Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna ๐Ÿ‘‰ Download!

BID'AH SAMA DENGAN MASLAHAH MURSALAH

Perbedaannya terletak pada penamaanya. Menurut wahabi, amalan yang tidak ada contohnya yang berada dibawah naungan syariโ€™at disebut maslahah mursalah sedangkan aswaja menyebutnya sebagai bidโ€™ah hasanah. Sebagai contoh adalah masalah pembukuan Qurโ€™an. Wahabi dan aswaja sepakat bahwa pembukuan Al-Quran tidaklah sesat. Wahabi menyebutnya sebagai maslahah mursalah sedangkan aswaja menyebutnya sebagai bidโ€™ah hasanah.

Mungkin Wahabi akan berkata seperti yang biasa mereka katakan: โ€œAndatidak paham pengertian bidโ€™ah. Bidโ€™ah itu hanya dalam masalah ibadah. Apa yanganda contohkan itu bukan masalah ibadah. Jadi, semua itu tidak bisa disebutbidโ€™ah.โ€
Kepada mereka kita katakan: โ€œAnda mengatakan bahwa semua bidโ€™ah sesat. Jika bidโ€™ahhanya pada masalah ibadah, maka bidโ€™ah yang bukan masalah ibadah tidak sesat. Jadimana yang benar, semua bidโ€™ah sesat ataukah tidak semua bidโ€™ah sesat?โ€
Marikita perhatikan hadits yang selalu digunakan oleh wahabi untuk menyesatkan amalan-amalan aswaja.
ูˆุฅูŠุงูƒู… ูˆู…ุญุฏุซุงุช ุงู„ุฃู…ูˆุฑูุฅู† ูƒู„ ู…ุญุฏุซุฉ ุจุฏุนุฉ ูˆูƒู„ ุจุฏุนุฉ ุถู„ุงู„ุฉ

โ€œTakutlah terhadap hal-hal baru, sebab semua hal baru adalah bidโ€™ah dan setiap bidโ€™ahadalah sesat.โ€

Nabi jelas-jelas mengatakan bahwa semua hal yang baru adalah bidโ€™ah. Beliau samasekali tidak membatasinya hanya dalam masalah ibadah. Kalimat mana yangmenunjukan bahwa โ€œkulluโ€ tersebut husus hanya pada masalah ibadah? Siapa yangmembatasinya hanya dalam masalah ibadah?

Jawabannya adalah ulama wahabi seperti Sholih Bin Abdul Aziz dalam kitab Assunah Walbidโ€™ah Juz 1 hlm 3,  Abdur Rohman BinSaโ€™d dalam kitab Assunan Walmubtadiโ€™at Fil Aโ€™yad, juz 1 hlm 2, Walid Bin Rosyiddalam kitab Nashru Syariโ€™ah Biqomโ€™il Bidโ€™ah, juz 1 hlm 8. Muhammad Bin Husaindalam kitab Qowaโ€™idu Maโ€™rifatil Bidaโ€™ Juz 1 hlm 6, dan lain-lain.

Mungkin anda akan mengatakan bahwa yang menghususkan adalah kalimat โ€œFi Amrinahadzaโ€ dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, sebagai berikut:
ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุญู’ุฏูŽุซูŽ ูููŠ ุฃูŽู…ู’ุฑูู†ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุง ู…ูŽุง ู„ูŽูŠู’ุณูŽูููŠู‡ู ููŽู‡ููˆูŽ ุฑูŽุฏ

โ€œBarang siapa membuat amalan baru dalam urusan kita ini yang tidak termasuk didalamnya maka ia tertolak.โ€

Tanggapan saya pribadi:

Kalimat โ€œdalam urusan kita, iniโ€  menunjukan bahwa yang dimaksud adalah urusan yang diajarkan oleh Rosulluh SAW. Apakah Rosululloh hanya mengajarkan masalah ibadah saja? Bagaimana menurut anda mengenai cebok, jual beli, pernikahan, tolaq,hukum kriminal, tata negara, perbudakan, menyingkirkan duri dijalan, makan,tidur, adab dengan manusia, Apakah Rosululloh SAW tidak mengajarkan bagaimana tatacara melakukan semua itu?

Kita berharap semua tidak belajar menjadi orang bodoh dengan menjawab bahwa Rosululloh tidak mengajarkannya. Jadi, semua itu termasuk dalam kalimat โ€œFi Amrina Hadzaโ€ urusan kita ini.

