MUKADDIMAH
(ุจูุณูู
ู ุงูููู ุงูุฑููุญูู
ููู
ุงูุฑููุญูููู
ู) ุฃูู
ููุง ุจูุนูุฏู (ููููุฐููู ููุฑูููุงุชู) ููููููููุฉู (ุชูุดูุชูู
ููู ุนูููู
ู
ูุนูุฑูููุฉู ููุตููููู ู
ููู ุฃูุตููููู ุงูููููููู) ููููุชูููุนู ุจูููุง ุงููู
ูุจูุชูุฏูุฆู
ููุบูููุฑููู (ููุฐููููู) ุฃููู ููููุธู ุฃูุตููููู ุงูููููููู (ู
ูุคูููููู ู
ููู
ุฌูุฒูุฆููููู ู
ูููุฑูุฏููููู) ู
ููู ุงููุฃูููุฑูุงุฏู ุงููู
ูููุงุจููู ูููุชููุฑูููููุจู ููุง
ุงููุฌูู
ูุนู ููุงููู
ูุคูููููู ููุนูุฑููู ุจูู
ูุนูุฑูููุฉู ู
ูุง ุฃูููููู ู
ููููู
(ููุงููุฃูุตููู) ุงูููุฐููู ูููู
ู
ูููุฑูุฏู ุงููุฌูุฒูุกู ุงููุฃููููููุ (ู
ูุง ููุจูููู ุนููููููู ุบูููุฑููู)ุ ููุฃูุตููู
ุงููุฌูุฏูุงุฑู ุฃููู ุฃูุณูุงุณูููุ ููุฃูุตููู ุงูุดููุฌูุฑูุฉู ุฃููู ุทูุฑูููููุง ุงูุซููุงุจูุชู
ูููู ุงููุฃูุฑูุถู (ููุงูููุฑูุนู) ุงูููุฐููู ูููู ู
ูููุงุจููู ุงูุฃูุตููู (ู
ูุง ููุจูููู
ุนูููู ุบูููุฑููู) ููููุฑูููุนู ุงูุดููุฌูุฑูุฉู ููุฃูุตูููููุงุ ููููุฑูููุนู ุงูููููููู
ููุฃูุตููููููู
|
|
Dengan
menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Usai membaca
basmalah, bahwa karya tulisan ini adalah lembaran yang sedikit, memuat
pengetahuan fashal-fashal masalah ushul fiqh yang dapat dimanfaatkan oleh
pelajar tingkat dasar dan yang selainnya. Lafadz ushul fiqh tersusun dari dua
juz yang keduanya mufrad, dari
pengertian mufrad yang lawan katanya tarkib
bukan lawan katanya jamak. Suatu
susunan dapat diketahui melalui bahan yang digunakan untuk menyusun.
Ashl yang
merupakan bentuk mufrad yang menjadi juz yang pertama (dari ushul fiqh)
adalah sesuatu yang adanya perkara lain dibangun di atasnya. Seperti asalnya
tembok yaitu pondasi tembok asalnya pohon yaitu akar yang menancap di dalam
tanah. Sedangkan farโu (lawan kata
dari ashl) adalah sesuatu yang dibangun di atas perkara lain,
sebagaimana cabangnya pohon yang berdiri di atas pangkalnya dan juga seperti
beberapa cabangnya fiqh yang berdiri di atas ushulnya.
|
Penjelasan :
Kitab Al-Waraqat merupakan kitab kecil yang di dalamnya berisi beberapa
fashal pembahasan disiplin ilmu ushul fiqh.
Usul fiqh ditinjau dari segi lafadz terdiri dari dua suku kata yang
keduanya mufrad, yakni:
1.
Ushul
2.
Fiqh
Mufrad di sini memiliki beberapa pengertian :
1.
ู
ูููุฑูุฏู ุงููู
ูููุงุจููู ูููุชููุซููููููุฉู ููุงููุฌูู
ูุนู (mufrad yang
lawan katanya tatsniyah dan jamak)
2.
ู
ูููุฑูุฏู ุงููู
ูููุงุจููู ูููุชููุฑูููููุจู (mufrad yang lawan katanya tarkib)
Pengertian mufrad al-muqabil lit tatsniyah wal jamโi
merupakan pengertian mufrad yang
terdapat dalam ilmu nahwu, yakni lafadz yang memiliki arti satu seperti lafadz ุฑูุฌููู (laki-laki
satu). Sedangkan lawan katanya (ุงููู
ูููุงุจููู) adalah tatsniyah
dan jamak. Ketika lafadz tersebut
tidak menunjukkan arti satu, maka tidak dinamakan mufrad. Dan dinamakan tatsniyah apabila menunjukkan arti dua,
serta jamak jika menunjukkan arti
banyak.
Pengertian mufrad al muqabil lit
tarkib merupakan mufrad dalam
pengertian ilmu Mantiq, yakni ุงููููุฐููู ููุงู ููุฏูููู ุฌูุฒูุคููู ุนูููู ุฌูุฒูุกู ู
ูุนูููุงูู(suatu lafadz yang disusun dari
dua atau beberapa bagian yang setiap bagiannya tidak mempunyai arti). Seperti
lafadz ุฒูููุฏู (terdiri
bagian-bagian berupa zaโ, ya dan dal) dan dari tiap bagian ini tidak dapat
menunjukkan arti manakala terpisah.[1][1]
Ashl merupakan mufrad dari lafadz ushul. Makna secara lughat ialah sesuatu
yang adanya perkara lain dibangun di atasnya, seperti asalnya tembok yaitu
pondasi, asalnya pohon yaitu akar yang berada di dalam tanah,
Catatan
1.
Pengarang kitab Waraqat adalah al-Imam al-โAlamah Abu
Al-Maโali Abdul Malik bin Yusuf Muhammad al-Juwaini al-โIraqi asy-Syafiโi.
Beliau lahir pada tahun 419 H dan wafat pada tahun 478 H, dengan demikian usia
beliau ยฑ 59 tahun. Gelar beliau ialah Imam al-Haramain (imam dua tanah haram).
Gelar ini diberikan karena beliau menjadi mufti di Makkah dam Madinah. Imam
al-Ghazali merupakan salah satu dari murid beliau [2][2].
2.
Orang pertama yang membuat dan membukukan ilmu ushul
fiqh adalah imam asy-Syafiโi. Hasil pembukuannya yang pertama diberi nama
Ar-Risalah yang memuat tentang amr, nahi, bayan, khabar,
nasakh, mengenai hukum โillat manshushah di antara permasalahan qiyas.[3][3]
Pertanyaan :
Lafadz ุฃูุตููููู yang artinya beberapa asal, secara ilmu nahwu dihukumi
jamak. Mengapa dalam pembahasan ini
dikatakan sebagai lafadz mufrad?
Jawab :
Karena yang dikehendaki mufrad
dalam pembahasan ini adalah pengertian dalam ilmu mantiq bukan pengertian dalam
ilmu nahwu.
Referensi :
ูููููู ุงููู
ูููุทููู ุนูููู ู
ูุง ููููุงุจููู ุงููู
ูุฑููููุจู ููุญูููููุฆูุฐู ููู
ููุง
ุงุญูุชูู
ููู ููููุง ุฃููู ูููููููู ุงููู
ูุฑูุงุฏู ู
ูุง ููููุงุจููู ุงูุชููุซููููููุฉู
ููููุนูุฑูุถู ุนููููููู ุจูุฃูููู ุงููุฌูุฒูุกู ุงููุฃูููููู ููููุง ููููุณู ุจูู
ูููุฑูุฏู
ูููููููู ูููููููู ุฅููููููู
ูุง ู
ูููุฑูุฏูุงูู ุฏูููุนู ููุฐูุง ุงููุฅูุนูุชูุฑูุงุถู
ุงูุดูุงุฑูุญู ุจููููููููู ุงููุฅูููุฑูุงุฏู
ุงููู
ูููุงุจููู ูููุชููุฑูููููุจู ุงูููุฐููู ูููู ุงูุตูุทูููุงุญู ุงููู
ูููุงุทูููุฉู ูููู
ุงููุฐููู ููุง ููุฏูููู ุฌูุฒูุคููู ุนูููู ุฌูุฒูุกู ู
ูุนูููุงูู (ุงูููููููุญูุงุชู ุตู 12)
โMufrad
dalam pengertian ilmu mantiq ialah lafadz yang lawan katanya tarkib. Tatkala
ada kefahaman bahwa mufrad yang dimaksud adalah mufrad yang lawan katanya
tatsniyah, maka muncul sebuah sangkalan bahwa bagian (juz) yang pertama bukan
termasuk mufrad, bagaimana keduanya dikatakan berupa mufrad. Maka pensyarah
menanggapi sangkalan tersebut dengan ucapannya, โmufrad yang lawan katanya
tarkibโ dimana hal
tersebut merupakan istilah
ahli ilmu mantiq. Yakni suatu lafadz (yang disusun dari dua atau beberapa
bagian) yang
setiap bagiannya tidak mempunyai artiโ
Pertanyaan
:
Kenapa ุฃูุตููููู ุงูููููููู dikatakan
dua juz yang keduanya berupa mufrad?, semestinya memandang ushul fiqh
sebagai nama ilmu, maka kata-kata yang benar adalah ushul fiqh merupakan dua
juz yang keduanya dihukumi satu mufrad.
Jawab :
Karena
yang dikehendaki oleh pengarang adalah lafadz ushul fiqh sebelum dijadikan
sebuah nama fan ilmu.
Referensi :
ููุฅููู ููููุชู ุฅูุฐูุง ููุงูู ุงููู
ูููุฑูุฏู ููููุง ุจูููุฐููู ุงููู
ูุนูููู ููุงูู
ุญูููููู ุฃููู ูููููููู ููุฐููููู ู
ูููุฑูุฏู ููุฃูููู ุฃูุตููููู ุงูููููููู ููููุจู
ููููุฐูุง ุงููุนูููู
ู ููููุง ููุฏูููู ุฌูุฒูุคููู ุนูููู ุฌูุฒูุกู ู
ูุนูููุงูู ูููููููู
ูููููููู ู
ูููุฑูุฏููููู ููููุชู ููุฐูุง ููุง ููุฑูุฏู ุฅููููุง ูููู ููุงูู ููุฐููููู
ุฌูุฒูุฆูููุงูู ู
ูููุฑูุฏูุงูู ูููููู ููู
ู ูููููู ุฐููููู ุจููู ููุงูู ู
ูุคูููููู ุฅูุฎ ุฃููู
ุฃูููู ุงููุฃูุตููู ููุฐูุง ุงููุงูุณูู
ู ุงููููููุจูููู ูููููู ู
ูุคูููููู ู
ููู
ู
ูููุฑูุฏููููู. (ุงูููููููุญูุงุชู ุตู 12)
โSeandainya tuan bertanya : ketika mufrad yang
dikehendaki adalah makna ini (mufrad dalam ilmu mantiq), semestinya ucapan anda
yang benar, โlafadz ushul fiqh ialah mufradโ, karena ushul fiqh adalah nama (โalam laqab) yang
tentunya setiap bagiannya tidak mempunyai arti. Tapi mengapa pensyarah mengucapkan โdisusun dari dua
juz yang keduanya mufrad)โ?. Maka saya jawab : ini tidaklah janggal kecuali
jika pengarang mengatakan; โlafadz ushul fiqh adalah dua juz yang mufrad
keduanyaโ, dan pengarang tidak mengatakan seperti ini, tapi mengatakan; โlafadz ushul
fiqh tersusunโฆdan seterusnyaโ. Artinya, bahwa asal dari โalam laqab ini adalah
ucapan yang tersusun dari dua mufradโ
Pertanyaan :
Apa yang
di maksud ุงููุชูุฑูููููุจู dalam lafadz ู
ููู
ุงููุฃูููุฑูุฏู ุงููู
ูููุงุจููู ูููุชููุฑูููููุจู ?
