A.PUASA NAHUN (puasa dahr )
Salah satu ritual tirakat yg sering
dilakukan di dunia pesantren adalah puasa nahun, yaitu puasa selama satu tahun,
dua tahun atau selebihnya dengan mengecualikan hari raya idul fitri, idul adha
dan hari tasyriq, yang biasanya disertai dengan pembacaan DALAILUL KHOIROT atau
al-Qur’an.
Dalam fiqh puasa ini disebut dengan
istilah puasa dahr.
Beberapa hadits menyebutkan:
عن عائشة رضي الله عنها ان حمزة بن
عمرو الاسلمي سأل رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال يا رسول الله اني رجل اسرد
الصوم افأصوم في السفر قال صم ان شئت وأفطر ان شئت - رواه مسلم في الصحيح عن أبي
الربيع
“dari ‘Aisyah , sungguh hamzah bin
umar al-aslami bertanya kpd Rosululloh SAW , “wahai Rosululloh SAW, sungguh aku
adalah pribadi yang terus menerus melakukan puasa, apakah aku boleh melakukan
puasa saat bepergian ? Beliau menjawab: “puasalah bila engkau mau dan
berbukalah bila enkau mau “ (HR.Muslim)
أَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ فُورَكٍ
، أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ جَعْفَرٍ ، حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ حَبِيبٍ ،
حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ ، حَدَّثَنَا الضَّحَّاكُ بْنُ يَسَارٍ ، عَنْ أَبِي
تَمِيمَةَ ، عَنْ أَبِي مُوسَى ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم أَنَّهُ
قَالَ : مَنْ صَامَ الدَّهْرَ ضُيِّقَتْ عَلَيْهِ جَهَنَّمُ هَكَذَا
Dari Abu musa al-Asy’ari, dari Nabi
SAW, beliau bersabda: “ siapa saja yg berpuasa selamanya (nahun / terus menerus
) maka neraka jahannam akan disempitkan baginya, begini (Nabi SAW
mengisyaratkan dengan mengangkat ibu jari dan menempelkan jari telunjuk
dibawahnya )” (HR. Baihaqi, Ahmad dan Bazzar)
Dalam majmu’ az-zawaid , al-Haitsami
menyatakan bahwa perawi hadits tersebut adalah perawi hadits-hadits yang shohih
مجمع الزوائد - (ج 3 / ص 192)
(باب في صيام الدهر) عن أبى ملك
الاشعري قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم إن في الجنة غرفا يرى ظاهرها من
باطنها وباطنها من ظاهرها أعدها الله لمن أطعم الطعام وألان الكلام وتابع الصيام
وصلى والناس نيام. رواه أحمد ورجاله ثقات ، ولهذا الحديث طرق تذكر في مواضعها إن
شاء الله.وعن أبى موسى عن النبي صلى الله عليه وسلم قال من صام الدهر ضيقت عليه
جهنم هكذا ، وقبض كفه.رواه أحمد والبزار إلا أنه قال وعقد تسعين ، والطبراني في
الكبير ورجاله رجال الصحيح.وعن أبى قيس مولى عمرو أن عمرا كان يسرد الصوم. رواه
الطبراني في الكبير ورجاله رجال الصحيح
===========================
Juga disebutkan dalam hadits
عن أبى مالك الاشعري رضى الله عنه قال
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم إِنَّ فِي الْجَنَّةِ غُرْفَةً يُرَى ظَاهِرُهَا
مِنْ بَاطِنِهَا وَبَاطِنُهَا مِنْ ظَاهِرِهَا ، أَعَدَّهَا اللَّهُ لِمَنْ
أَطْعَمَ الطَّعَامَ ، وَأَلانَ الْكَلامَ ، وَتَابَعَ الصَّلاةَ ، وَقَامَ
بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ
Dari abu malik al-asy’ari , ia
berkata “ Rosululloh SAW bersabda:” sungguh disurga terdapat kamar yg bagian
luarnya terlihat dari luar dan bagian dalamnya terlihat dari luar, yang Allah
SWT sediakan bagi orang yg memberi makanan, bertutu kata halus, puasa terus
menerus dan melaksanakan shalat disaat orang-orang tidur” (HR. Ahmad)
Al-haitsami berkata, bahwa perawi
hadits itu adalah tsiqoh ( terpercaya )
=========
Lalu mayoritas ulama merumuskan
bahwa, selama tidak membahayakan diri maka hukum puasa nahun adalah tidak
makruh, atau sunnah bagi orang yg mampu melakukannya dan tidak mengakibatkan
terhalangnya hal-hal yang mesti dipenuhi. Sementara bila sampai membuat kesunnahan
terbengkalai maka hukumnya makruh. Dan bila sampai membengkalai kewajiban
semisal menafkahi keluarga, atau membahayakan diri sendiri maka hukumnya haram.
