Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna ๐Ÿ‘‰ Download!

Bilangan Shalat Tarawih

Bilangan Shalat Tarawih
Shalat tarawih adalah salah satu ibadah yang disunnahkan pada bulan Ramadhan. Dilaksanakan setelah shalat Isyaโ€™ sebanyak 20 rakaat dengan sepuluh salam (melakukan salam setiap dua rakaat), yang kemudian diiringi shalat witir tiga rakaat.
Ibnu Taimiyyah dan Abdullah bin Muhammad bin Abdil Wahhab menjelaskan:
โ€œImam Ibnu Taimiyyah berkata dalam kitab Fatawa-nya, โ€œTelah terbukti bahwa sahabat Ubay bin Kaโ€˜ab mengerjakan shalat Ramadhan bersama orang-orang waktu itu sebanyak dua puluh rakaโ€™at. Lalu mengerjakan witir tiga rakaโ€™at. Kemudian mayoritas ulama mengatakan bahwa itu adalah sunnah. Karena pekerjaan itu dilaksanakan di tengah-tengah kaum Muhajirin dan Anshar, tapi tidak ada satupun di antara mereka yang menentang atau melarang perbuatan ituโ€. Dalam kitab Majmuโ€™ Fatawi al-Najdiyah diterangkan tentang jawaban Syaikh Abdullah bin Muhammad bin Abdil Wahhab mengenai bilangan rakaโ€™at shalat tarawih. Ia mengatakan bahwa setelah sahabat Umar mengumpulkan orang untuk shalat berjamaโ€™ah kepada Ubay bin Kaโ€™ab, maka shalat yang mereka kerjakan adalah dua puluh rakaโ€™atโ€. (Tashhih Hadits Shalat al-Tarawih โ€˜Isyrina Rakโ€™ah, hal. 13-14).
Dari sisi lain, KH. Bisri Mustofa menyatakan bahwa secara esensial melaksanakan shalat tarawih dua puluh rakaat itu berarti mengamalkan hadits Nabi J yang menjelaskan keutamaan serta anjuran mengikuti jejak sahabat Umar D. (Risalah Ijtihad dan Taqlid, hal. 15).
Tata cara ini didasarkan pada hadits:
ุนูŽู†ู’ ูŠูŽุฒููŠุฏูŽ ุจู’ู†ู ุฑููˆู…ูŽุงู†ูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ูŠูŽู‚ููˆู…ููˆู†ูŽ ูููŠ ุฒูŽู…ูŽุงู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽ ุจู’ู†ู ุงู„ู’ุฎูŽุทู‘ูŽุงุจู ูููŠ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุจูุซูŽู„ุงูŽุซู ูˆูŽุนูุดู’ุฑููŠู†ูŽ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู‹ (ุฑูˆุงู‡ ู…ุงู„ูƒ ููŠ ุงู„ู…ูˆุทุงุกุŒ 233)
โ€œDari Yazid bin Ruman, ia berkata, โ€œOrang-orang (kaum Muslimin) pada masa Umar melakukan shalat malam di bulan Ramadhan 23 rakaโ€™at (dua puluh tarawih dan tiga witir).โ€ (HR. Malik dalam al-Muwaththaโ€™, [233]).[1]
Kaitannya dengan hadits:
ุนูŽู†ู’ ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู J ูŠูŽุฒููŠุฏู ูููŠ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูˆูŽู„ุงูŽ ูููŠ ุบูŽูŠู’ุฑูู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฅูุญู’ุฏูŽู‰ ุนูŽุดู’ุฑูŽุฉูŽ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู‹ (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠุŒ 1079)
โ€œDari Sayyidatuna Aisyah โ€“radhiyallahu โ€˜anha, ia berkata, โ€œRasulullah J tidak pernah menambah shalat malam pada bulan ramadhan atau bulan lain melebihi sebelas rakaatโ€. (HR. al-Bukhari, [1079]).
Ibnu Hajar al-Haitami menyatakan bahwa hadits tersebut adalah dalilnya shalat witir, bukan dalil shalat tarawih. Sebab dalam banyak riwayat disebutkan bahwa Nabi J melaksanakan shalat witir bilangan maksimal adalah sebelas rakaat. (Tuhfah al-Muhtaj, juz II, hal. 229).
Mengenai pelaksanaan tarawih dua rakaat dengan satu salam, hal ini sesuai dengan tuntunan Nabi J tentang tata cara melaksanakan shalat malam. Nabi J bersabda:
ุนูŽู†ู’ ุงุจู’ู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุฌูู„ุงู‹ ุณูŽุฃูŽู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู J ุนูŽู†ู’ ุตูŽู„ุงูŽุฉู ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู J ุตูŽู„ุงูŽุฉู ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ู…ูŽุซู’ู†ูŽู‰ ู…ูŽุซู’ู†ูŽู‰ (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠุŒ 936ุŒ ูˆู…ุณู„ู… ุŒ 1239 ูˆุงู„ุชุฑู…ุฐูŠุŒ 401ุŒ ูˆุงู„ู†ุณุงุฆูŠุŒ1659ุŒ ูˆุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏุŒ 1130ุŒ ูˆุงุจู† ู…ุงุฌู‡ุŒ 1165).
โ€œDari Ibnu Umar, โ€œSeorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah J tentang shalat malam. Maka Nabi J menjawab, โ€œShalat malam itu dua rakaat-dua rakaatโ€. (HR. al-Bukhari [936], Muslim [1239], al-Tirmidzi [401], al-Nasaโ€™i [1650], Abu Dawud [1130] dan Ibnu Majah [1165]).
Lalu bagaimana kaitannya dengan shalat tarawih yang dilakukan secara berjamaโ€™ah? Hal ini juga dibenarkan dan dihukumi sunnah. Dalam kitab Shahih al-Bukhari dijelaskan:
ุนูŽู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู’ู‚ูŽุงุฑููŠู‘ู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฎูŽุฑูŽุฌู’ุชู ู…ูŽุนูŽ ุนูู…ูŽุฑูŽ ุจู’ู†ู ุงู„ู’ุฎูŽุทู‘ูŽุงุจู D ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู‹ ูููŠ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ููŽุฅูุฐูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุฃูŽูˆู’ุฒูŽุงุนูŒ ู…ูุชูŽููŽุฑู‘ูู‚ููˆู†ูŽ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ู„ูู†ูŽูู’ุณูู‡ู ูˆูŽูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ููŽูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ุจูุตูŽู„ุงูŽุชูู‡ู ุงู„ุฑู‘ูŽู‡ู’ุทู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุนูู…ูŽุฑู ุฅูู†ู‘ููŠ ุฃูŽุฑูŽู‰ ู„ูŽูˆู’ ุฌูŽู…ูŽุนู’ุชู ู‡ูŽุคูู„ุงูŽุกู ุนูŽู„ูŽู‰ ู‚ูŽุงุฑูุฆู ูˆูŽุงุญูุฏู ู„ูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽู…ู’ุซูŽู„ูŽ ุซูู…ู‘ูŽ ุนูŽุฒูŽู…ูŽ ููŽุฌูŽู…ูŽุนูŽู‡ูู…ู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูุจูŽูŠู‘ู ุจู’ู†ู ูƒูŽุนู’ุจู ุซูู…ู‘ูŽ ุฎูŽุฑูŽุฌู’ุชู ู…ูŽุนูŽู‡ู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู‹ ุฃูุฎู’ุฑูŽู‰ ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ูŠูุตูŽู„ู‘ููˆู†ูŽ ุจูุตูŽู„ุงูŽุฉู ู‚ูŽุงุฑูุฆูู‡ูู…ู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุนูู…ูŽุฑู ู†ูุนู’ู…ูŽุชู ุงู„ู’ุจูุฏู’ุนูŽุฉู ู‡ูŽุฐูู‡ู (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠุŒ 1871)
โ€œDiriwayatkan dari Abdurrahman bin Abd al-Qari, beliau berkata, โ€œSaya keluar bersama Sayyidina Umar bin al-Khaththab D ke masjid pada bulan Ramadhan. (Didapati dalam masjid tersebut) orang-orang shalat tarawih sendiri-sendiri. Ada yang shalat sendiri-sendiri dan ada yang shalat dengan berjamaโ€™ahโ€. Lalu Sayyidina Umar berkata, โ€œSaya punya pendapat andaikata mereka aku kumpulkan dalam jamaโ€™ah dengan satu imam, niscaya itu lebih bagusโ€. Lalu beliau mengumpulkan mereka dengan seorang imam, yakni sahabat Ubay bin Kaโ€˜ab. Kemudian satu malam berikutnya, kami datang lagi ke masjid. Orang-orang sudah melaksanakan shalat tarawih dengan berjamaโ€™ah di belakang satu imam. โ€˜Umar berkata, โ€œSebaik-baik bidโ€˜ah adalah ini. (Shalat tarawih dengan berjamaโ€™ah)โ€. (HR. al-Bukhari [1871]).




[1] โ€œHadits ini dishahihkan oleh Imam al-Nawawi dalam kitab beliau, al-Khulashah dan al-Majmuโ€™, dan diakui oleh al-Zailaโ€™i dalam kitabnya Nashb al-Rayah, Ibn al-โ€˜Iraqi dalam kitabnya Tharh al-Tatsrib, al-โ€˜Aini dalam kitabnya โ€˜Umdah al-Qari, al-Suyuthi dalam kitabnya al-Mashabih fi Shalat al-Tarawih, Ali al-Qari dalam kitabnya Syarh al-Muwaththaโ€™ serta ulama-ulama yang lainโ€. Lihat Syaikh Ismaโ€™il bin Muhammad al-Anshari, Tashhih Hadits Shalah al-Tarawih โ€˜Isyrina Rakโ€™ah, hal. 7.

Dokumen Terkait

0 Komentar untuk "Bilangan Shalat Tarawih"

Jual beli online dan menyusui anak orang kafir

*SOAL* Bahsulmasail# 1_ *bagaimana hukum orang jual beli online, kalo di bolehkan bagaimana cara akadnya apakah sah hanya melewati telpon sa...