Jawab :
Suatu
lafadz yang tersusun dari dua atau beberapa bagian, yang setiap bagiannya
mempunyai arti sendiri.
Referensi :
ุซูู
ูู ุงููููููุธู ููููููุณูู
ู ุจูุงุนูุชูุจูุงุฑู ุขุฎูุฑู ุฅูููู ู
ูุฑููููุจู ููู
ูููุฑูุฏู
ููุฃูููููู ุฅููู ุฏูููู ุฌูุฒูุคููู ุงูููุฐููู ุจููู ุชูุฑูููููุจููู ุนูููู ุฌูุฒูุกู ู
ูุนูููุงูู
ููู
ูุฑููููุจู (ุบุงูููุฉู ุงูููุตููููู ุตู 36)
โKemudian lafadz dipandang dari sisi lain terbagi menjadi
murakkab dan mufrad. Karena apabila juz (bagian) yang merupakan susunan lafadz,
mempunyai arti sendiri, maka dinamakan murakkab berbentuk tarkib isnadi. Contoh
: ุฒูููุฏู ููุงุฆูู
ู (zaid berdiri) [4][4]โ.
(ููุงูููููููู) ุงูููุฐููู ูููู ุงููุฌูุฒูุกู ุงูุซููุงูููู
ูููู ู
ูุนูููู ููุบูููููู ูููููู
ุงููููููู
ูุ ููู
ูุนูููู
|
|
Fiqh
yang menjadi juz kedua (dari lafadz ushul fiqh) memiliki makna lughat, yakni
faham. Juga memiliki makna syarโi,
|
ุดูุฑูุนูููู ูููููู: (ู
ูุนูุฑูููุฉู ุงููุฃูุญูููุงู
ู
ุงูุดููุฑูุนููููุฉู ุงูููุชููู ุทูุฑูููููููุง ุงููุฅูุฌูุชูููุงุฏู) ููุงููุนูููู
ู ุจูุฃูููู
ุงูููููููุฉู ูููู ุงููููุถูููุกู ููุงุฌูุจูุฉูุ ููุฃูููู ุงููููุชูุฑู ู
ูููุฏูููุจูุ ููุฃูููู
ุงูููููููุฉู ู
ููู ุงูููููููู ุดูุฑูุทู ูููู ุตูููู
ู ุฑูู
ูุถูุงููุ ููุฃูููู ุงูุฒููููุงุฉู
ููุงุฌูุจูุฉู ูููู ู
ูุงูู ุงูุตููุจูููู ุบูููุฑู ููุงุฌูุจูุฉู ูููู ุงููุญูููููู ุงููู
ูุจูุงุญูุ
ููุฃูููู ุงููููุชููู ุจูู
ูุซูููููู ููููุฌูุจู ุงููููุตูุงุตู ููููุญููู ุฐููููู ู
ููู
ู
ูุณูุงุฆููู ุงููุฎูููุงูู ุจูุฎูููุงูู ู
ูุง ููููุณู ุทูุฑููููููู ุงููุฅูุฌูุชูููุงุฏูุ
ููุงููุนูููู
ู ุจูุฃูููู ุงูุตููููููุงุชู ุงููุฎูู
ูุณู ููุงุฌูุจูุฉูุ ููุฃูููู ุงูุฒููููู
ู
ูุญูุฑููู
ูุ ููููุญููู ุฐููููู ู
ููู ุงููู
ูุณูุงุฆููู ุงููููุทูุนููููุฉูุ ููููุง ููุณูู
ููู
ูููููุงู ููุงููู
ูุนูุฑูููุฉู ููููุง ุงูุนูููู
ู ุจูู
ูุนูููู ุงูุธูููู
|
|
mengetahui
hukum-hukum syarโi melalui jalan ijtihad, seperti mengetahui hukum wajibnya
niat dalam melakukan wudluโ, mengetahui hukum sunnah dalam shalat witir,
mengetahui bahwa niat pada malam hari merupakan syarat dalam puasa Ramadhan,
mengetahui hukum wajibnya zakat atas hartanya anak kecil, dan mengetahui
tidak wajibnya zakat pada perhiasan yang boleh dipakai, dan mengetahui
pembunuhan memakai benda tumpul menetapkan qishas dan contoh lain yang
tergolong masalah-masalah khilafiyah.
Beda
halnya dengan hukum-hukum yang diperoleh tanpa melalui ijtihad, seperti
mengetahui shalat lima waktu hukumnya wajib, melakukan zina haram, dan contoh
lain yang tergolong masalah qathโiyah maka bukan di namakan fiqh.
Lafad makrifat dalam pembahasan ini ialah yakin yang bermakna dhan
(persangkaan).
Penjelasan
:
Fiqh
adalah pengetahuan atas hukum syarโi melalui jalan ijtihad (terkait dengan masalah-masalah khilafiyah). Contoh, wajibnya niat di
dalam wudhuโ. Sedangkan contoh mengetahui wajibnya shalat lima waktu, bukanlah
fiqh, sebab bukan tergolong masalah-masalah khilafiyah, namun tergolong masalah
qathโi (pasti).
Pertanyaan :
Apa yang
dimaksud makrifat (dalam lafadz maโrifatul ahkam) ?
Jawab :
Potensi
pada seseorang yang dihasilkan dari penelitian kaidah hingga melahirkan
kemampuan menghasilkan sebuah hukum yang dikehendakinya, walaupun hasil
hukumnya belum terwujud secara nyata.
Referensi :
(ูููููููู ู
ูุนูุฑูููุฉู) .... ุฃูุนููููู ุงููู
ูููููุฉู
ุงููุญูุงุตูููุฉู ู
ููู ุชูุชูุจููุนู ุงููููููุงุนูุฏู ุจูุญูููุซู ููููุชูุฏูุฑู ุจูููุง ุนูููู
ุชูุญูุตููููู ุงูุชููุตูุฏููููู ุจูุฃูููู ุญูููู
ู ุฃูุฑูุงุฏู ููุฅููู ููู
ู ูููููู ุญูุงุตูููุง
ุจูุงููููุนููู ููู
ูุง ููููุนู ุฐููููู ููู
ููู ูููู ูููููููู ุจูุงููุฅูุฌูู
ูุงุนู ูููู ุจูุนูุถู
ุงููุฃูุญูููุงู
ู ููู
ูุงูููู ุฑูุญูู
ููู ุงูููู ุชูุนูุงููู ุญููููู ุณูุฆููู ุนููู ุฃูุฑูุจูุนููููู
ู
ูุณูุฃูููุฉู ููููุงูู ูููู ุณูุชูู ูู ุซูููุงุซููููู ููุง ุฃูุฏูุฑููู ููุฌูููุงุฒู ุฃููู
ูููููููู ุฐููููู ููุนูุฏูู
ู ุงูุชููู
ูููููู ู
ููู ุงููุงูุฌูุชูููุงุฏู ูููู ุงููุญูุงูู
(ุงูููููููุญูุงุชู ุตู 14)
โ(Ucapan pengarang : pengetahuan)โฆ.yang dimaksud ialah
sebuah potensi (kemampuan) pada seseorang dari penelitian terhadap kaidah, yang
dengan penelitian tersebut mampu menghasilkan sebuah hukum (tashdiq) yang ia
kehendaki, walaupun hasil hukumnya belum terwujud secara nyata. Seperti yang
terjadi pada seseorang yang memahami ijmaโ dalam sebagian hukum. Seperti imam Malik ra tatkala beliau ditanya tentang
40 permasalahan, (4 masalah beliau jawab) dan beliau berkata dalam 36 masalah;
โsaya tidak tahu jawabanyaโ. Demikian itu dikarenakan mungkin tidak ada
kesempatan untuk berijtihad seketika ituโ
Pertanyaan :
Apa yang
dimaksud masail al-khilafiyah (ู
ูุณูุงุฆููู
ุงููุฎูููุงูู) dan masalah
qathiyahู
ูุณูุงุฆููู
ุงููููุทูุนููููุฉู) ) ?
Jawab :
Masail al-khilafiyah
yaitu hukum yang proses penggaliannya melalui ijtihad. Sedangkan
yang dimaksud masalah qathโiyah adalah hukum
yang proses penggaliannya tanpa melalui ijtihad.
Referensi :
(ููุงููููููู
ุนูููู
ู ููููู ุญูููู
ู ุดูุฑูุนูููู # ุฌูุงุกู ุงุฌูุชูููุงุฏูุง ุฏููููู ุญูููู
ู ููุทูุนูููู)
ููุฅููููู
ูุง ุงุญูุชูุงุฌู ุฅูููู ุงูุชููููููููุฏู
ุจููููููููู ุฌูุงุกู ุงุฌูุชูููุงุฏูุง ุฏููููู ุญูููู
ู ููุทูุนูููู ุงูููุฐููู ูููู ุจูู
ูุนูููู
ูููููู ุงููุฃูุตููู ุงูููุชููู ุทูุฑูููููููุง ุงููุงูุฌูุชูููุงุฏู ุฃููู ุฌูุงุกู ุซูุจูููุชููู
ููุธูููููุฑููู ุจูุงููุงูุฌูุชูููุงุฏู ูููููู ุจูุฐููู ุงููููุณูุนู ูููู ุจูููููุบู ุงููุบูุฑูุถู
ููุฃูููู ุงููุญูููู
ู ุซูุงุจูุชูุฉู ูููู ููููุณูููุง ุจูุฏููููู ุงููุงูุฌูุชูููุงุฏู ูููููู
ุงููุงูุฌูุชูููุงุฏู ูููู ุงููู
ูุธูููุฑู ุงููู
ูุซูุจูุชู ููููุง ุนูููุฏู ุงููู
ูุฌูุชูููุฏู
ููุงููุญูููู
ู ุงูุดููุฑูุนูููู ููููููุณูู
ู ุฅูููู ู
ูุง ุทูุฑููููููู ุงููุงูุฌูุชูููุงุฏู
ุงููู
ูุฑูุงุฏู ู
ููู ูููููููู ุฌูุงุกู ุงูุฌูุชูููุงุฏูุง ููููููููููุง ุงูููููููุฉู ูููู
ุงููููุถูููุกู ููุงุฌูุจูุฉู....ููุฅูููู ู
ูุง ุทูุฑููููููู ุงููููุทูุนู ููุง ุงููุงูุฌูุชูููุงุฏู
ู
ููู ูููููููู ุฏููููู ุญูููู
ู ููุทูุนูููู ููุงููุนูููู
ู ุจูุฃูููู ุงูููู ุชูุนูุงููู
ููุงุญูุฏู ู
ูููุฌูููุฏู ููุฃูููู ุงูุตููููููุงุชู ุงููุฎูู
ูุณู ููุงุฌูุจูุฉู ููุฃูููู ุงูุฒููููุง
ู
ูุญูุฑููู
ู ููุบูููุฑู ุฐููููู ู
ููู ุงููู
ูุณูุงุฆููู ุงููููุทูุนููููุฉู ู
ูู
ูุง ููุดูุชูุฑููู
ูููู ู
ูุนูุฑูููุชูููุง ุงููุฎูุงุตูู ููุงููุนูุงู
ู ููููุง ููุณูู
ููู ููููููุง ููููุฐููููู
ูููููุฏู ุงููุญูููู
ู ุจูุงููุงูุฌูุชูููุงุฏู (ููุทูุงุฆููู ุงูุฅูุดูุงุฑูุงุชู ุตู9)
โ(Fiqh
yaitu pengetahuan tentang hukum berbentuk syarโi yang datang melalui ijtihad,
bukan hukum qathโi). Dibutuhkannya batasan โmelalui ijtihad, bukan hukum
qathโiโ dimana artinya sama dengan kitab asal (warakat) yang redaksinya
โmelalui proses ijtihadโ, artinya tetap dan munculnya melalui ijtihad. Ijtihad
ialah pengerahan kemampuan untuk mencapai tujuan. Karena sebenarnya hukum itu
terlebih dahulu telah wujud tanpa ijtihad, sedangkan keberadaan ijtihad hanya
untuk menampakkan dan menetapkannya di tangan mujtahid. Dengan demikian hukum itu syarโi
terbagi menjadi dua. 1). Adakalanya proses
penggaliannya melalui ijtihad, dan ini yang
dikehendaki redaksi โdatang melalui
ijtihadโ, seperti niat di dalam wudhuโ adalah wajibโฆ..2).