Referensi
فتح الوهاب - (ج 1 / ص 215)
(و) سن صوم (دهر غير عيد وتشريق إن لم
يخف به ضررا أو فوت حق) لانه (صلى الله عليه وسلم) قال: من صام الدهر ضيقت عليه
جهنم هكذا وعقد تسعين رواه البيهقي ومعنى ضيقت عليه أي عنه فلم يدخلها أولا يكون
له فيها موضع (وإلا) بأن خاف به ذلك (كره)، وعليه حمل خبر مسلم لا صام من صام
الابد (كإفراد) صوم (جمعة أو سبت أو أحد) بالصوم فإنه يكره (بلا سبب) لخبر الشيخين
لا يصم أحدكم يوم الجمعة إلا أن يصوم يوما قبله ويوما بعده وخبر لا تصوموا يوم
السبت إلا فيما افترض عليكم رواه الترمذي وحسنه والحاكم وصححه على شرط الشيخين
=============
أسنى المطالب - (ج 5 / ص 395)
( فَرْعٌ وَلَا يُكْرَهُ صَوْمُ
الدَّهْرِ لِمَنْ لَمْ يَخَفْ ضَرَرًا ) أَوْ فَوْتَ حَقٍّ ( وَأَفْطَرَ
الْعِيدَيْنِ وَأَيَّامَ التَّشْرِيقِ بَلْ يُسْتَحَبُّ ) لَهُ لِإِطْلَاقِ
الْأَدِلَّةِ { وَلِأَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ صَامَ
الدَّهْرَ ضُيِّقَتْ عَلَيْهِ جَهَنَّمُ هَكَذَا وَعَقَدَ تِسْعِينَ } رَوَاهُ
الْبَيْهَقِيُّ وَمَعْنَى ضُيِّقَتْ عَلَيْهِ أَيْ عَنْهُ فَلَمْ يَدْخُلْهَا أَوْ
لَا يَكُونُ لَهُ فِيهَا مَوْضِعٌ فَإِنْ خَافَ ضَرَرًا أَوْ فَوْتَ حَقٍّ كُرِهَ
صَوْمُهُ لِخَبَرِ الْبُخَارِيِّ أَنَّهُ { صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
آخَى بَيْنَ سَلْمَانَ وَبَيْنَ أَبِي الدَّرْدَاءِ فَجَاءَ سَلْمَانُ يَزُورُ
أَبَا الدَّرْدَاءِ فَرَأَى أُمَّ الدَّرْدَاءِ مُبْتَذَلَةً فَقَالَ مَا شَأْنُك
فَقَالَتْ إنَّ أَخَاك لَيْسَ لَهُ حَاجَةٌ فِي شَيْءٍ مِنْ الدُّنْيَا فَقَالَ
سَلْمَانُ يَا أَبَا الدَّرْدَاءِ إنَّ لِرَبِّك عَلَيْك حَقًّا وَلِأَهْلِك
عَلَيْك حَقًّا وَلِجَسَدِك عَلَيْك حَقًّا فَصُمْ وَأَفْطِرْ وَقُمْ وَنَمْ
وَائْتِ أَهْلَك وَأَعْطِ كُلَّ ذِي حَقٍّ حَقَّهُ فَذَكَرَ أَبُو الدَّرْدَاءِ
لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا قَالَ سَلْمَانُ فَقَالَ
النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِثْلَ مَا قَالَ سَلْمَانُ }
فَإِنْ صَامَ الْعِيدَيْنِ وَأَيَّامَ التَّشْرِيقِ أَوْ شَيْئًا مِنْهَا حَرُمَ
وَعَلَيْهِ حُمِلَ خَبَرُ الصَّحِيحَيْنِ { لَا صَامَ مَنْ صَامَ الْأَبَدَ }
وَقَوْلُ الْمُصَنِّفِ بَلْ يُسْتَحَبُّ مِنْ زِيَادَتِهِ وَمَعَ اسْتِحْبَابِهِ
فَصَوْمُ يَوْمٍ وَإِفْطَارُ يَوْمٍ أَفْضَلُ مِنْهُ لِخَبَرِ الصَّحِيحَيْنِ عَنْ
{ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ أَفْضَلُ الصِّيَامِ صِيَامُ دَاوُد
كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا }
========
Lalu muncul pertanyaan, apakah
rumusan tersebut diatas tidak bertentangan dgn hadits yang mengindikasikan
larangan puasa nahun ?? semisal sepenggal riwayat
لَا صَامَ مَنْ صَامَ الْأَبَدَ
“tiada puasa bagi orang yang
berpuasa nahun” (HR. Bukhori)
Maka dijelaskan bahwa hadits itu
tidak bertentangan dngan rumusan diatas dengan tiga jawaban;
1. Puasa nahun yang dilarang adalah
puasa sepanjang tahun tanpa mengecualikan dua hari raya dan tiga hari tasyriq.
Terbukti dengan jawaban ‘Aisyah saat ditegur oleh Ummu kultsum karena melakukan
puasa nahun: “ya, aku mendengar Rosululloh SAW melarang puasa nahun. Namun
seseorang yg puasa nahun dan tidak berpuasa dihari raya ‘id dan hari nahr (
‘idul adha dan hari tasyriq ) maka ia tidak melakukan puasa nahun yg dilarang”.
2. Maksud dari hadits itu adalah
pemberitaan dari Nabi SAW bahwa orang yg melakukan puasa nahun akan terbiasa
atau ringan melakukannya, tidak berat sebagaimana orang yang tidak puasa nahun
3. Atau larangan dalam hadits itu
berlaku bagi orang-orang yg tidak mampu melakukannya, sehingga mengakibatkan
bahaya bagi dirinya atau terbengkalainya hal-hal lain yang mesti dilakukan.
Terbukti dalam redaksi lengkapnya, larangan dalam hadits itu diutarakan Nabi
SAW kepada Abdulloh bin Umar yang lemah fisiknya, sementara Nabi SAW tidak
menegur Hamzah bin Umar yang mampu menjalankannya. Allahu a’lam
Referensi
المجموع - (ج 6 / ص 390)
وأجابوا عن حديث " لا صام من صام
الابد " بأجوبة (احدها) جواب عائشة الذى ذكره المصنف وتابعها عليه خلائق من
العلماء ان المراد من صام الدهر حقيقة بأن يصوم معه العيد والتشريق وهذا منهي عنه
بالاجماع (والثاني) انه محمول علي ان معناه انه لا يجد من مشقته ما يجد غيره لانه
يألفه ويسهل عليه فيكون خبرا لا دعاء ومعناه لا صام صوما يلحقه فيه مشقة كبيرة ولا
أفطر بل هو صائم له ثواب الصائمين (والثالث) انه محمول علي من تضرر بصوم الدهر أو
فوت به حقا ويؤيده انه في حديث عبد الله بن عمرو بن العاص كان النهي خطابا له وقد
ثبت عنه في الصحيح انه عجز في آخر عمره وندم علي كونه لم يقبل الرخصة وكان يقول يا
ليتي قبلت
رخصة رسول الله صلى الله عليه وسلم
فنهى النبي صلي الله عليه وسلم ابن عمرو بن العاص لعلمه بأنه يضعف عن ذلك وأقر
حمزة بن عمرو لعلمه بقدرته علي ذلك بلا ضرر
==========
B. NGROWOT, MUTIH, DAN BILA RUH
SERTA MBISU
Sebenarnya tidak ada yang aneh dari
budaya puasa ngrowot, mutih dan bila ruh, tidak pula mesti dilakukan dgn puasa.
