Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna ๐Ÿ‘‰ Download!

MEMULYAKAN TAMU


||| MEMULYAKAN TAMU |||
Demikian juga jika keluarga almarhum memiliki motivasi lain yakni penghormatan kepada tamu-tamu (ikramudldlayf) yang hadir yang telah bersedia meluangkan waktu untuk mendoโ€™akan dan membaca al-Qurโ€™an untuk salah satu keluarga yang meninggal dunia. Maka ini terkait dengan hukum memulyakan tamu, dimana Nabi Shallallahu โ€˜alayhi wa sallam pernah bersabda :
ู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุคู’ู…ูู†ู ุจูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ุขุฎูุฑู ููŽู„ุงูŽ ูŠูุคู’ุฐู ุฌูŽุงุฑูŽู‡ูุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุคู’ู…ูู†ู ุจูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ุขุฎูุฑู ููŽู„ู’ูŠููƒู’ุฑูู…ู’ ุถูŽูŠู’ููŽู‡ูุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุคู’ู…ูู†ู ุจูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ุขุฎูุฑู ููŽู„ู’ูŠูŽู‚ูู„ู’ ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ู„ููŠูŽุตู’ู…ูุชู’   
โ€œBarangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah menyakiti tetangganya, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah serta hari akhir bmaka hormatilah tamunya, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah serta hari akhir maka berkatalah yang baik atau diam (dari ucapakan yang tidak baik)โ€.
||| RINGKASAN : SUPAYA MUDAH MEMAHAMI |||
Haram : yakni apabila jamuan makan (hidangan makan) dalam tahlilan yang berasal dari harta mayyit yang mayyit masih memiliki tanggungan hutang yang belum diselesaikan ; berasal dari harta anak yatim ; berasal dari harta mayyit sedangkan ahli warisnya bukan orang yang berhak (tidak dibenarkan oleh syariat) untuk mengurus harta mayyit, seperti anak-anak atau seumpamanya ; jamuan berasal dari harta mayyit tanpa ada izin (persetujuan) dari ahli-ahli warisnya ; jamuan diadakan untuk niyahah atau jamuan diberikan kepada wanita yang meratap.
Makruh : yakni apabila jamuan makan (hidangan makan) didalam tahlilan diadakan untuk menghilangkan kesunyian dan perasaan duka cita samata ; jamuan makan diadakan tanpa ada tujuan apa-apa atau hanya karena mengikuti kebiasaan setempat dan hari hari tertentu dan lain sebagainya.
Mubah bahkan Sunnah : yakni apabila jamuan makan (hidangan makan) diadakan untuk tujuan mendoโ€™akan  (merahmati) yang mati dan memperat shilaturahim, yang mana ini memotivasi diri dan mendorong hati untuk mendoโ€™akan (merahmati) untuk mayyit ; jamuan makan untuk tujuan / niat untuk shadaqah yang pahalanya untuk mayyit, ini hukumnya sunnah (mustahab) dan pahalanya sampai kepada mayyit. Shadaqah tidak selalu berupa jamuan makan melainkan juga bisa dalam bentuk yang lainnya.
||| SEJAK DAHULU KALA DAN TERJADI DI MAKKAH DAN MADINAH |||
Kegiatan yang tidak bertentangan seperti diatas telah diceritakan oleh Imam al-Hafidz Jalaluddin as-Suyuthi asy-Syafiโ€™i rahimahullah (salah satu pengarang kitab tafsir Jalalain) sebagai kegiatan yang memang tidak pernah di tinggalkan kaum Muslimin, didalam al-Hawi lil-Fatawi disebutkan :
ุฃู† ุณู†ุฉ ุงู„ุฅุทุนุงู… ุณุจุนุฉ ุฃูŠุงู…ุŒ ุจู„ุบู†ูŠ ุฃู†ู‡ุง ู…ุณุชู…ุฑุฉ ุฅู„ู‰ ุงู„ุขู† ุจู…ูƒุฉ ูˆุงู„ู…ุฏูŠู†ุฉุŒ ูุงู„ุธุงู‡ุฑ ุฃู†ู‡ุง ู„ู… ุชุชุฑูƒ ู…ู† ุนู‡ุฏ ุงู„ุตุญุงุจุฉ ุฅู„ู‰ ุงู„ุขู†ุŒ ูˆุฃู†ู‡ู… ุฃุฎุฐูˆู‡ุง ุฎู„ูุง ุนู† ุณู„ู ุฅู„ู‰ ุงู„ุตุฏุฑ ุงู„ุฃูˆู„
โ€œSesungguhnya sunnah memberikan makan selama 7 hari, telah sampai kepadaku bahwa sesungguhnya amalan ini berkelanjutan dilakukan sampai sekarang (yakni masa al-Hafidz sendiri) di Makkah dan Madinah. Maka secara dhahir, amalan ini tidak pernah di tinggalkan sejak masa para shahabat Nabi hingga masa kini (masa al-Hafidz as-Suyuthi), dan sesungguhnya generasi yang datang kemudian telah mengambil amalan ini dari pada salafush shaleh hingga generasi awal Islam. Dan didalam kitab-kitab tarikh ketika menuturkan tentang para Imam, mereka mengatakan โ€œmanusia (umat Islam) menegakkan amalan diatas kuburnya selama 7 hari dengan membaca al-Qurโ€™anโ€™. [1]
Ini sekaligus persaksian (saksi mata) adanya kegiatan kenduri 7 hari di Makkah dan Madinah sejak dahulu kala. Hal ini kembali di kisahkan oleh al-โ€˜Allamah al-Jalil asy-Syaikh al-Fadlil Muhammad Nur al-Buqis didalam kitab beliau yang khusus membahas kegiatan tahlilan (kenduri arwah) yakni โ€œKasyful Astaarโ€ dengan menaqal perkataan Imam As-Suyuthi :
ุฃู† ุณู†ุฉ ุงู„ุฅุทุนุงู… ุณุจุนุฉ ุฃูŠุงู… ุจู„ุบู†ูŠ ูˆ ุฑุฃูŠุชู‡ ุฃู†ู‡ุง ู…ุณุชู…ุฑุฉ ุฅู„ู‰ ุงู„ุฃู† ุจู…ูƒุฉ ูˆุงู„ู…ุฏูŠู†ุฉ ู…ู† ุงู„ุณู†ุฉ 1947 ู… ุฅู„ู‰ ุงู† ุฑุฌุนุช ุฅู„ู‰ ุฅู†ุฏูˆู†ูŠุณูŠุง ูู‰ ุงู„ุณู†ุฉ 1958 ู…. ูุงู„ุธุงู‡ุฑ ุงู†ู‡ุง ู„ู… ุชุชุฑูƒ ู…ู† ุงู„ุตุญุงุจุฉ ุฅู„ู‰ ุงู„ุฃู† ูˆุฃู†ู‡ู… ุฃุฎุฐูˆู‡ุง ุฎู„ูุงู‹ ุนู† ุณู„ู ุฅู„ู‰ ุงู„ุตุฏุฑ ุงู„ุฅูˆู„. ุงู‡. ูˆู‡ุฐุง ู†ู‚ู„ู†ุงู‡ุง ู…ู† ู‚ูˆู„ ุงู„ุณูŠูˆุทู‰ ุจุชุตุฑูู. ูˆู‚ุงู„ ุงู„ุฅู…ุงู… ุงู„ุญุงูุธ ุงู„ุณูŠูˆุทู‰ : ูˆุดุฑุน ุงู„ุฅุทุนุงู… ู„ุฅู†ู‡ ู‚ุฏ ูŠูƒูˆู† ู„ู‡ ุฐู†ุจ ูŠุญุชุงุฌ ู…ุง ูŠูƒูุฑู‡ุง ู…ู† ุตุฏู‚ุฉู ูˆู†ุญูˆู‡ุง ููƒุงู† ูู‰ ุงู„ุตุฏู‚ุฉู ู…ุนูˆู†ุฉูŒ ู„ู‡ู ุนู„ู‰ ุชุฎููŠู ุงู„ุฐู†ูˆุจ ู„ูŠุฎูู ุนู†ู‡ ู‡ูˆู„ ุงู„ุณุคู„ ูˆุตุนูˆุจุฉ ุฎุทุงุจ ุงู„ู…ู„ูƒูŠู† ูˆุฅุบู„ุงุธู‡ู…ุง ูˆ ุงู†ุชู‡ุงุฑู‡ู…ุง.
โ€œSungguh sunnah memberikan makan selama 7 hari, telah sampai informasi kepadaku dan aku menyaksikan sendiri bahwa hal ini (kenduri memberi makan 7 hari) berkelanjutan sampai sekarang di Makkah dan Madinah (tetap ada) dari tahun 1947 M sampai aku kembali Indonesia tahun 1958 M. Maka faktanya amalan itu memang tidak pernah di tinggalkan sejak zaman sahabat nabi hingga sekarang, dan mereka menerima (memperoleh) cara seperti itu dari salafush shaleh sampai masa awal Islam. Ini saya nukil dari perkataan Imam al-Hafidz as-Suyuthi dengan sedikit perubahan. al-Imam al-Hafidz As-Suyuthi berkata : โ€œdisyariatkan memberi makan (shadaqah) karena ada kemungkinan orang mati memiliki dosa yang memerlukan sebuah penghapusan dengan shadaqah dan seumpamanya, maka jadilah shadaqah itu sebagai bantuan baginya untuk meringankan dosanya agar diringankan baginya dahsyatnya pertanyaan kubur, sulitnya menghadapi menghadapi malaikat, kebegisannyaa dan gertakannyaโ€. [2]
Istilah 7 hari tersebut adalah berdasarkan riwayat shahih dari Thawus sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya. [3] Yang mana sebagian ulama mengatakan bahwa riwayat tersebut juga atas taqrir dari Rasulullah, sebagian juga mengatakan hanya dilakukan oleh para sahabat dan tidak sampai pada masa Rasulullah.

CATATAN KAKI :
[1] Lihat : al-Hawi al-Fatawi [2/234] lil-Imam al-Hafidz Jalaluddin as-Suyuthi.
[2] Lihat : Kasyful Astaar lil-โ€˜Allamah al-Jalil Muhammad Nur al-Buqir, beliau merupakan murid dari ulama besar seperti Syaikh Hasan al-Yamani, Syaikh Sayyid Muhammad Amin al-Kutubi, Syaikh Sayyid Alwi Abbas al-Maliki, Syaikh โ€˜Ali al-Maghribi al-Maliki, Syaikh Hasan al-Masysyath dan Syaikh Alimuddin Muhammad Yasiin al-Fadani.
[3] Oleh karena itu, keliru jika dikatakan bahwa 7 hari semata-mata di ambil dari budaya hindu hanya karena adanya kemiripan. Mirip tidak berarti bahwa itu sama, bahkan dari segi asasnya pun sudah berbeda. Adapun terkait istilah 14 hari, 20 hari, 40 hari, 100 hari, haul (setahun), 1000 hari dan seterusnya maka itu boleh dengan penentuan hari untuk melakukan kebajikan atau tanpa penentuan hari sebab itu bisa di lakukan kapan saja. Sebab amaliyah tersebut boleh dilakukan kapan saja atau dengan penentuan waktu. Seperti halnya penentuan waktu belajar (menuntut ilmu tertentu) sedangkan menuntut ilmu sendiri merupakan kewajiban, menentukan hari dalam mengkhatamkan al-Qurโ€™an dengan menetapkan semisal satu hari menyelesaikan satu juz atau sejumlah ayat tertentu, ini boleh demi ketertiban (bab tartib), dan lain sebagainya. Demikian juga mendoโ€™akan orang mati dan dzikir-dzikir lain adalah tidak apa-apa (boleh) dilakukan di hari-hari apa saja atau menentukannya sesuai keadaan tertentu apalagi dipandangan sebagai sebuah kemaslahatan dan tidak ada larangannya. Oleh karena itulah, al-Imam al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalaniy asy-Syafiโ€™i mengatakan ketika mengomentari sebuah hadits al-Bukhari no. 1118 terkait juga penentuan hari, sebagai berikut ;
ูˆููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ุญุฏูŠุซ ุนู„ู‰ ุงุฎุชู„ุงู ุทุฑู‚ู‡ ุฏู„ุงู„ุฉ ุนู„ู‰ ุฌูˆุงุฒ ุชุฎุตูŠุต ุจุนุถ ุงู„ุฃูŠุงู… ุจุจุนุถ ุงู„ุฃุนู…ุงู„ ุงู„ุตุงู„ุญุฉ ูˆุงู„ู…ุฏุงูˆู…ุฉ ุนู„ู‰ ุฐู„ูƒ
โ€œDan didalam hadits ini jalurnya diperselisihkan, yang menunjukkan atas kebolehkan (jaiz) pengkhususan sebagian hari-hari dengan amal-amal shalihah dan berkelanjutan (terus-terusan) melakukannyaโ€.
Dengan demikian, tidaklah masalah menentukan hari-hari tertentu untuk melakukan amal-amal shalih, dan ini tidak hanya dalam hal tahlilan saja, termasuk kegiatan-kegiatan lainnya selama bukan ibadah mahdlah atau ibadah yang terikat dengan rukun, waktu dan sebagainya seperti shalat fardlu dan lainnya.
Meskipun, seandainya penentuan hari seperti itu bermula dari warisan ajaran hindu, namun hal tersebut telah menjadi kultur budaya masyarakat sehingga pembahasannya pun terkait dengan โ€œal-Adaatโ€. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dan dai-dai Islam lainnya dengan hanya menggiring dan mengarahkan budaya yang penuh kemusyrikan tersebut ke budaya yang benar sesuai dengan syariat Islam berdasarkan pertimbangan dengan kaidah-kaidah syariat, sehingga yang awalnya (seperti) menyiapkan makanan sesajen untuk roh orang mati dengan menyakini bahwa roh orang mati memakan sesajen tersebut, maka diarahkan agar makanan tersebut sebagai bentuk shadaqah atas nama orang mati yang diberikan kepada orang yang masih hidup, dan orang mati mendapatkan manfaat dengan hal tersebut atas rahmat Allah Taโ€™alaa, inilah yang tepat menurut syariat Islam. Hal semacam ini tidaklah keluar dari tatanan syariat Islam bahkan sesuai dengan syarit Islam, sebagaimana sebuah kisah ketika digantinya budaya Jahiliyyah yakni melumuri kepala bayi dengan darah hewan sembelihan kemudian diganti dengan melumurinya dengan miyak zaโ€™faraan, disebutkan pada sebuah hadits shahih yang tercantum didalam Sunan Abi Daud [2843] dan As-Sunan al-Kubraa lil-Imam al-Baihaqi [9/509] :
ุนูŽู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจู’ู†ู ุจูุฑูŽูŠู’ุฏูŽุฉูŽุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฃูŽุจููŠ ุจูุฑูŽูŠู’ุฏูŽุฉูŽุŒ ูŠูŽู‚ููˆู„ู: ูƒูู†ู‘ูŽุง ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽุงู‡ูู„ููŠู‘ูŽุฉู ุฅูุฐูŽุง ูˆูู„ูุฏูŽ ู„ูุฃูŽุญูŽุฏูู†ูŽุง ุบูู„ูŽุงู…ูŒ ุฐูŽุจูŽุญูŽ ุดูŽุงุฉู‹ ูˆูŽู„ูŽุทูŽุฎูŽ ุฑูŽุฃู’ุณูŽู‡ู ุจูุฏูŽู…ูู‡ูŽุงุŒ ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุฌูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจูุงู„ู’ุฅูุณู’ู„ูŽุงู…ู ูƒูู†ู‘ูŽุง ยซู†ูŽุฐู’ุจูŽุญู ุดูŽุงุฉู‹ุŒ ูˆูŽู†ูŽุญู’ู„ูู‚ู ุฑูŽุฃู’ุณูŽู‡ู ูˆูŽู†ูู„ูŽุทู‘ูุฎูู‡ู ุจูุฒูŽุนู’ููŽุฑูŽุงู†ู
โ€œDari โ€˜Abdullah bin Buraidah, ia berkata : aku mendengar Abu Buraidah mengatakan : ketika kami masih di masa Jahiliyyah, apabila seorang bayi di lahirkan pada salah satu dari kami, menyembelih seekor kambing, dan melumuri kepalanya dengan darah kambing sembelihan, maka tatkala Allah mendatangkan Islam, kami tetap menyembelih kambing, memotong rambutnya namun melumuri kepalanya dengan minyak zaโ€™faraanโ€.
Al-Syawkani didalam Nailul Awthar [5/ 16] dan disebutkan juga didalam โ€˜Aunul Maโ€™bu [8 33]dikomentari sebagai berikut :
ู‚ูˆู„ู‡: (ูˆู†ู„ุทุฎู‡ ุจุฒุนูุฑุงู†) ููŠู‡ ุฏู„ูŠู„ ุนู„ู‰ ุงุณุชุญุจุงุจ ุชู„ุทูŠุฎ ุฑุฃุณ ุงู„ุตุจูŠ ุจุงู„ุฒุนูุฑุงู† ุฃูˆ ุบูŠุฑู‡ ู…ู† ุงู„ุฎู„ูˆู‚ ูƒู…ุง ููŠ ุญุฏูŠุซ ุนุงุฆุดุฉ ุงู„ู…ุฐูƒูˆุฑ
โ€œFrasa : (dan kami melumurinya dengan minyak zaโ€™faraan), padanya merupakan dalil atas disunnahkannya melumuri kepala bayi dengan minyak zaโ€™faraan atau yang lainnya sebagaimana didalam hadits โ€˜Aisyah yang telah disebutkanโ€.
Lebih jauh lagi, istilah 40 hari pun sebenarnya dikenal dalam sebuah riwayat โ€˜Ubaid bin โ€˜Umair. Ini disebutkan didalam Hasyiyah al-Suyuthi โ€˜alaa Sunan al-Nasaaโ€™i [4/104] karangan Imam al-Suyuthi (w 911 H).
ูˆุฑูˆู‰ ุจู† ุฌุฑูŠุฌ ููŠ ู…ุตู†ูู‡ ุนู† ุงู„ุญุฑุซ ุจู† ุฃุจูŠ ุงู„ุญุฑุซ ุนู† ุนุจูŠุฏ ุจู† ุนู…ูŠุฑ ู‚ุงู„ ูŠูุชู† ุฑุฌู„ุงู† ู…ุคู…ู† ูˆู…ู†ุงูู‚ ูุฃู…ุง ุงู„ู…ุคู…ู† ููŠูุชู† ุณุจุนุง ูˆุฃู…ุง ุงู„ู…ู†ุงูู‚ ููŠูุชู† ุฃุฑุจุนูŠู† ุตุจุงุญุง
โ€œIbnu Juraij meriwayatkan didalam Mushannafnya dari al-Harits bin Abul Harits, dari โ€˜Ubaid bin Umair, ia berkata : โ€œdua orang mengalami fitnah qubur yaitu orang mukmin dan orang munafiq ; orang mukmin mengalami fitnah qubur selama 7 hari, sedangkan orang munafiq mengalami fitnah qubur selama 40 hariโ€.
Imam al-Suyuthi juga menyebutkan didalam kitab al-Daibah โ€˜alaa Shahih Muslim atau dikenal dengan Syarh al-Suyuthi โ€˜alaa Muslim [2/491] sebagai berikut :
ุฑูˆู‰ ุฃูŽุญู’ู…ุฏ ุจู† ุญูŽู†ู’ุจูŽู„ ูููŠ ุงู„ุฒู‘ู‡ู’ุฏ ูˆูŽุฃูŽุจููˆ ู†ุนูŠู… ูููŠ ุงู„ู’ุญูู„ู’ูŠุฉ ุนูŽู† ุทูŽุงูˆุณ ุฃูŽู† ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ุชูŽู‰ ูŠูุชู†ูˆู† ูููŠ ู‚ูุจููˆุฑู‡ู… ุณุจุนุง ููŽูƒูŽุงู†ููˆุง ูŠุณุชุญุจูˆู† ุฃูŽู† ูŠุทุนู…ูˆุง ุนูŽู†ู’ู‡ูู… ุชูู„ู’ูƒูŽ ุงู„ู’ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู… ุฅูุณู’ู†ูŽุงุฏู‡ ุตูŽุญููŠุญ ูˆูŽู„ู‡ ุญูƒู… ุงู„ุฑู‘ูู’ุน ูˆูŽุฐูƒุฑ ุจู† ุฌุฑูŠุฌ ูููŠ ู…ูุตูŽู†ูู‡ ุนูŽู† ุนุจูŠุฏ ุจู† ุนูู…ูŽูŠู’ุฑ ุฃูŽู† ุงู„ู’ู…ูุคู…ู† ูŠูุชู† ุณุจุนุง ูˆูŽุงู„ู’ู…ูู†ูŽุงููู‚ ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนููŠู†ูŽ ุตุจุงุญุง ูˆูŽุณูŽู†ูŽุฏู‡ ุตูŽุญููŠุญ ุฃูŽูŠู’ุถุง ูˆูŽุฐูƒุฑ ุจู† ุฑูŽุฌูŽุจ ูููŠ ุงู„ู’ู‚ูุจููˆุฑ ุนูŽู† ู…ูุฌูŽุงู‡ูุฏ ุฃูŽู† ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ูˆูŽุงุญ ุนู„ู‰ ุงู„ู’ู‚ูุจููˆุฑ ุณูŽุจู’ุนูŽุฉ ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู… ู…ู† ูŠูŽูˆู’ู… ุงู„ุฏู‘ูู† ู„ูŽุง ุชูููŽุงุฑูู‚ู‡ู
โ€œ.... sanadnya shahih juga, dan Ibnu Rajab menyebutkan tentang qubur dari Mujahid bahwa ruh-ruh berada diatas qubur selama 7 hari sejak di makamkan serta tidak memisahkannyaโ€.
Wallhu Aโ€™lam. []


Dokumen Terkait

0 Komentar untuk "MEMULYAKAN TAMU"

Jual beli online dan menyusui anak orang kafir

*SOAL* Bahsulmasail# 1_ *bagaimana hukum orang jual beli online, kalo di bolehkan bagaimana cara akadnya apakah sah hanya melewati telpon sa...