Adakalanya proses penggaliannya tidak menggunakan
ijtihad seperti pengetahuan kita bahwa Allah swt itu satu dan wujud, adanya
shalat lima waktu hukumnya wajib, perbuatan zina hukumnya haram dan contoh-contoh lain
yang tergolong qathโiyyah. Yakni dari beberapa masalah,
yang orang pintar maupun orang awam dapat
mengetahuinya. Pengetahuan terhadap hukum tersebut tidak
dinamakan fiqh. Sehingga hukum dalam hal ini perlu dibatasi
dengan yang proses penggaliannya melalui ijtihadโ
(ููุงููุฃูุญูููุงู
ู) ุงููู
ูุฑูุงุฏูุฉู
ููููู
ูุง ุฐูููุฑู (ุณูุจุนูุฉู: ุงูููุงุฌูุจู ูุงูู
ููุฏููุจู ููุงูู
ูุจูุงุญู ูุงูู
ูุญูุธููุฑู
ูุงูู
ูููุฑูููู ูุงูุตููุญูููุญู ููุงูุจูุงุทููู)
ููุงูููููููู ุงููุนูููู
ู ุจูุงููููุงุฌูุจู ููุงููู
ูููุฏูููุจู
ุฅูููู ุฃูุฎูุฑู ุงูุณููุจูุนูุฉู ุฃููู ุจูุฃูููู ููุฐูุง ุงููููุนููู ููุงุฌูุจู ููููุฐูุง
ู
ูููุฏูููุจู ููููุฐูุง ู
ูุจูุงุญู ููููููุฐูุง ุฅูููู ุฃูุฎูุฑู ุงูุณููุจูุนูุฉู
|
|
Dan
hukum yang dimaksud pada keterangan yang telah lewat ada tujuh macam, wajib,
mandub, mubah, mahdhur (haram), makruh, sah, dan batal.
Maka
yang dinamakan fiqh ialah pengetahuan tentang hukum wajib, sunnah, sampai
ketujuh hukum di atas. Artinya bahwa pekerjaan ini hukumnya wajib, mandub,
dan pekerjaan ini mubah sampai akhir ke tujuh hukum di atas.
|
Penjelasan :
Hukum
ialah khithab Allah swt yang bersangkutan dengan perbuatan orang-orang mukallaf. Terbagi
menjadi dua :
1. Hukum Taklifi
2. Hukum Wadlโi
Hukum taklifi ialah hukum yang berhubungan
dengan perbuatan mukallaf, baik bersifat tuntutan, atau bersifat
memilih (mengerjakan atau meninggalkan). Kemudian
diperinci sebagai berikut;
1.
Khithab yang
menuntut sebuah perbuatan dengan tuntutan yang bersifat mengharuskan, maka dinamakan wajib.
2.
Khithab yang menuntut sebuah perbuatan dengan
tuntutan yang bersifat tidak mengharuskan, maka dinamakan sunnah
(nadbu).
3.
Khithab yang menuntut ditinggalkannya sebuah perbuatan
dengan tuntutan yang bersifat mengharuskan disebut haram.
4.
Khithab yang menuntut ditinggalkannya sebuah perbuatan
dengan tuntutan yang bersifat tidak mengharuskan, disertai larangan yang khusus disebut makruh.
5.
Khithab yang menuntut ditinggalkannya sebuah perbuatan
dengan tuntutan yang bersifat tidak mengharuskan, disertai larangan yang tidak khusus disebut khilaful `aula.
Hukum Wadlโi ialah khithab Allah swt yang
menjadikan sesuatu sebagai sabab, syarat,
maniโ (pencegah), shahih (sah) atau fasid
(rusak).
Pertanyaan :
Ada berapa macam hubungan (taโalluq) khithab dengan perbuatan
mukallaf?
Jawab :
Ada dua.
1.
Maknawi yang disebut juga shuluhi qadim, yakni hubungan sebelum wujudnya
mukallaf, dengan arti sewaktu-waktu seseorang ditemukan telah memenuhi
persyaratan taklif, maka sebuah khithab akan terhubung dengannya.
2.
Tanjizi, yakni setelah wujudnya mukallaf dan setelah biโtsah (diutusnya
seorang utusan). Ini merupakan hubungan dengan ciptaan yang baru (hadits)
setelah wujud.
Referensi :
ููุงูุชููุนููููู ุฅูู
ููุง ู
ูุนูููููููู ูููููู
ุงูุตููููููุญูููู ุงูููุฏูููู
ู ููุจููู ููุฌูููุฏู ุงูู
ูููููููู ุนูููู ู
ูุนูููู ุฃูููููู
ุฅูุฐูุง ููุฌูุฏู ู
ูุณูุชูุฌูู
ูุนูุง ููุดูุฑูููุทู ุงูุชูููููููููู ูุงููู ู
ูุชูุนูููููุงู ุจููู.
ููุฅูู
ุงูู ุชูููุฌูููุฒูููู ูููููู ุจูุนูุฏู ููุฌูููุฏู ุงูู
ูููููููู ุจูุนูุฏู ุงูุจูุนูุซูุฉู
ุฅูุฐู ูุงู ุญูููู
ู ููุจูููููุง ูููููู ุชูุนูููููู ุญูุงุฏูุซู (ุงููููุฌูููุฒู ุตู 39)
โTaโalluq ada
maknawi yang disebut juga shuluhi qadim, yakni hubungan sebelum wujudnya mukallaf,
dengan arti sewaktu-waktu seseorang ditemukan telah memenuhi persyaratan
taklif, maka sebuah khithab akan terhubung dengannya. Dan ada tanjizi, yakni
setelah wujudnya mukallaf dan setelah biโtsah (diutusnya seorang utusan),
karena sebelum biโtsah tidak ada hukum. Ini merupakan hubungan yang haditsโ.
Pertanyaan :
Sabab, syarat
dan maniโ tergolong khithab apa? dan kenapa
ketiganya tidak disebutkan?
Jawab :
Tergolong
khithab wadlโi. Dan tidak disebutkan karena bermaksud meringkas.
Referensi :
(ููุงูุตูุญูููุญู)
ููุงูููุณูุงุฏู ููููุฐุงู ู
ููู ุฃุซุงุฑู ุฎูุทูุงุจู ุงูููุถูุนู ููู
ูุง ุนูุฑูููุชู ุฃููููุง ููููู
ู
ููุฐูููุฑู ุจูููููุชููู ููููู ุงูุณูุจูุจู ูุงูุดุฑุทู ูุงูู
ุงูุนู ููุนูููููู ููููุตูุฏู
ุงูุงูุฎูุชูุตูุงุฑู . (ุงูููููููุญูุงุชู ุตู 17)
โ(Hukum sah) dan fasad (rusak), tergolong khithab
wadlโi dan sebentar lagi engkau akan mengetahuinya. Pengarang tidak menyebutkan
khithab wadlโi yang lain, yakni sabab, syarat, dan maniโ, barangkali karena
tujuan meringkasโ
1 Komentar untuk "muqoddimah"
untuk pengertian ta'alluq dengan sumber al wajiz. al wajiz yang dimaksud karangan siapa?