Sebab, semua bermula dari konsep meninggalkan perkara halal karena takut akan
menyeret kepada perkara haram.
Nabi SAW bersabda
.
لاَيَبْلُغُ الْعَبْدُ أنْ يَكُونَ
مِنَ الْمُتَّقِيْنَ حَتَّى يَدَعَ مَا لاَ بَأْسَ بِهِ حَذْرًا لِمَا بِهِ
الْبَأْسُ
“seseorang hamba tidak akan masuk
golongan orang-orang yg bertaqwa sehingga ia meninggalkan perkara yang tidak
berbahaya{halal} karena khawatir pada perkara yang berbahaya {haram}”[HR. Turmudzi]
إن الرجل لا يكون من المتقين حتى يدع
ما لا بأس به حذرا لما به بأس
“sungguh seseorang tidak akan masuk
golongan orang-orang yang bertaqwa sehingga ia meninggalkan perkara yang tidak
berbahaya{halal} karena khawatir pada perkara yang berbahaya {haram}[HR. Hakim]
Sebagaimana kita ketahui bahwa
setiap keharaman adalah kesalahan, namun keharaman yg satu dengan yang lain
bisa saja berbeda tingkat kesalahannya, semisal mengkonsumsi makanan yg
diperoleh dengan transaksi jual beli yang fasid hukumnya haram, namun
keharamannya tidak sampai menyamai keharaman mengkonsumsi makanan hasil curian
dengan tindak kekerasan.
Begitu pula perkara halal, semuanya
baik , namun nilai kebaikannya pun bertingkat. Maka diperlukan sikap hati-hati
atau wira’i dalam menghadapinya.
kesimpulan
Hukum puasa mutih, ngrowot, bila ruh
,ngebleng dan mbisu
1. Setiap puasa yang dilakukan
sesuai dengan hukum syara’ yang tidak ada tuntunan pelaksaannya, masuk dalam
kategori puasa sunah mutlak, dan niatnya adalah puasa mutlak. Dengan demikian,
selama pelaksanaan puasa patigeni tidak mengandung hal-hal yang dilarang dalam
agama, maka puasa tersebut termasuk puasa sunah mutlak.
أسنى المطالب - (ج 5 / ص 281)
( وَتَكْفِي نِيَّةٌ مُطْلَقَةٌ فِي
النَّفْلِ الْمُطْلَقِ ) كَمَا فِي نَظِيرِهِ مِنْ الصَّلَاةِ ( وَلَوْ قَبْلَ
الزَّوَالِ لَا بَعْدَهُ ) { لِأَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
لِعَائِشَةَ يَوْمًا هَلْ عِنْدَكُمْ مِنْ غَدَاءٍ قَالَتْ لَا قَالَ فَإِنِّي
إذًا أَصُومُ قَالَتْ وَقَالَ لِي يَوْمًا آخَرَ أَعِنْدَكُمْ شَيْءٌ قُلْت نَعَمْ
قَالَ إذًا أُفْطِرُ وَإِنْ كُنْت فَرَضْت الصَّوْمَ } رَوَاهُ الدَّارَقُطْنِيُّ
وَصَحَّحَ إسْنَادَهُ
“Dalam puasa sunah mutlak (yang
tidak terkait dengan puasa wajib dan sunah), cara niatnya cukup dengan niat
yang mutlak (umum), sebagaimana niat pada salat sunah mutlak. Meskipun letak
niatnya sebelum dzuhur, dan tidak boleh setelah dzuhur. Karena Rasulullah Saw
suatu hari berkata pada Aisyah: “Apa ada sarapan pagi?” Aisyah menjawab: “Tidak
ada.” Nabi berkata: “Kalau begitu saya puasa.” Aisyah menyebutkan: Suatu hari
yang lain Nabi bertanya pada saya: “Apa ada sarapan pagi? Saya menjawab:“Ada.”
Nabi berkata:“Kalau begitu saya tidak puasa, meski saya perkirakan berpuasa.”
2. Puasa patigeni (puasa 24 jam)
tidak termasuk puasa wishal yang dilarang oleh Rasullah Saw. karena puasa
wishal yang dilarang adalah berpuasa selama 2 hari (48 jam).
المجموع - (ج 6 / ص 357-359)
وعن ابي سعيد الخدرى انه سمع النبي
صلي الله عليه وسلم يقول " لا تواصلوا فأيكم ارد ان يواصل فليواصل إلى السحر
قالوا فانك تواصل يارسول الله قال إنى لست كهيأتكم اني ابيت لى مطعم يطعمنى وساق
يسقيني " رواه البخاري
قال أصحابنا وحقيقة الوصال المنهي عنه
أن يصوم يومين فصاعدا ولا يتناول في الليل شيئا لا ماء ولا مأكولا فان أكل شيئا
يسيرا أو شرب فليس وصالا وكذا إن أخر الاكل الي السحر لمقصود صحيح أو غيره فليس
بوصال وممن صرح بأن الوصال أن لا يأكل ولا يشرب ويزول الوصال بأكل أو شرب وان قل
صاحب الحاوى وسليم الرازي والقاضى أبو الطيب وامام الحرمين والشيخ نصر والمتولي
وصاحب العدة وصاحب البيان وخلائق لا يحصون من اصحابنا
“Rasul bersabda: Janganlah kalian
melakukan puasa wishal. Barangsiapa diantara kalian ingin melakukan wishal,
maka lakukanlah hingga waktu sahur (sehari semalam). Para sahabat bertanya:
Anda juga melakukan wishal, wahai Rasul? Rasul menjawab: Saya tidak sama dengan
kalian. Di saat malam, ada yang memberi makan dan minum kepada saya.” (HR
Bukhari)
.
Para ulama madzhab Syafii
menjelaskan bahwa hakikat puasa wishal yang dilarang adalah puasa dua hari atau
lebih tanpa mengkonsumsi makanan dan minuman. Jika seseorang mengkonsumsi
makanan atau minuman sedikit saja, maka tidak disebut wishal. Diantara ulama
yang menjelaskan bentuk puasa wishal seperti definisi ini adalah Al Mawardi,
Salim Al Razi, Qadhi Abu Thayyib, Imam Haramain dan lain lain.
اسعاد الرفيق 2- 14
ومنها اى معاصى البدن الوصال فى الصوم
ولو نفلا للنهى عنه وفسره فى المجموع نقلا عن الجمهور بان يصوم يومين فاكثر من غير
تناول مطعوم عمدا بلاعذر ...الى ان قال... قال الرويانى ولو فعل الوصال لا على قصد
التقرب به لم يأثم كما فى الفتح واصله .
