Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna ๐Ÿ‘‰ Download!

CARA SHOLAT HABIS OPERASI

Bagaimana cara sholat orang yang habis operasi?

Jawab :

 Shalat orang tersebut menurut Syafiโ€™iyyah tidak sah karena ia selalu membawa najis atau bersentuhan dengan najis pada dirinya kecuali bila mutanajis habis operasinya tersebut hanya sedikit maka shalatnya sah dan tidak perlu diulang.

( ูˆุซุงู†ูŠู‡ุง ) ุฃูŠ ุซุงู†ูŠ ุดุฑูˆุท ุงู„ุตู„ุงุฉ ( ุทู‡ุงุฑุฉ ุจุฏู† ) ูˆู…ู†ู‡ ุฏุงุฎู„ ุงู„ูู… ูˆุงู„ุฃู†ู ูˆุงู„ุนูŠู† ( ูˆู…ู„ุจูˆุณ ) ูˆุบูŠุฑู‡ ู…ู† ูƒู„ ู…ุญู…ูˆู„ ู„ู‡ ูˆุฅู† ู„ู… ูŠุชุญุฑูƒ ุจุญุฑูƒุชู‡ ( ูˆู…ูƒุงู† ) ูŠุตู„ู‰ ููŠู‡ ( ุนู† ู†ุฌุณ ) ุบูŠุฑ ู…ุนููˆ ุนู†ู‡ ูู„ุง ุชุตุญ ุงู„ุตู„ุงุฉ ู…ุนู‡ ูˆู„ูˆ ู†ุงุณูŠุง ุฃูˆ ุฌุงู‡ู„ุง ุจูˆุฌูˆุฏู‡ ุฃูˆ ุจูƒูˆู†ู‡ ู…ุจุทู„ุง ู„ู‚ูˆู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ { ูˆุซูŠุงุจูƒ ูุทู‡ุฑ } ูˆู„ุฎุจุฑ ุงู„ุดูŠุฎูŠู†

[ Fath al-Muโ€™iin I/80 ].

(ู…ุณุฃู„ุฉ : ูƒ) : ุงุจุชู„ูŠ ุจุฎุฑูˆุฌ ุฏู… ูƒุซูŠุฑ ู…ู† ู„ุซุชู‡ ุฃูˆ ุจุฌุฑูˆุญ ุณุงุฆู„ุฉ ุฃูˆ ุจูˆุงุณูŠุฑ ุฃูˆ ู†ุงุตูˆุฑ ูˆุงุณุชุบุฑู‚ ุฌู„ ุฃูˆู‚ุงุชู‡ ุŒ ู„ุฒู…ู‡ ุงู„ุชุญูุธ ูˆุงู„ุญุดูˆ ุจูˆุถุน ู†ุญูˆ ู‚ุทู†ุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุญู„ ุŒ ูุฅู† ู„ู… ูŠู†ุญุจุณ ุงู„ุฏู… ุจุฐู„ูƒ ู„ุฒู…ู‡ ุฑุจุทู‡ ุฅู† ู„ู… ูŠุคุฐู‡ ุงู†ุญุจุงุณ ุงู„ุฏู… ูˆู„ูˆ ุจู†ุญูˆ ุญุฑู‚ุงู† ูˆูƒุงู† ุญูƒู…ู‡ ุญูƒู… ุงู„ุณู„ุณ ุŒ ู„ูƒู† ู„ุง ูŠู„ุฒู…ู‡ ุงู„ูˆุถูˆุก ู„ูƒู„ ูุฑุถ

[ Bughyaah al-Mustarsyidiin I/180 ].