Dengan demikian kalimat kullu bidโ€™ah dholalah tidak terbatas dalam masalah ibadah saja melainkan semua hal baru, baik itu ibadah ataupun bukan. Maka pembukuan al-quran, pemberian harokat, pembangunan madrasah, semua itu adalah bidโ€™ah. Perbedaannya hanya dalam penamaannya saja. wahabi menyebutnya maslahah mursalah sedangkan aswaja menyebutnya bidโ€™ahhasanah.
Perbedaannya hanya pada label yang diberikan untuk amalan tersebut. Wahabi tidak menamainya sebagai bidโ€™ah. Sedangkan aswaja menyebutnya sebagai amalan bidโ€™ah. Namun karena amalan tersebut berada dalam naungansyariat atau memiliki asal dari syariโ€™at maka disebut bidโ€™ah hasanah.

Mari kita lihat pengertian bidโ€™ah hasanah menurut aswaja sebagaimana yang dikatakan Al-Imam AbuAbdillah Muhammad bin Idris al-Syafiโ€™i berkata:

ุงู„ู’ู…ูุญู’ุฏูŽุซูŽุงุชู ุถูŽุฑู’ุจูŽุงู†ู: ู…ูŽุง ุฃูุญู’ุฏูุซูŽ ูŠูุฎูŽุงู„ููู ูƒูุชูŽุงุจู‹ุงุฃูŽูˆู’ ุณูู†ูŽู‘ุฉู‹ ุฃูŽูˆู’ ุฅูุฌู’ู…ูŽุงุนู‹ุง ููŽู‡ููˆูŽ ุจูุฏู’ุนูŽุฉู ุงู„ุถูŽู‘ู„ูŽุงู„ูŽุฉู ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูุญู’ุฏูุซูŽ ูููŠุงู„ู’ุฎูŽูŠู’ุฑู ู„ูŽุง ูŠูุฎูŽุงู„ููู ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง ู…ูู†ู’ ุฐูŽู„ููƒูŽ ููŽู‡ููˆูŽ ู…ูุญู’ุฏูŽุซูŽุฉูŒ ุบูŽูŠู’ุฑูู…ูŽุฐู’ู…ููˆู’ู…ูŽุฉู.(ุงู„ุญุงูุธ ุงู„ุจูŠู‡ู‚ูŠ, ู…ู†ุงู‚ุจ ุงู„ุฅู…ุงู… ุงู„ุดุงูุนูŠ, 1/469)

โ€œBidโ€™ah (muhdatsat) ada dua macam; pertama, sesuatu yang baru yang menyalahi al-Qurโ€™anatau Sunnah atau Ijmaโ€™, dan itu disebut bidโ€™ah dlalalah (tersesat).Kedua, sesuatu yang baru dalam kebaikan yang tidak menyalahi al-Qurโ€™an, Sunnah,dan Ijmaโ€™ dan itu disebut bidโ€™ah yang tidak tercelaโ€. (al-Baihaqi,Manaqib al-syafiโ€™i, 1/469).

Jadi bidโ€™ah hasanah adalah amalan baik yang tidak bertentangan dengan kitab, sunahdan ijmaโ€™. Jika amalan tersebut bertentangan dengan kitab, sunah dan ijmaโ€™ makaia disebut bidโ€™ah madzmumah atau bidโ€™ah sayyiโ€™ah atau bidโ€™ah dholalah.
Selanjutnya mari kita perhatikan pengertian bidโ€™ah menurut IbnTaimiyah yang dinukil oleh wahabi, sebagai berikut:

ูˆูŽุงู„ู’ุจูุฏู’ุนูŽุฉู: ู…ูŽุง ุฎูŽุงู„ูŽููŽุชู’ ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจูŽ ูˆูŽุงู„ุณูู‘ู†ูŽู‘ุฉูŽ ุฃูŽูˆู’ ุฅุฌู’ู…ูŽุงุนูŽ ุณูŽู„ูŽูู ุงู„ู’ุฃูู…ูŽู‘ุฉู ู…ูู†ู’ุงู„ูุงุนู’ุชูู‚ูŽุงุฏูŽุงุชู ูˆูŽุงู„ู’ุนูุจูŽุงุฏูŽุงุชู

โ€œBidโ€™ah adalah iโ€™tiqod (keyakinan) dan ibadah yang menyelishi Al Kitab dan AsSunnah atau ijmaโ€™ (kesepakatan) salaf.โ€ (Majmuโ€™ Al Fatawa, 18/346, AsySyamilah).

Mafhumnya, jika sesuatu tersebut tidak bertentangan dengan kitab, sunah dan ijmaโ€™, maka iatidak disebut bidโ€™ah. Maka amalan yang seperti boleh dilakukan sekalipun tidakada contoh sebelumnya. Amalan seperti ini disebut bidโ€™ah hasanah oleh aswaja. Disebut bidโ€™ah karena tidak ada contoh sebelumnya. Disebut hasanah karena tidakb ertentangan dengan kitab, sunah dan ijmaโ€™.
Dalammajmuโ€™ Fatawi Ibn Taimiyah menukil kalam Imam Syafiโ€™I tersebut kemudian menyatakan bahwa ada bidโ€™ah yang hasanah. Kata Ibn Taimiyah:

ูˆู…ู† ู‡ู†ุง ูŠุนุฑู ุถู„ุงู„ ู…ู† ุงุจุชุฏุน ุทุฑูŠู‚ุง ุงูˆ ุงุนุชู‚ุงุฏุง ุฒุนู… ุฃู†ุงู„ุฅูŠู…ุงู† ู„ุง ูŠุชู… ุฅู„ุง ุจู‡ ู…ุน ุงู„ุนู„ู… ุจุฃู† ุงู„ุฑุณูˆู„ ู„ู… ูŠุฐูƒุฑู‡ ูˆู…ุง ุฎุงู„ู ุงู„ู†ุตูˆุต ูู‡ูˆ ุจุฏุนุฉุจุงุชูุงู‚ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ูˆู…ุง ู„ู… ูŠุนู„ู… ุฃู†ู‡ ุฎุงู„ูู‡ุง ูู‚ุฏ ู„ุง ูŠุณู…ู‰ ุจุฏุนุฉ . ู‚ุงู„ ุงู„ุดุงูุนูŠ ุงู„ุจุฏุนุฉุจุฏุนุงุชุงู† ุจุฏุนุฉ ุฎุงู„ูุช ูƒุชุงุจุง ูˆุณู†ุฉ ูˆุฅุฌู…ุงุนุง ูˆุฃุซุฑุง ุนู† ุจุนุถ ุฃุตุญุงุจ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ูู‡ุฐู‡ ุจุฏุนุฉุถู„ุงู„ุฉ . ูˆุจุฏุนุฉ ู„ู… ุชุฎุงู„ู ุดูŠุฆุง ู…ู† ุฐู„ูƒ ูˆู‡ุฐู‡ ู‚ุฏ ุชูƒูˆู† ุญุณู†ุฉ

Perhatikan kalimat: โ€œูˆุจุฏุนุฉ ู„ู… ุชุฎุงู„ู ุดูŠุฆุง ู…ู† ุฐู„ูƒูˆู‡ุฐู‡ ู‚ุฏ ุชูƒูˆู† ุญุณู†ุฉโ€ (bidโ€™ah yang tidak bertentangan dengan kitab, (Al-Qurโ€™an), sunah,ijmaโ€™ dan atsar, bidโ€™ah tersebut adalah bidโ€™ah ุญุณู†ุฉ (hasanah). Jadi Ibn Taimiyah mengakui adanya bidโ€™ah hasanah.

Ketahuilah bahwa bidโ€™ah hasanah dalam pandangan aswaja adalah setiap amalan yang tidak pernah dilakukan pada zaman Nabi, sahabat dan tabiโ€™in namun memiliki asal dari syariโ€™at atau dengan kata lain berada dalam naungan syariโ€™at dan tidak bertentangan dengan kitab, sunah, dan ijmaโ€™.
Dalam pemahaman wahabi amalan seperti itu dinamakan bidโ€™ah secara bahasa. Namun secara syaraโ€™ amalan itu bukan bidโ€™ah. Jadi pada dasarnya wahabi menerima adanya bidโ€™ah hasanah, hanya saja mereka tidak mau menyebutnya sebagai bidโ€™ah hasanah. Sebagai contoh adalah amalan Ibn Taimiyah sebagaimana yang diceritakan oleh salah satu muridnya, Umar Bin Ali Albazzar dalam kitab Manaqib ibn Taimiyah, sebagai berikut:

ููