BENARKAH TAWASUL DENGAN
ORANG YANG SUDAH MENINGGAL ITU DILARANG ?
FIRMAN ALLOH DAN
RELEVANSINNYA
ููู
ูุง
ุฃูุฑูุณูููููุง ู
ููู ุฑูุณูููู ุฅููุง ููููุทูุงุนู ุจูุฅูุฐููู ุงูููููู ูููููู ุฃููููููู
ู ุฅูุฐู
ุธูููู
ููุง ุฃูููููุณูููู
ู ุฌูุงุกูููู ููุงุณูุชูุบูููุฑููุง ุงูููููู ููุงุณูุชูุบูููุฑู ููููู
ู
ุงูุฑููุณูููู ููููุฌูุฏููุง ุงูููููู ุชููููุงุจูุง ุฑูุญููู
ูุง
โDan kami tidak mengutus
seseorang rasul, melainkan untuk ditaati dengan seizin Allah. Sesungguhnya jika
mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada
Allah, dan Rasul pun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati
Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.โ (QS. An-Nisaโ: 64)
IBNU KATSIR MENJELASKAN
TENTANG AYAT DIATAS SBB:
ููููู:
{ ูููููู ุฃูููููู
ู ุฅูุฐู ุธูููู
ููุง ุฃูููููุณูููู
ู ุฌูุงุกูููู ููุงุณูุชูุบูููุฑููุง ุงูููููู
ููุงุณูุชูุบูููุฑู ููููู
ู ุงูุฑููุณูููู ููููุฌูุฏููุง ุงูููููู ุชููููุงุจูุง ุฑูุญููู
ูุง } ูุฑุดุฏ
ุชุนุงูู ุงูุนุตุงุฉ ูุงูู
ุฐูุจูู ุฅุฐุง ููุน ู
ููู
ุงูุฎุทุฃ ูุงูุนุตูุงู ุฃู ูุฃุชูุง ุฅูู ุงูุฑุณูู ุตูู ุงููู
ุนููู ูุณูู
ููุณุชุบูุฑูุง ุงููู ุนูุฏูุ ููุณุฃููู ุฃู ูุณุชุบูุฑ ููู
ุ ูุฅููู
ุฅุฐุง ูุนููุง ุฐูู ุชุงุจ
ุงููู ุนูููู
ูุฑุญู
ูู
ูุบูุฑ ููู
ุ ูููุฐุง ูุงู: { ููููุฌูุฏููุง ุงูููููู ุชููููุงุจูุง ุฑูุญููู
ูุง
}
ููุฏ
ุฐูุฑ ุฌู
ุงุนุฉ ู
ููู
: ุงูุดูุฎ ุฃุจู ูุตุฑ ุจู ุงูุตุจุงุบ ูู ูุชุงุจู "ุงูุดุงู
ู" ุงูุญูุงูุฉ ุงูู
ุดููุฑุฉ ุนู
ุงูุนูุชูุจูุ ูุงู: ููุช ุฌุงูุณุง ุนูุฏ ูุจุฑ ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ุ ูุฌุงุก ุฃุนุฑุงุจู ููุงู:
ุงูุณูุงู
ุนููู ูุง ุฑุณูู ุงูููุ ุณู
ุนุช ุงููู ูููู: { ูููููู ุฃููููููู
ู ุฅูุฐู ุธูููู
ููุง
ุฃูููููุณูููู
ู ุฌูุงุกูููู ููุงุณูุชูุบูููุฑููุง ุงูููููู ููุงุณูุชูุบูููุฑู ููููู
ู ุงูุฑููุณูููู
ููููุฌูุฏููุง ุงูููููู ุชููููุงุจูุง ุฑูุญููู
ูุง } ููุฏ ุฌุฆุชู ู
ุณุชุบูุฑุง ูุฐูุจู ู
ุณุชุดูุนุง ุจู ุฅูู
ุฑุจู ุซู
ุฃูุดุฃ ูููู:
ูุง
ุฎูุฑู ู
ู ุฏููููุช ุจุงููุงุน (1) ุฃุนุธูู
ูู ... ูุทุงุจ ู
ูู ุทูุจููู ุงููุงุนู ูุงูุฃููู
ู
...
ููููุณู
ุงููุฏุงุกู ููุจุฑู ุฃูุช ุณุงูููู ... ููู ุงูุนูุงูู ูููู ุงูุฌูุฏู ูุงููุฑู
ู ...
ุซู
ุงูุตุฑู ุงูุฃุนุฑุงุจู ูุบูุจุชูู ุนูููุ ูุฑุฃูุช ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูู ุงูููู
ููุงู: ูุง
ุนูุชูุจูุ ุงูุญูู ุงูุฃุนุฑุงุจูู ูุจุดุฑู ุฃู ุงููู ูุฏ ุบูุฑ ูู (2) .
(1)
ูู ุฃ: "ูู ุงููุงุน".
(2)
ุฐูุฑ ูุฐู ุงูุญูุงูุฉ ุงููููู ูู ุงูู
ุฌู
ูุน (8/217) ููู ุงูุฅูุถุงุญ (ุต498)ุ ูุฒุงุฏ ุงูุจูุชูู
ุงูุชุงูููู: ุฃูุช ุงูุดููุน ุงูุฐู ุชุฑุฌู ุดูุงุนุชู ... ุนูู ุงูุตุฑุงุท ุฅุฐุง ู
ุง ุฒูุช ุงููุฏู
ูุตุงุญุจุงู
ููุง ุฃูุณุงูู
ุง ุฃุจุฏุง ... ู
ูู ุงูุณูุงู
ุนูููู
ู
ุง ุฌุฑู ุงูููู
Dan firman Alloh:
{Sesungguhnya jika mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu, lalu
memohon ampun kepada Allah, dan Rasul pun memohonkan ampun untuk mereka,
tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang..โ} (QS.
An-Nisaโ: 64) Alloh mengajarkan kepada ahli maksiat dan pelaku dosa ketika
sebagian diantara mereka melakukan kesalahan dan kemaksiatan agar mereka datang
kepada Rosul Shollallohu โalaihi wa sallam dan memohon kpd Alloh disisinya, dan
memohon kpd Rosul agar memohonkan ampun kpd Alloh atasnya. Maka apabila
melakukan hal itu, niscaya Alloh menerima tobat mereka, merohmatinya dan
mengampuninya, karena inilah Alloh berfirman, {tentulah mereka mendapati Allah
Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.โ} (QS. An-Nisaโ: 64)
Dan telah disebutkan oleh
ijmaโ ulama sebagian diantara mereka adalah Syeikh Abu Nashir bin Ash-Shobagh
dlm kitabnya โAsy-Syamilโ tentang cerita yg masyhur tentang Al-โUtbi dia
berkata, โAku duduk di dekat kubur Nabi Shollallohu โalaihi wa sallam, maka
datanglah seorang arab badui dan berkata, โKeselamatan bagimu wahai Rosululloh,
aku telah mendengar bhw Alloh berfirman, {Dan kami tidak mengutus seseorang
rasul, melainkan untuk ditaati dengan seizin Allah. Sesungguhnya jika mereka
ketika menganiaya dirinya datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada Allah, dan
Rasul pun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha
Penerima tobat lagi Maha Penyayang.} (QS. An-Nisaโ: 64) Sungguh aku telah
mendatangimu unt memohon ampunan atas dosa-dosaku dan memohon syafaโat darimu
dari Tuhanku, kemudian dia bersyair: โWahai org yg terbaik dan agung yg telah
dikubur..., beruntunglah org yg membawa kebersihan di dlm kuburnya..., diriku
sebagai tebusan (pengganti) untuk kubur yg engkau tempati..., di dalamnya
terdapat kesucian, kedermawanan dan kemuliaan.....โ setelah itu org arab badui
pergi. Maka tibalah rasa kantukku (Al-โUtbi - pen) dan tertidur, di dlm mimpiku
Nabi Shollallohu โalaihi wa sallam berkata, โWahai Utbi, arab badui benar, maka
berilah kabar gembira kepadanya krn Alloh telah mengampuninya.โ
(Hikayat ini disebutkan
oleh Imam Nawawi dlm Al-Majmuโ juz 8 hal. 217 / Al-Idhoh hal. 498. Dan ada
tambahan dua bait syair mengikutinya yaitu, โEngkaulah pemberi syafaโat yg
diharapkan syafaโatnya..., diatas shiroth saat kaki melangkah..., dan unt kedua
sahabatmu yg tdk aku lupakan selamanya..., salam dariku untukmu selama catatan
masih berlakuโ).
DALAM KITAB โAD-DUROR
AS-SANIYAH FI RODD AL-WAHABIYAHโ HAL. 3 SAYID AHMAD BIN ZAINI DAHLAN
MENJELASKAN
ุฃูุฏููุฑูุฑู
ุงูุณูููููููุฉู ููู ุฑูุฏูู ุนูููู ุงููููููุงุจููููุฉู ุฃูุณูุฏ ุฃุญู
ุฏ ุงุจู ุฒููู
ุฏุญูุงู
ุงุนูู
ุฑุญู
ู ุงููู ุงู ุฒูุงุฑุฉ ูุจุฑ ูุจููุง ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ู
ุดุฑูุนุฉ ู
ุทููุจุฉ ุจุงุงููุชุงุจ ูุงูุณูุฉ
ูุงุฌู
ุงุก ุงูุงู
ุฉ ุฃู
ุงุงููุชุงุจ ููููู ุชุนุงูู : { ูููููู ุฃููููููู
ู ุฅูุฐู ุธูููู
ููุง
ุฃูููููุณูููู
ู ุฌูุงุกูููู ููุงุณูุชูุบูููุฑููุง ุงูููููู ููุงุณูุชูุบูููุฑู ููููู
ู ุงูุฑููุณูููู
ููููุฌูุฏููุง ุงูููููู ุชููููุงุจูุง ุฑูุญููู
ูุง } ุฏูุช ุงูุงูุฉ ุนูู ุญุซ ุงูุงู
ุฉ ุนูู ุงูู
ุฌุฆ ุตูู
ุงููู ุนููู ูุณูู
ูุงูุงุณุชุบูุงุฑ ุนูุฏู ูุงูุงุณุชุบูุงุฑููู
ููุฐุง ูุง ูููุทุน ุจู
ูุชู ุต 3
Ketahuilah, semoga Alloh
merohmatimu, sesungguhnya berziarah ke kubur Nabi kita Shollallohu โalaihi wa
sallam adalah disyariโatkan dan diharapkan di dlm al-Kitab dan as-Sunnah serta
ijmaโ umat. Adapun kitab al-Qurโan sebagaimana firman Alloh Taโala:
{Sesungguhnya jika mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu, lalu
memohon ampun kepada Allah, dan Rasul pun memohonkan ampun untuk mereka,
tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang..โ} (QS.
An-Nisaโ: 64) Ayat ini menunjukkan perintah buat umat agar mendatangi Rosululloh
Shollallohu โalaihi wa sallam dan memohon ampun disisinya serta memohon agar
Rosul memohonkan ampun kepada mereka. Dan ini tdk terputus [keharusannya-pen]
sebab telah wafatnya Rosululloh. Wallohu Aโlam bish-Showab.
SOBAT FILLAH, DARI
REFERENSI YG TELAH SY SEBUTKAN DIATAS MENUNJUKKAN โKEBOLEHANโ BERTAWASUL KPD
ROSULULLOH MESKIPUN TELAH WAFAT. JIKA TAWASUL HANYA BERLAKU TERHADAP ORG YG
MASIH HIDUP SAJA, MAKA QS.AN-NISAโ: 64 SDH TDK RELEFAN LAGI UNT MUSLIM SAAT
INI.
0 Komentar untuk "BENARKAH TAWASUL DENGAN ORANG YANG SUDAH MENINGGAL ITU DILARANG ?"