ูˆูŽูููŠ ุญูŽุฌู‘ : ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุบูŽุฑูŽุฒูŽ ุฅุจู’ุฑูŽุฉู‹ ู…ูŽุซูŽู„ู‹ุง ุจูุจูŽุฏูŽู†ูู‡ู ุฃูŽูˆู’ ุงู†ู’ุบูŽุฑูŽุฒูŽุชู’ ููŽุบูŽุงุจูŽุชู’ ุฃูŽูˆู’ ูˆูŽุตูŽู„ูŽุชู’ ู„ูุฏูŽู…ู ู‚ูŽู„ููŠู„ู ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุถูุฑู‘ูŽ ุฃูŽูˆู’ ู„ูุฏูŽู…ู ูƒูŽุซููŠุฑู ุฃูŽูˆู’ ู„ูุฌูŽูˆู’ูู ู„ูŽู…ู’ ุชูŽุตูุญู‘ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ู„ูุงุชู‘ูุตูŽุงู„ูู‡ูŽุง ุจูู†ูŽุฌูŽุณู ุง ู‡ู€ .

[ Hasyiyah al-Bujairomi alaa al-Khothiib IV/59 ].

ูˆูŽุนูุจูŽุงุฑูŽุฉู ุงู„ู’ุนูุจูŽุงุจู ูˆูŽุดูŽุฑู’ุญูู‡ู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุฃูŽู†ู’ ุฐูŽูƒูŽุฑูŽ ู…ูŽุง ุฐูŽูƒูŽุฑูŽู‡ู ุงู„ู’ู…ูŽุชู’ู†ู ุจูู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ููŽูŠูŽุฌูุจู ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุบู’ุชูŽุณูู„ูŽ ู…ูุณู’ุชูŽุญูŽุงุถูŽุฉูŒ ุฅู„ูŽุฎู’ ู†ูŽุตู‘ูู‡ูŽุง ุŒ ูˆูŽุงู„ุณู‘ูŽู„ูŽุณู ุจูŽูˆู’ู„ู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ุบูŽูŠู’ุฑูŽู‡ู ูƒูŽุงู„ู’ู…ูŽุฐู’ูŠู ูˆูŽุงู„ู’ูˆูŽุฏู’ูŠู ูˆูŽุงู„ุฑู‘ููŠุญู ูƒูŽุงู„ูุงุณู’ุชูุญูŽุงุถูŽุฉู ูููŠ ุฌูŽู…ููŠุนู ู…ูŽุง ู…ูŽุฑู‘ูŽ ูˆูŽู…ูู†ู’ู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุญู’ุดููˆูŽ ุฐูŽูƒูŽุฑูŽู‡ู ุจูู‚ูุทู’ู†ูŽุฉู ุŒ ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู†ู’ู‚ูŽุทูุนู’ ุนูŽุตูŽุจูŽู‡ู ุจูุฎูุฑู’ู‚ูŽุฉู ูˆูŽุฃูŽุฌู’ุฑูŽู‰ ุงู„ู’ุฌูŽู„ูŽุงู„ู ุงู„ู’ุจูู„ู’ู‚ููŠู†ููŠู‘ู ู†ูŽุธููŠุฑูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ูููŠ ุณูŽู„ูŽุณู ุงู„ุฑู‘ููŠุญู ุŒ ููŽุฅูู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูŽู†ููŠู‘ู‹ุง ูˆูŽู‚ูŽู„ู‘ูŽ ู…ูŽุง ูŠูŽุนููŠุดู ุตูŽุงุญูุจูู‡ู ููŽุงุญู’ุชููŠูŽุงุทูู‡ู ุจูุงู„ู’ุบูุณู’ู„ู ู…ูŽุนูŽ ู…ูŽุง ู…ูŽุฑู‘ูŽ ู„ููƒูู„ู‘ู ููŽุฑู’ุถู ูˆูŽุฐููˆ ุงู„ู’ุฌูุฑู’ุญู ูˆูŽุงู„ุฏู‘ูู…ู‘ูŽู„ู ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุงุณููˆุฑู ูˆูŽุงู„ุฑู‘ูุนูŽุงูู ุงู„ุณู‘ูŽูŠูŽุงู„ูŽุฉู ูƒูŽุงู„ู’ู…ูุณู’ุชูŽุญูŽุงุถูŽุฉู ูููŠ ูˆูุฌููˆุจู ุบูุณู’ู„ู ู†ูŽุญู’ูˆู ุงู„ุฏู‘ูŽู…ู ู„ููƒูู„ู‘ู ููŽุฑู’ุถู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽุฏู‘ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุญูŽู„ู‘ูู‡ู ูˆูŽู†ูŽุญู’ูˆูู‡ูู…ูŽุง ุŒ ุงู†ู’ุชูŽู‡ูŽุชู’ ( ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู : ุฃูŽูˆู’ ู…ูŽุฐู’ูŠู ) ูˆูŽูƒูŽุฐูŽุง ุฑููŠุญูŒ ูˆูŽุบูŽุงุฆูุทูŒ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽุฌููˆุฒู ู„ูู„ุดู‘ูŽุฎู’ุตู ุชูŽุนู’ู„ููŠู‚ู ู‚ูŽุงุฑููˆุฑูŽุฉู ู„ููŠูู‚ูŽุทู‘ูุฑูŽ ูููŠู‡ูŽุง ุจูŽูˆู’ู„ูŽู‡ู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ูููŠ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ุจูŽู„ู’ ุชูŽุจู’ุทูู„ู ุตูŽู„ูŽุงุชูู‡ู ุจููƒูŽูˆู’ู†ูู‡ู ุญูŽุงู…ูู„ู‹ุง ู†ูŽุฌูŽุงุณูŽุฉู‹ ุบูŽูŠู’ุฑูŽ ู…ูŽุนู’ูููˆู‘ู ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง ูููŠ ุบูŽูŠู’ุฑู ู…ูŽุนู’ุฏูู†ูู‡ูŽุง ู…ูู†ู’ ุบูŽูŠู’ุฑู ุถูŽุฑููˆุฑูŽุฉู ูˆูŽูŠูุนู’ููŽู‰ ุนูŽู†ู’ ู‚ูŽู„ููŠู„ู ุณูŽู„ูŽุณู ุงู„ู’ุจูŽูˆู’ู„ู ูููŠ ุงู„ุซู‘ูŽูˆู’ุจู ูˆูŽุงู„ู’ุนูุตูŽุงุจูŽุฉู ุจูุงู„ู†ู‘ูุณู’ุจูŽุฉู ู„ูุชูู„ู’ูƒูŽ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ุฎูŽุงุตู‘ูŽุฉู‹ ููŽู„ูŽูˆู’ ุงุณู’ุชูŽู…ู’ุณูŽูƒูŽ ุงู„ุณู‘ูŽู„ูŽุณู ุจูุงู„ู’ู‚ูุนููˆุฏู ุฏููˆู†ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ู ูˆูŽุฌูŽุจูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠูŽ ู‚ูŽุงุนูุฏู‹ุง ุงุญู’ุชููŠูŽุงุทู‹ุง ู„ูู„ุทู‘ูŽู‡ูŽุงุฑูŽุฉู ูˆูŽู„ูŽุง ุฅุนูŽุงุฏูŽุฉูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุŒ ููŽุฅูู†ู’ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ู‚ูŽุงุฆูู…ู‹ุง ู„ูŽู…ู’ ุชูŽุตูุญู‘ูŽ ุตูŽู„ูŽุงุชูู‡ู ู„ููˆูุฌููˆุฏู ุงู„ู†ู‘ูŽุฌูŽุงุณูŽุฉู ู…ูŽุนูŽ ุชูŽู…ูŽูƒู‘ูู†ูู‡ู ู…ูู†ู’ ุงุฌู’ุชูู†ูŽุงุจูู‡ูŽุง ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุฏูŽุงู…ูŽ ุฎูุฑููˆุฌู ู…ูŽู†ููŠู‘ูู‡ู ู„ูŽุฒูู…ูŽู‡ู ุงู„ู’ุบูุณู’ู„ู ู„ููƒูู„ู‘ู ููŽุฑู’ุถู ุง ู‡ู€ ุจูุฑู’ู…ูŽุงูˆููŠู‘ูŒ .

[ Hasyiyah al-Jamal II/384-385 ].

SOLUSI

Oleh karena setiap orang yang masih berakal dan baligh dalam kondisi apapun masih berkewajiban menjalankan shalat, maka shalat orang yang dalam kondisi seperti pertanyaan diatas diberikan beberapa solusi :

1.Orang tersebut menjalankan Shalat Li Hurmatil Wakti dan wajib mengulang shalatnya saat keadaannya sudah normal

2.Taqlid pada Imam Malik yang membolehkan shalat dalam kondisi pada pertanyaan diatas dan mengesahkan shalat meskipun dalam keadaan membawa najis. (artinya harus talfiq pada madzhab malikiyyah)

ูˆุญุงุตู„ ู…ุง ุฐูƒุฑู‡ ุงู„ุดูŠุฎ ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุฎุงุชู… ููŠ ุฑุณุงู„ุชู‡ ููŠ ุตู„ุงุฉ ุงู„ู…ุฑูŠุถ ุฃู† ู…ุฐู‡ุจ ุฃุจูŠ ุญู†ูŠูุฉ... ูˆุฃู…ุง ู…ุงู„ูƒ ูู…ู‚ุชุถู‰ ู…ุฐู‡ุจู‡ ูˆุฌูˆุจ ุงู„ุฅูŠู…ุงุก ุจุงู„ุทุฑู ุฃูˆ ุจุฅุฌุฑุงุก ุงู„ุฃุฑูƒุงู† ุนู„ู‰ ุงู„ู‚ู„ุจ ุŒ ูˆุงู„ู…ุนุชู…ุฏ ู…ู† ู…ุฐู‡ุจู‡ ุฃู† ุทู‡ุงุฑุฉ ุงู„ุฎุจุซ ู…ู† ุงู„ุซูˆุจ ูˆุงู„ุจุฏู† ูˆุงู„ู…ูƒุงู† ุณู†ุฉ ุŒ ููŠุนูŠุฏ ุงุณุชุญุจุงุจุงู‹ ู…ู† ุตู„ู‰ ุนุงู„ู…ุงู‹ ู‚ุงุฏุฑุงู‹ ุนู„ู‰ ุฅุฒุงู„ุชู‡ุง ุŒ ูˆู…ู‚ุงุจู„ุฉ ุงู„ูˆุฌูˆุจ ู…ุน ุงู„ุนู„ู… ูˆุงู„ู‚ุฏุฑุฉ ุŒ ูˆุฅู„ุง ูู…ุณุชุญุจ ู…ุง ุฏุงู… ุงู„ูˆู‚ุช ูู‚ุท ุŒ ูˆุฃู…ุง ุทู‡ุงุฑุฉ ุงู„ุญุฏุซ ูุฅู† ุนุฌุฒ ุนู† ุงุณุชุนู…ุงู„ ุงู„ู…ุงุก ู„ุฎูˆู ุญุฏูˆุซ ู…ุฑุถ ุฃูˆ ุฒูŠุงุฏุชู‡ ุฃูˆ ุชุฃุฎูŠุฑ ุจุฑุก ุฌุงุฒ ุงู„ุชูŠู…ู… ูˆู„ุง ู‚ุถุงุก ุนู„ูŠู‡ ุŒ ูˆูƒุฐุง ู„ูˆ ุนุฏู… ู…ู† ูŠู†ุงูˆู„ู‡ ุงู„ู…ุงุก ูˆู„ูˆ ุจุฃุฌุฑุฉ ุŒ ูˆุฅู† ุนุฌุฒ ุนู† ุงู„ู…ุงุก ูˆุงู„ุตุนูŠุฏ ู„ุนุฏู…ู‡ู…ุง ุฃูˆ ุนุฏู… ุงู„ู‚ุฏุฑุฉ ุนู„ู‰ ุงุณุชุนู…ุงู„ู‡ู…ุง ุจู†ูุณู‡ ูˆุบูŠุฑู‡ ุณู‚ุทุช ุนู†ู‡ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆู„ุง ู‚ุถุงุก ุงู‡ู€.

[ Bughyah al-Mustarsyidiin I/162 ].

TAMBAHAN :

Kelegalan talfiq dalam kondisi tertentu : Secara bahasa talfiq berarti melipat. Sedangkan yang dimaksud dengan talfiq secara syarโ€™i adalah mencampur-adukkan pendapat seorang ulama dengan pendapat ulama lain, sehingga tidak seorang pun dari mereka yang membenarkan perbuatan yang dilakukan tersebut. Muhammad Amin al-Kurdi mengatakan:
(ุงู„ุฎุงู…ุณ) ุนุฏู… ุงู„ุชู„ููŠู‚ ุจุฃู† ู„ุงูŠู„ูู‚ ููŠ ู‚ุถูŠุฉ ูˆุงุญุฏุฉ ุงุจุชุฏุงุก ูˆู„ุงุฏูˆุงู…ุงุจูŠู† ู‚ูˆู„ูŠู† ูŠุชูˆู„ุฏู…ู†ู‡ู…ุงุญู‚ูŠู‚ุฉ ู„ุงูŠู‚ูˆู„ ุจู‡ุงุตุงุญุจู‡ู…ุง (ุชู†ูˆูŠุฑุงู„ู‚ู„ูˆุจ , 397)

โ€œ(syarat kelima dari taqlid) adalah tidak talfiq, yaitu tidak mencampur antara dua pendapat dalam satu qadliyah (masalah), baik sejak awal, pertengahan dan seterusnya, yang nantinya, dari dua pendapat itu akan menimbulkan satu amaliyah yang tak pernah dikatakan oleh orang bberpendapat.โ€ (Tanwir al-Qulub, 397)Jelasnya, talfiq adalah melakukan suatu perbuatan atas dasar hukum yang merupakan gabungan dua madzhab atau lebih. Contohnya sebagai berikut :

a. Seseorang berwudlu menurut madzhab Syafiโ€™I dengan mengusap sebagian (kurang dari seperempat) kepala. Kemudian dia menyentuh kulit wanita ajnabiyyah (bukan mahram-nya), dan langsung shalat dengan mengikuti madzhab Hanafi yang mengatakan bahwa menyentuh wanita ajnabiyyah tidak membatalkan wudlu. Perbuatan ini disebut talfiq, karena menggabungkan pendapatnya Imam Syafiโ€™I dan Hanafi dalam masalah wudlu. Yang pada akhirnya, kedua Imam tersebut sama-sama tidak mengakui bahwa gabungan itu merupakan pendapatnya. Sebab, Imam Syafiโ€™I membatalkan wudlu seseorang yang menyentuh kulit lain jenis. Sementara Imam Hanafi tidak mengesahkan wudlu seseorang yang hanya mengusap sebgaian kepala.b. Seseorang berwudlu dengan mengusap sebagian kepala, atau tidak menggosok anggota wudlu karena ikut madzhab imam Syafiโ€™i. lalu dia menyentuh anjing, karena ikut madzhab Imam Malik yang mengatakan bahwa anjing adalah suci. Ketika dia shalat, maka kedua imam tersebut tentu sama-sama akan membatalkannya. Sebab, menurut Imam Malik wudlu itu harus dengan mengusap seluruh kepala dan juga dengan menggosok anggota wudlu. Wudlu ala Imam Syafiโ€™I, menurut Imam Malik adalah tidak sah. Demikian juga anjing menurut Imam Syafiโ€™i termasuk najis mughallazhah (najis yang berat). Maka ketika menyentuh anjing lalu shalat, shalatnya tidak sah. Sebab kedua imam itu tidak menganggap sah shalat yang dilakukan itu.Talfiq semacam itu dilarang agama.