“Diantara perbuatan maksiat tubuh
adalah puasa wishal meskipun untuk puasa sunah. Sebab Rasulullah melarang jenis
puasa seperti ini. Sebagaimana diterangkan oleh Imam Nawawi dalam kitab
Majmu’nya, puasa wishal adalah puasa selama dua hari atau lebih tanpa
mengkonsumsi makanan secara sengaja dan tanpa udzur…. Imam Ruyani mengatakan
bahwa bila seseorang melakukan puasa wishal tanpa bertujuan mendekatkan diri
kepada Allah, maka dia tidak berdosa {boleh}
3. PUASA MBISU.,Riyadhoh (tirakat )
tiga hari berturut-turut dan malamnya diisi dengan pada Allah serta mbisu ( tidak
bicara ) pada saat itu adalah satu ritual yang baik sekali, dan telah dipilih
oleh Akabirush shufiyah
ومن ذلك إختار بعض أكابر الصوفية أنّ
خلوة مع الرياضة لبلوغ المراد ثلاثة أيّام بليالها يجعل ذكر الله فيها شعاره
ودثاره ولا يتكلم فيها. إهــ ( تفسير الصاوي 1 ص 153 )
Referensi
المجموع - (ج 6 / ص 357)
أما حكم الوصال فهو مكروه بلا خلاف
عندنا وهل هي كراهة تحريم أم تنزيه فيه الوجهان اللذان ذكرهما المصنف وهما مشهوران
ودليلهما في الكتاب (أصحهما) عند أصحابنا وهو ظاهر نص الشافعي كراهة تحريم لان
الشافعي رضي الله قال في المختصر فرق الله تعالى بين رسوله وبين خلقه في أمور
اباحها له وحظرها عليهم وذكر منها الوصال وممن صرح به من أصحابنا بتصحيح تحريمه
صاحب العدة والرافعي وآخرون وقطع به جماعة من اصحابنا منهم القاضي أبو الطيب في
كتابه المجرد والخطابى في المعالم وسليم الدارى في الكفاية وإمام الحرمين في
النهاية والبغوى والرويانى في الحلية والشيخ نصر في كتابه الكافي وآخرون كلهم
صرحوا بتحريمه من غير خلاف قال أصحابنا وحقيقة الوصال المنهي عنه أن يصوم يومين
فصاعدا ولا يتناول في الليل شيئا لا ماء ولا مأكولا فان أكل شيئا يسيرا أو شرب
فليس وصالا وكذا إن أخر الاكل الي السحر لمقصود صحيح أو غيره فليس بوصال وممن صرح
بأن الوصال أن لا يأكل ولا يشرب ويزول الوصال بأكل أو شرب وان قل صاحب الحاوى
وسليم الرازي والقاضى أبو الطيب وامام الحرمين والشيخ نصر والمتولي وصاحب العدة
وصاحب البيان وخلائق لا يحصون من اصحابنا واما قول المحاملي في المجموع وابى علي
بن الحسن بن عمر البندنيجى
في كتابه الجامع والغزالي في الوسيط
والبغوى في التهذيب الوصال أن لا يأكل شيئا في الليل وخصوه بالاكل فضعيف بل هو
متأول على موافقة الاصحاب ويكون مرادهم لا يأكل ولا يشرب كما قاله الجماهير
واكتفوا بذكر احد القرينين كقوله تعالي (سرابيل تقيكم الحر) أي والبرد ونظائره
معروفة وقد بالغ امام الحرمين فقال في النهاية في بيان ما يزول به الوصال فقيل
يزول الوصال بقطرة يتعاطاها كل ليلة ولا يكفى اعتقاده ان من جن عليه الليل فقد
افطر هذا لفظه بحروفه (واعلم) ان الجمهور قد اطلقوا في بيان حقيقة الوصال انه صوم
يومين فاكثر من غير اكل ولا شرب في الليل وقال الرويانى في الحلية الوصال ان يصل
صوم الليل بصوم النهار قصدا فلو ترك الاكل بالليل لا علي قصد الوصال والتقرب إلى
الله به لم يحرم
========
تفسير الصاوي جزء الأوّل ص 153
ومن ذلك إختار بعض أكابر الصوفية أنّ
خلوة مع الرياضة لبلوغ المراد ثلاثة أيّام بليالها يجعل ذكر الله فيها شعاره
ودثاره ولا يتكلم فيها. إهــ ( تفسير الصاوي 1 ص 153 )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar