesuatu apapun) Firman Allah: ููู ููู ูู ูููุง ุฃุญุฏ (dan tidak ada satupun serupa/sekutu bagi Allah) Firman Allah: ููุง ุชุถุฑุจูุง ููู ุงูุฃู ุซุงู (janganlah kalian menyerupakan Allah dengan makhluk) Firman Allah: ูู ุชุนูู ูู ุณู ูุง (kamu tidak akan mendapati serupapun terhadap Allah) Firman Allah: ูููู ุงูู ุซู ุงูุฃุนูู (Allah mempunyai sifat-sifat yang agung yang tidak serupa dengan sifat makhluk) 4. Maknanya: โAllah ada pada azal (keberadaan tanpa permulaan โ belum ada sesuatupun selainnya) dan belum ada tempat, dan Dia (Allah) sekarang (setelah menciptakan tempat) tetap seperti semula, ada tanpa tempat.โ 5. Allah tidak membutuhkan segala sesuatu selain-Nya. Maknanya bukanlah Allah berdiri sendiri. 6. Nabi Adam 7. Nabi Syits (ุดูุซ) 8. Setelah meninggalnya nabi Idris 9. Nabi Nuh 10. Seluruh nabi maโshum/terhindar dari 3 macam dosa, yaitu: dosa kufur, dosa besar, dan dosa kecil yang menunjukkan kehinaan jiwa, seperti mengutil/mencuri sebiji jagung atau melihat wanita ajnabiyah dengan syahwat. Adapun dosa kecil yang tidak mengandung kehinaan jiwa maka seorang nabi mungkin saja melakukannya, namun langsung diperingatkan Allah untuk segera bertobat sebelum diikuti oleh orang lain. Seperti dosa yang dilakukan oleh Nabi Adam ketika memakan buah yang dilarang oleh Allah. Dosa tersebut adalah dosa kecil yang tidak mengandung kehinaan jiwa. Allah berfirman: ููุนูุตูู ุขูุฏูู ู ุฑูุจูููู ููุบูููู (ุทู : 121) 11. Setiap nabi, baik yang rasul maupun yang bukan rasul memiliki 4 sifat wajib, yaitu fathonah (cerdas), shidq (jujur dalam apa yang disampaikan), tabligh (menyampaikan wahyu kepada ummat), dan amanah (dapat dipercaya). 12. Kata an-Nubuwwah adalah berasal dari kata an-Nabwah yang berarti ar-Rif'ah (keluhuran dan ketinggian derajat). An-Nubuwwah juga bisa diambil dari kata an-Naba' yang berarti al Khabar (berita), jadi an-Nabiyy yang berwazan Fa'iil berarti Faa'il yakni bahwa Nabi adalah pembawa berita dari Allah dengan perantara malaikat 13. Rasul dari kalangan manusia adalah nabi yang menerima wahyu berisi suatu syari'at yang mengandung hukum baru, yang belum pernah ada pada syari'at rasul sebelumnya 14. Persamaan nabi dan Rasul adalah sama-sama berasal dari bangsa manusia lelaki, sama-sama diperintahkan untuk menyampaikan wahyu dari Allah kepada ummat, dan banyak persamaan lainnya. 15. Rasul dari kalangan manusia adalah nabi yang menerima wahyu berisi suatu syari'at yang mengandung hukum baru, yang belum pernah ada pada syari'at rasul sebelumnya. Sedangkan Nabi yang bukan rasul adalah seseorang yang menerima wahyu berisi perintah untuk mengikuti syari'at rasul sebelumnya dan diperintahkan untuk menyampaikan wahyu dan syari'at tersebut, tetapi dia tidak menerima syariโat baru. Selain itu, nabi hanya berasal dari bangsa manusia, sedangkan rasul ada yang berasal dari bangsa malaikat, seperti Jibril. Allah berfirman: ุงููู ูุตุทูู ู ู ุงูู ูุงุฆูุฉ ุฑุณูุง ูู ู ุงููุงุณ (ุณูุฑุฉ ุงูุญุฌ : 75) Maknanya: โAllah memilih utusan-utusan-Nya dari kalangan malaikat dan dari kalangan manusiaโ (Q.S. Al-Hajj : 75) 16. Ada 124.000 nabi. Berdasarkan hadits riwayat Ibnu Hibban dari Abu Dzarr. 17. Ada 313 rasul. Berdasarkan hadits riwayat Ibnu Hibban dari Abu Dzarr. 18. Maksud hadits tersebut adalah bahwa seluruh nabi itu berada dalam agama yang sama, yaitu Islam. Dalam hadits tersebut disebutkan bahwa para nabi itu ibarat saudara seayah, agama yang diibaratkan sebagai ayah mereka sama, yaitu Islam. Yang membedakan adalah ibu mereka, yang dalam hadits lain disebutkan dengan kalimat โsyariโat mereka berbedaโ (ุดุฑุงุฆุนูู ู ุฎุชููุฉ). 19. Surat ali imran ayat 67: ู ุง ูุงู ุฅุจุฑุงููู ูููุฏูุง ููุง ูุตุฑุงููุง ูููู ูุงู ุญูููุง ู ุณูู ุง ูู ุง ูุงู ู ู ุงูู ุดุฑููู Maknanya: โNabi Ibrahim bukanlah seorang Yahudi maupun Nashrani, melainkan dia adalah orang yang berpaling dari seluruh agama yang salah dan dia memeluk agama Islam dan dia bukanlah seorang musyrikโ. 20. ููููุตููู ุจูููุง ุฅูุจูุฑูุงูููู ู ุจูููููู ููููุนููููุจู ููุง ุจูููููู ุฅูููู ุงูููููู ุงุตูุทูููู ููููู ู ุงูุฏููููู ููููุง ุชูู ููุชูููู ุฅููููุง ููุฃูููุชูู ู ู ูุณูููู ูููู Maknanya: โNabi Ibrahim dan nabi Yaโqub berwasiat kepada putra-putra mereka untuk memeluk agama (millah) tersebut, โwahai anak-anakku, sesungguhnya Allah telah memilihkan kalian agama (yaitu agama Islam), oleh karenanya janganlah sekali-kali kalian meninggal kecuali kalian memeluk agama Islamโโ (Q.S. Al-Baqarah : 132) 21. Surat Ali Imran ayat 52: ููููู ููุง ุฃูุญูุณูู ุนููุณูู ู ูููููู ู ุงููููููุฑู ููุงูู ู ููู ุฃูููุตูุงุฑูู ุฅูููู ุงูููููู ููุงูู ุงููุญูููุงุฑููููููู ููุญููู ุฃูููุตูุงุฑู ุงูููููู ุขูู ููููุง ุจูุงูููููู ููุงุดูููุฏู ุจูุฃููููุง ู ูุณูููู ูููู Maknanya: โMaka ketika Isa mengetahui kekufuran di antara mereka, ia berkata, โsiapakah yang mau menolongku menegakkan agama Allah?โ. Al-Hawariyyun (julukan bagi pengikut nabi Isa), โkami adalah penegak agama Allah. Kami beriman kepada Allah, dan bersaksilah bahwa kami adalah pemeluk agama Islamโโ 22. Zabur untuk nabi Dawud, Taurat untuk nabi Musa, Injil untuk nabi Isa dan Al-Qurโan untuk nabi Muhammad. 23. Keseluruhan jumlah kitab suci yang diturunkan Allah adalah 104 buah; 50 kitab untuk nabi Syits, 30 kitab untuk nabi Idris, 10 kitab untuk nabi Ibrahim, 10 kitab untuk nabi Musa sebelum Taurat, Taurat, Zabur, Injil dan Al-Qurโan 24. Zaman fatroh adalah zaman kekosongan, yakni zaman yang tidak ada dakwah dari nabi yang diutus Allah dan tidak ada seorangpun yang beriman. Zaman fatrah terjadi dua kali, yaitu sepeninggal nabi Idris sebelum diutusnya nabi Nuh dan sepeninggal nabi Isa sebelum diutusnya nabi Muhammad. 25. Nabi Muhammad dilahirkan pada tanggal 12 Rabiโul Awwal. 26. Muhammad ibn Abdullah ibn Abdul Muththalib ibn Hasyim ibn Abdi Manaf. 27. Kufur/riddah terdapat tiga macam, kufur keyakinan/iโtiqady, kufur ucapan/qauly dan kufur fiโly. 28. Firman Allah: ุฅููููู ูุง ุงููู ูุคูู ูููููู ุงูููุฐูููู ุขูู ููููุง ุจูุงูููููู ููุฑูุณูููููู ุซูู ูู ููู ู ููุฑูุชูุงุจููุง Maknanya: โSesungguhnya orang-orang yang beriman hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya kemudian mereka tidak ragu-ragu....โ (Q.S. Al-Hujurat : 15) 29. Firman Allah: ููููุฆููู ุณูุฃูููุชูููู ู ูููููููููููู ุฅููููู ูุง ูููููุง ููุฎููุถู ููููููุนูุจู ูููู ุฃูุจูุงูููููู ููุขูููุงุชููู ููุฑูุณูููููู ููููุชูู ู ุชูุณูุชูููุฒูุฆูููู (65) ููุง ุชูุนูุชูุฐูุฑููุง ููุฏู ููููุฑูุชูู ู ุจูุนูุฏู ุฅููู ูุงููููู ู .....(66) Maknanya: โDan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang ucapan mereka yang melecehkanmu dan melecehkan Al-Qurโan) tentulah mereka akan menjawab sesungguhnya kami hanyalah bersendagurau dan bermain-main saja. Katakanlah apakah terhadap Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kalian berolok-olok?, tidak usah kamu meminta maaf, karena kamu telah kafir sesudah beriman....โ (Q.S. At-Taubah : 65-66) Firman Allah: ููุญูููููููู ุจูุงูููููู ู ูุง ููุงูููุง ููููููุฏู ููุงูููุง ููููู ูุฉู ุงููููููุฑู ููููููุฑููุง ุจูุนูุฏู ุฅูุณูููุงู ูููู ู Maknanya: โMereka (orang-orang munafik) bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa mereka tidak mengatakan (sesuatu yang menyakitimu). Sesungguhnya mereka telah mengucapkan perkataan kufur dan mereka menjadi kafir sesudah sebelumnya mereka muslim.....โ (Q.S. At-Taubah : 74) 30. Firman Allah: ููุง ุชูุณูุฌูุฏููุง ูููุดููู ูุณู ููููุง ููููููู ูุฑู Maknanya: โJanganlah kalian bersujud kepada matahari dan janganlah (pula) kepada bulanโ (Q.S. Fushilat : 74) 31. Pada masa ini telah banyak sikap ceroboh (sembrono) dalam berbicara, hingga sebagian orang mengucapkan kata-kata yang mengeluarkan mereka dari Islam, sedang mereka tidak menganggap bahwa hal tersebut adalah perbuatan dosa, terlebih melihatnya sebagai kekufuran. Hal itu sesuai dengan sabda Rasul: " ุฅูููู ุงูุนูุจูุฏู ููููุชููููููู ู ุจุงูููู ุฉู ูุง ููุฑู ุจูุง ุจูุฃูุณูุง ูููููููู ุจูุง ูู ุงููููุงุฑู ุณูุจูุนููููู ุฎูุฑูููููุง" (ุฑูุงู ุงูุชุฑู ุฐูู) Maknanya: "Sungguh seorang hamba jika mengucapkan perkataan (yang melecehkan atau menghina Allah atau syariโat-Nya) yang tidak dianggapnya bahaya, padahal perkataan itulah yang menjerumuskannya ke (dasar) neraka (yang jarak tempuhnya) 70 tahun (dan tidak akan dihuni kecuali oleh orang-orang kafir)" Artinya jarak tempuhnya dari atas ke bawah adalah 70 tahun dan itulah dasar neraka jahanam; tempat yang hanya dihuni oleh orang-orang kafir. Hadits ini diriwayatkan oleh at Tirmidzi dan dishahihkannya. Semakna dengan hadits ini sebuah hadits yang diriwayatkan oleh al Bukhari dan Muslim. Hadits ini merupakan dalil bahwa ketika seseorang telah nyata jatuh dalam kekufuran tidak disyaratkan ia harus mengetahui hukumnya (bahwa hal tersebut menyebabkannya jatuh dalam kekufuran), dan tidak harus (dengan) lapang dada ketika mengatakannya, juga tidak harus dengan niat sengaja keluar dari Islam. 32. Contoh kufur keyakinan adalah ragu akan keberadaan Allah, ragu akan sifat-sifat Allah, meyakini bahwa Allah serupa dengan makhluk, duduk di atas โarsy, meyakini adanya nabi setelah nabi Muhammad, dan lain-lain. 33. Contoh kufur ucapan adalah seperti mencaci Allah, mencaci nabi, malaikat atau Islam, meremehkan janji dan ancaman Allah, menentang Allah, menghalalkan perkara-perkara yang jelas-jelas halal, menghalalkan perkara-perkara yang jelas-jelas haram, dan lain-lain. 34. Contoh kufur perbuatan adalah sujud kepada berhala, melempar mushhaf atau lembaran-lembaran yang bertuliskan ayat Al-Qurโan atau nama-nama yang diagungkan ke tempat sampah atau menginjaknya dengan sengaja dan lain-lain. 35. Sesungguhnya setiap keyakinan, perbuatan atau ucapan yang menunjukkan penghinaan terhadap Allah, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, para malaikat-Nya, syi'ar-syi'ar-Nya, ajaran-ajaran agama-Nya, hukum-hukum-Nya, janji-Nya atau ancaman-Nya adalah kekufuran. 36. Cara kembali dari kekufuran kepada keislaman adalah dengan cara segera meninggalkan kekufuran tersebut dan segera masuk Islam dengan mengucapkan dua kalimat Syahadat. bukan dengan mengucapkan istighfar terlebih dahulu. Barangsiapa yang beristighfar sebelum mengucapkan syahadat, meka istighfarnya tidak bermanfaat baginya. โ AMALIYAH AHLUSSUNNAH WAL JAMAโAH 1. Bidโah adalah melakukan perkara baru yang belum pernah dilakukan semasa hidup Rasulullah. Atau dengan redaksi lain, perkara baru yang tidak terdapat secara eksplisit (tertulis) dalam Al-Qurโan maupun hadits. ุงูุจุฏุนุฉ ูู ุฅุญุฏุงุซ ู ุง ูู ููู ูู ุนูุฏ ุฑุณูู ุงููู ุงูู ุญุฏุซ ุงูุฐู ูู ููุต ุนููู ุงููุฑุฃู ููุง ุฌุงุก ูู ุงูุณูุฉ 2. Terdapat dua macam bidโah, bidโah hasanah dan bidโah sayyiโah/dlalalah. 3. Bidโah hasanah adalah perkara baru yang sesuai dan sejalan dengan Al-Qurโan dan sunnah. 4. Bidโah sayyiโah adalah perkara baru yang menyalahi dan bertentangan dengan Al-Qurโan dan sunnah. 5. Firman Allah: ููุฌูุนูููููุง ููู ูููููุจู ุงูููุฐูููู ุงุชููุจูุนูููู ุฑูุฃูููุฉู ููุฑูุญูู ูุฉู ููุฑูููุจูุงูููููุฉู ุงุจูุชูุฏูุนููููุง ู ูุง ููุชูุจูููุงููุง ุนูููููููู ู ุฅููููุง ุงุจูุชูุบูุงุกู ุฑูุถูููุงูู ุงูููููู Maknanya: โDan kami jadikan dalam hati orang-orang yang mengikutinya (Nabi Isa) rasa santun dan kasih sayang dan mereka mengada-adakan rahbaniyyah, padahal kami tidak mewajibkannya kepada mereka tetapi (mereka sendiri yang mengada-adakannya) untuk mencari keridlaan Allahโ (Q.S. Al-Hadid : 27) Hadits Rasul: ู ููู ุณูููู ููู ุงููุฅูุณููุงูู ู ุณููููุฉู ุญูุณูููุฉู ูููููู ุฃูุฌูุฑูููุง ููุฃูุฌูุฑู ู ููู ุนูู ููู ุจูููุง ุจูุนูุฏููู ู ููู ุบูููุฑู ุฃููู ููููููุตู ู ููู ุฃูุฌูููุฑูููู ู ุดูููุกู (ุฑูุงู ู ุณูู ) Maknanya: โBarangsiapa merintis (memulai) dalam Islam sunnah (perbuatan) yang baik maaka baginya pahala dari perbuatan tersebut, juga pahala dari orang yang melakukannya (mengikutinya) setelahnya tanpa berkurang sedikitpun pahala merekaโ. (H.R. Muslim) Hadits Rasul: ู ููู ุฃูุญูุฏูุซู ููู ุฃูู ูุฑูููุง ููุฐูุง ู ูุง ููููุณู ู ููููู ูููููู ุฑูุฏูู (ุฑูุงู ุงูุจุฎุงุฑู ูู ุณูู ) Maknanya: โBarangsiapa yang merintis sesuatu yang baharu dalam syariโat ini yang tidak sesuai dengannya, maka ia tertolak.โ (H.R. Bukhari dan Muslim) 6. ู ููู ุฃูุญูุฏูุซู ููู ุฃูู ูุฑูููุง ููุฐูุง ู ูุง ููููุณู ู ููููู ูููููู ุฑูุฏูู (ุฑูุงู ุงูุจุฎุงุฑู ูู ุณูู ) Maknanya: โBarangsiapa yang merintis sesuatu yang baharu dalam syariโat ini yang tidak sesuai dengannya, maka ia tertolak.โ (H.R. Bukhari dan Muslim) Dalam hadits ini, kata (ุฃู ุฑ) tidak bermakna perintah, melainkan agama (ุงูุฏูู) atau syariโat (ุงูุดุฑูุนุฉ). Jadi dipahami dari sabda Rasulullah : (ู ูุง ููููุณู ู ููููู) โyang tidak sesuai dengannyaโ, bahwa perkara baru yang ditolak tiada lain adalah yang bertentangan dan menyalahi syariโat, dan bahwa perkara baru yang tidak menyalahi syariโat tidak ditolak. Jelas hadits ini menunjukkan adanya bidโah hasanah. Karena seandainya semua bidโah sesat tanpa terkecuali, niscaya Rasulullah shallallahu โalayhi wasallama akan mengatakan : ู ููู ุฃูุญูุฏูุซู ููู ุฃูู ูุฑูููุง ููุฐูุง ุดูููุฆูุง ูููููู ุฑูุฏูู Barangsiapa merintis hal baru dalam agama kita apapun itu, maka pasti ditolak. Namun ternyata dalam hadits tersebut Rasulullah memberikan batasan dalam kata (ู ูุง ููููุณู ู ููููู) โyang tidak sesuai dengan syariโatโ. 7. Kalimat ูู ุจุฏุนุฉ ุถูุงูุฉ dalam hadits tersebut bemakna ghalib jadi maknanya adalah kebanyakan/sebagian besar bidโah adalah sesat. Dan hadits tersebut masih bermakna โamm, dan ditakhshish dengan hadits yang menjelaskan adanya bidโah hasanah. 8. Shalat tarawih berjamaโah, adzan dua kali dalam shalat jumโah, berdzikir memakai tasbih, pengharakatan dan pemberian titik Al-Qurโan, maulid, dan lain sebagainya. 9. Termasuk bidโah sayyiโah, dan hukumnya adalah makruh. Hal ini dituturkan oleh para ulamaโ hadits dalam kitab-kitab mushtholah hadits. 10. ูุนู ุช ุงูุจุฏุนุฉ ูุฐู (ini adalah bidโah yang baik) 11. Raja Irbil yang bernama Mudhaffar Al-Kaukabri pada awal abad ke-7 H. 12. Hal-hal yang ditinggalkan oleh Nabi tidak berarti Nabi melarangnya. Sebuah kaidah berbunyi: ุชุฑู ุงูุดูุก ูุง ูุฏู ุนูู ู ูุนู Maknanya: โ(Ketika Nabi atau para ulamaโ salaf) Tidak melakukan sesuatu, tidak menunjukkan bahwa sesuatu tersebut dilarangโ. 13. ููู ูุง ุขูุชูุงููู ู ุงูุฑููุณูููู ููุฎูุฐูููู ููู ูุง ููููุงููู ู ุนููููู ููุงููุชููููุง Maknanya: โApa yang dibawa Rasulullah kepada kalian maka terimalah dan apa yang dilarangnya bagi kalian maka tinggalkanlahโ (Q.S. Al-Hasyr : 7) Allah tidak menyatakan: ููู ูุง ุขูุชูุงููู ู ุงูุฑููุณูููู ููุฎูุฐูููู ููู ูุง ุชููุฑููููู ููุงููุชููููุง ุนููููู โApa yang dibawa Rasulullah kepada kalian maka terimalah dan apa yang ditinggalkannya maka tinggalkanlahโ 14. ุจุงูู ุตุทูู 15. ุงุฐูููุจููุง ุจูููู ููุตูู ููุฐูุง ููุฃูููููููู ุนูููู ููุฌููู ุฃูุจูู ููุฃูุชู ุจูุตููุฑูุง Maknanya: โPergilah kamu dengan membawa gamisku ini, lalu letakkanlah ke wajah ayahku nanti ia akan dapat melihat kembaliโ. (Q.S. Yusuf : 93) โ GOLONGAN DI LUAR AHLUSSUNNAH WAL JAMAโAH 1. ููููุชูู ู ุฎูููุฑู ุฃูู ููุฉู ุฃูุฎูุฑูุฌูุชู ููููููุงุณู ุชูุฃูู ูุฑูููู ุจูุงููู ูุนูุฑูููู ููุชููููููููู ุนููู ุงููู ูููููุฑู Maknanya: โKalian adalah sebaik-baik ummat yang dikeluarkan untuk manusia, menyeru kepada Al-Maโruf (hal-hal yang diperintahkan Allah) dan mencegah dari Al-Munkar (hal-hal yang dilarang Allah)โ. (Q.S. Ali Imran : 110) 2. ู ู ุฑุฃู ู ููู ู ููุฑุง ูููุบุฑู ุจูุฏู ุ ูุฅู ูู ูุณุชุทุน ูุจูุณุงูู ุ ูุฅู ูู ูุณุชุทุน ูุจููุจู ูุฐูู ุฃุถุนู ุงูุฅูู ุงู Maknanya: โBarangsiapa di antara kalian mengetahuisuatu perkara munkar, hendaklah ia merubahnya dengan tangannya, hendaklah ia merubahnya dengan lisannya, jika ia tidak mampu, hendaklah ia mengingkari dengan hatinya. Dan hal itu (yang disebut terakhir) paling sedikit buah dan hasilnya; dan merupakan hal yang diwajibkan atas seseorang ketika ia tidak mampu mengingkari dengan tangan dan lidahnyaโ. (H.R. Muslim) 3. Maknanya: โsampai kapan kalian enggan menyebutkan penyimpangan orang yang menyimpang, sebutkanlah orang yang menyimpang tersebut beserta penyimpangannya agar dijauhi masyarakat dan diwaspadai bahayanyaโ. 4. Muhammad ibn Abdul Wahhab an-Najdi (w. 1209 H) 5. Tasybih adalah keyakinan yang menyerupakan Allah dengan makhluk-Nya. Sedangkan Tajsim yaitu keyakinan yang mengajarkan bahwa Allah mempunyai anggota badan. 6. Firman Allah: ููุณ ูู ุซูู ุดูุก (Allah tidak serupa dengan sesuatu apapun) Firman Allah: ููู ููู ูู ูููุง ุฃุญุฏ (dan tidak ada satupun serupa/sekutu bagi Allah) Firman Allah: ููุง ุชุถุฑุจูุง ููู ุงูุฃู ุซุงู (janganlah kalian menyerupakan Allah dengan makhluk) Firman Allah: ูู ุชุนูู ูู ุณู ูุง (kamu tidak akan mendapati serupapun terhadap Allah) Firman Allah: ูููู ุงูู ุซู ุงูุฃุนูู (Allah mempunyai sifat-sifat yang agung yang tidak serupa dengan sifat makhluk) 7. Ibn Taimiyah al-Harrani 8. Tauhid Rububiyah, Tauhid Uluhiyah dan Tauhid Al-Asmaโ Wa Al-Shifat. 9. Tauhid menurut ahlussunnah wal jamaโah sebagaimana yang dijelaskan oleh imam Al-Junaid al-Baghdadi adalah: ุฅูุฑุงุฏ ุงููุฏูู ู ู ุงูู ุญุฏุซ โtauhid adalah mensucikan (Allah) yang tidak mempunyai permulaan dari menyerupai makhluk-Nyaโ 10. Taqiyyuddin An-Nabhani (w. 1400 H) 11. Hizbut Tahrir mempunyai keyakinan bahwa perbuatan manusia merupakan kehendak dan ciptaan manusia sendiri, bukan ciptaan Allah, tidak ada kaitannya dengan Qadlaโ dan Qadar. Taqiyyuddin An-Nabhani menyatakan dalam bukunya Asy-Syakhshiyah Al-Islamiyah juz I bagian pertama halaman 71-72 sebagai berikut: โSegala perbuatan manusia tidak terkait dengan Qadlaโ Allah. Karena perbuatan tersebut ia lakukan atas inisiatif manusia itu sendiri dan dari ikhtiarnya. Maka semua perbuatan yang mengandung unsur kesengajaan dan kehendak manusia tidak masuk dalam Qadla`โ 12. Ahlussunnah meyakini bahwa Allah adalah pencipta seluruh makhluk beserta segala perbuatan makhluk tersebut, baik perbuatan itu amal kebaikan maupun keburukan. Dan ahlussunnah juga meyakini bahwa manusia mempunyai kehendak untuk berbuat yang biasa dikenal dengan ikhtiar atau kasb. Kasb adalah apabila seorang hamba mengarahkan niat dan kehendaknya untuk melakukan suatu perbuatan dan pada saat itulah Allah menciptakan dan menampakkan perbuatan tersebut. 13. Firman Allah: ุฅูุง ูู ุดูุก ุฎูููุงู ุจูุฏุฑ . maknanya : โSesungguhnya Kami (Allah) menciptakan segala sesuatu menurut ketentuan-Kuโ. (Q.S. Al-Qamar : 49) Firman Allah: ูุฎูู ูู ุดูุก ููููุฏููุฑููู ุชูููุฏููุฑุงู . maknanya : โDan Allah menciptakan segala sesuatu dan sungguh dia telah menentukannyaโ (Q.S. Al-Furqan : 25) Firman Allah: ูู ู ู ุฎุงูู ุบูุฑ ุงููู . maknanya : โTidak ada pencipta selain Allahโ (Q.S. Fathir : 3) Firman Allah: ูู ุงููู ุฎุงูู ูู ุดูุก . maknanya : โKatakanlah, Allah adalah pencipta selain Allahโ (Q.S. Al-Raโd : 16) 14. Rasulullah bersabda: ุฅู ุงููู ุตุงูุน ูู ุตุงูุน ูุตูุนุชู (ุฑูุงู ุงูุญุงูู ูุงูุจูููู). Maknanya: โAllah pencipta setiap pelaku perbuatan beserta perbuatannyaโ (H.R. Al-Hakim dan Al-Bayhaqi) 15. Fiman Allah: ููููุง ู ูุง ููุณูุจูุชู ููุนูููููููุง ู ูุง ุงููุชูุณูุจูุชู. Maknanya: โBagi setiap jiwa (balasan baik dari) kebaikan yang ia lakukan dengan kasabnya dan atas setiap jiwa (balasan buruk atas) keburukan yang ia lakukanโ (Q.S. Al-Baqarah : 286) 16. Pendiri Hizbul Ikhwan/Ikhwanul Muslimin 17. Golongan Khawarij adalah golongan yang mengkafirkan setiap pelaku dosa. Ajaran mereka ini dilanjutkan oleh Hizbul Ikhwan dengan mengkafirkan setiap orang Islam yang tunduk pada pemerintahan yang tidak memberlakukan hukum Islam secara keseluruhan. Menurut mereka ini adalah pengamalan terhadap ayat ููู ููู ููู ู ููุญูููู ู ุจูู ูุง ุฃูููุฒููู ุงูููููู ููุฃููููุฆููู ููู ู ุงููููุงููุฑูููู. 18. Tafsir Fii Dzilaal Al-Qurโan 19. ููู ููู ููู ู ููุญูููู ู ุจูู ูุง ุฃูููุฒููู ุงูููููู ููุฃููููุฆููู ููู ู ุงููููุงููุฑูููู (Q.S. Al-Maidah : 44). Maknanya: โBarangsiapa yang tidak menjalan hukum yang diturunkan Allah, maka mereka adalah orang-orang pelaku dosa besarโ 20. Makna kata ุงููุงูุฑูู dalam ayat tersebut bukanlah kekufuran yang mengeluarkan seseorang dari agama Islam, melainkan kekufuran di bawah kekufuran, yakni dosa besar. Seperti halnya riyaโ yang disebut dengan Syirik Ashghar yang berarti kesyirikan kecil yang tidak mengeluarkan seseorang dari agama Islam. Penafsiran ini dijelaskan oleh oleh sang shahabat tarjuman Al-Qurโan, Ibn Abbas sebagaimana yang diriwayatkan oleh Al-Hakim dalam kitab Al-Mustadrak, Ibn Abbas berkata: ุฅูู ููุณ ุจุงูููุฑ ุงูุฐู ูุฐูุจูู ุฅููู ุ ุฅูู ููุณ ุจุงูููุฑ ุงูุฐู ูููู ุนู ุงูู ูุฉ [ูู ู ูู ูุญูู ุจู ุง ุฃูุฒู ุงููู ูุงุคูุฆู ูู ุงููุงูุฑูู] ููุฑ ุฏูู ููุฑ Maknanya: โSesungguhnya maknanya bukanlah kekufuran sebagaimana yang dianggap oleh kaum khawarij. Sesungguhnya maknanya bukanlah kekufuran yang mengeluarkan seseorang dari Islam. Makna ayat [ูู ู ูู ูุญูู ุจู ุง ุฃูุฒู ุงููู ูุงุคูุฆู ูู ุงููุงูุฑูู] adalah kekufuran di bawah kekufuranโ. Dan menurut shahabat Al-Barraโ ibn Azib, ayat tersebut turun pada kaum Yahudi. Sehingga tidak dapat diberlakukan terhadap ummat Muslim. 21. โkami (Ulama Ahlussunnah wal Jamaโah) tidak mengkafirkan seorang Muslim sebab melakukan sebuah dosa selama ia tidak menghalalkan perbuatan dosa tersebutโ. 22. Sifat Kalam Allah tidak berupa suara, bahasa dan huruf. Sifat Kalam Allah tidak bermula, dan tidak berakhir (berhenti). Sifat Kalam Allah tidak membutuhkan alat-alat berbicara. 23. Mushhaf al-Qurโan yang saat ini kita baca berupa tulisan, bahasa, suara dan huruf. Al-Qurโan yang seperti ini adalah Kalam Allah yang merupakan ungkapan dari Sifat Kalam Allah yang Azali yang tidak berupa suara, bahasa dan huruf. (ุนุจุงุฑุฉ ุนู ููุงู ุงููู ุงูุฐุงุชู ุงูุฃุฒูู). Sebagai pendekatan, api merupakan benda panas yang jelas bukan berupa suara, bahasa dan huruf. Ketika kita menuliskan kata โAPIโ, maka tulisan yang berupa bahasa dan huruf ini juga disebut dengan โAPIโ dalam artian ungkapan atas api yang sesungguhnya, api yang panas yang tidak berupa suara, bahasa dan huruf. 24. Hulul adalah paham yang meyakini bahwa Allah akan menyatu/menempati seorang hamba ketika hamba tersebut mencapai tingkatan tertentu dalam kesufian. Sedangkan Wahdatul Wujud adalah paham yang meyakini bahwa Allah menyatu dengan Alam, Allah adalah alam dan alam adalah Allah. 25. ุฅูููู ุงูููู ูุงู ููุญูููู ููู ุดูููุกู โsesungguhnya Allah tidak bertempat pada suatu bendaโ, ini merupakan bantahan terhadap musyabbihah yang meyakini bahwa Allah berada di suatu tempat. ูููุงู ููููุญูููู ู ููููู ุดูููุกู โdan tidak ada sesuatu yang terpisah dari Dzat Allahโ, merupakan bantahan terhadap kaum filsuf yang meyakini bahwa Allah adalah bahan dari makhluk, dan bantahan terhadap Wahdatul Wujud. ูููุงู ููุญูููู ูููููู ุดูููุกู โdan Allah tidak ditempati sesuatuโ, bantahan terhadap Hulul. ููููุณู ููู ูุซููููู ุดูููุกู โAllah tidak serupa dengan segala sesuatu, baik dari satu segi maupun banyak segiโ. 26. Ahmadiyah 27. Firman Allah: ู ูุง ููุงูู ู ูุญูู ููุฏู ุฃูุจูุง ุฃูุญูุฏู ู ููู ุฑูุฌูุงููููู ู ูููููููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ููุฎูุงุชูู ู ุงููููุจููููููู โMuhammad bukanlah ayah salah seorang di antara kalian, melainkan dia adalah utusan Allah dan penutup para Nabiโ. (Q.S. Al-Ahzab : 40) Hadits Rasul: ุฎุชู ุจู ุงููุจููู ุ ุฎุชู ุจู ุงูุฃูุจูุงุก ุ ุฎุชู ุจู ุงููุจูุฉ ุ ุฎุชู ุจู ุงูุฑุณู โ KE-NU-AN 1. Sikap tasamuh hanya boleh dilakukan terhadap pada permasalahan-permasalahan yang memang terdapat perbedaan pendapat di antara para ulama dalam menentukan hukumnya, seperti dalam hal fiqh, muโamalah dan lainnya. Sedangkan dalam hal ushul atau hal yang sudah menjadi ijmaโ ulamaโ, tidak boleh menggunakan sikap tasamuh, melainkan harus dilakukan amar maโruf nahi munkar. Hal ini mengikuti kaidah: ูุง ูููุฑ ุงูู ุฎุชูู ููู ูุฅูู ุง ูููุฑ ุงูู ุฌู ุน ุนููู "Hal yang diperselisihkan oleh para ulama, tidak diingkari orang yang mengikuti pendapat salah seorang dari mereka, sedangkan dalam hal yang disepakati sebagai perkara haram mesti dingkari". 2. Imam ahlussunnah dalam hal aqidah adalah imam Abu al-Hasan al-Asyโari dan imam Abu Manshur al-Maturidi 3. Madzhab ahlussunnah dalam bidang fiqh adalah madzhab Maliki yang didirikan oleh imam Malik ibn Anas, madzhab Hanafi yang dipimpin oleh imam Abu Hanifah, madzhab Syafiโi yang diajarkan oleh imam Muhammad ibn Idris Asy-Syafiโi, dan madzhab Hanbali yang dipelopori oleh imam Ahmad ibn Hanbal, serta ulamaโ-ulamaโ lain di luar 4 madzhab tersebut yang mempunyai kompetensi dalam berijtihad. 4. Pemimpin ahlussunnah dalam bidang tasawwuf adalah imam Al-Junaid Al-Baghdadi dan imam al-Ghazali.
Beranda
/ SOAL CERDAS CERMAT OLIMPIADE ASWAJA
Dokumen Terkait
- PERINGATAN MAULID NABI (Lengkap Dengan Bantahan Terhadap Kaum Wahabi Yang Mengharamkannya)
- SIAPAKAH SEBENARNYA ASY'ARIYYAH ?
- Para imam Madzhab juga belajar TASAWWUF
- Sanad masyayikh KH.M.Nur Fuadi al-Machfudh
- KESESATAN JARINGAN ISLAM LIBERAL
- dalil adanya bid'ah hasanah
- Dalil Tadarrus al-Qur'an bulan Romadlon
Prev
Posting Lebih BaruNext
Posting LamaJual beli online dan menyusui anak orang kafir
*SOAL* Bahsulmasail# 1_ *bagaimana hukum orang jual beli online, kalo di bolehkan bagaimana cara akadnya apakah sah hanya melewati telpon sa...
1 Komentar untuk "SOAL CERDAS CERMAT OLIMPIADE ASWAJA"
orak dolorrrrrrr..........