Sebagaimana yang disebutkan dalam kitab Iโ€™anah al-Thalibin:

ูˆูŠู…ุชู†ุน ุงู„ุชู„ููŠู‚ ููŠ ู…ุณุฆู„ุฉ ูƒุฃู† ู‚ู„ุฏู…ุงู„ูƒุง ููŠ ุทู‡ุงุฑุฉ ุงู„ูƒู„ุจ ูˆุงู„ุดุงูุนูŠ ููŠ ุจุนุถ ุงู„ุฑุฃุณ ููŠ ุตู„ุงุฉ ูˆุงุญุฏุฉ (ุงุนุงู†ุฉ ุงู„ุทุงู„ุจูŠู† , ุฌ 1 ุต 17)

โ€œtalfiq dalam satu masalah itu dilarang, seperti ikut pada Imam Malik dalam sucinya anjing dan ikut Imam Syafiโ€™I dalam bolehnya mengusap sebagian kepala untuk mengerjakan shalat.โ€.
(Iโ€™anah al-Thalibin, juz 1, hal 17).

Sedangkan tujuan pelarangan itu adalah agar tidak terjadi tatabbuโ€™ al-rukhash (mencari yang mudah), tidak memanjakan umat Islam untuk mengambil yang ringan-ringan. Sehingga tidak akan timbul talaโ€™ub (main-main) di dalam hukum agama. Atas dasar ini maka sebenarnya talfiq yang dimunculkan bukan untuk mengekang kebebasan umat Islam untuk memilih madzhab. Bukan pula untuk melestarikan sikap pembelaan dan fanatisme terhadap madzhab tertentu. Sebab talfiq ini dimunculkan dalam rangka menjaga kebebasan bermadzhab agar tidak disalahpahami oleh sebagian orang.

Untuk menghindari adanya talfiq yang dilarang ini, maka diperlukan adanya suatu penetapan hukum dengan memilih salah satu madzhab dari madzahib al-arbaโ€™ah yang relevan dengan kondisi dan situasi Indonesia. Misalnya, dalam persoalan shalat (mulai dari syarat, rukun dan batalnya) ikut madzhab Syafiโ€™i. untuk persoalan sosial kemasyarakatan mengikuti madzhab Hanafi. Sebab, diakui atau tidak bahwa kondisi Indonesia mempunyai cirri khas tersendiri. Tuntutan kemashlahatan yang ada berbeda dari satu tempat dengan tempat lain.

Dengan demikian seseorang tidak diperkenankan seseorang berpindah madzhab kecuali bila memenuhi beberapa ketentuan :

1.Mengerti (mengetahui) masalah yang bersangkutan menurut madzhab yang diikutinya

2.Bukan dalam masalah yang termasuk dibatalkan oleh keputusan seorang Qadhi (Hakim Agama) artinya tidak bertentangan dengan Nash (al-Quran dan Hadits), al-Ijmaaโ€™, Kaidah-kaidah ataupun Qiyas al-Jaly

3.Tidak mencari keringanan dengan mengambil yang mudah-mudah dari setiap madzhab yang ada

4.Tidak mengacaukan antara dua Qaul yang dapat menimbulkan kenyataan yang tidak dikatakan oleh keduanya seperti pada keterangan diatas (sub b)

5.Tidak melaksanakan Qaul seorang dalam satu masalah kemudian melaksanakan kebalikan Qaul tersebut dalammasalah yang sama

(Bughyah al-Mustarsyidiin Hal. 9, Sabโ€™ah al-Kutub al-Fawaaid Hal. 51 dan Fath al-Muโ€™iin Hal. 138). Wallaahu A'lamu Bis showaab.8

Dokumen Terkait

0 Komentar untuk "CARA SHOLAT HABIS OPERASI"

Jual beli online dan menyusui anak orang kafir

*SOAL* Bahsulmasail# 1_ *bagaimana hukum orang jual beli online, kalo di bolehkan bagaimana cara akadnya apakah sah hanya melewati telpon sa...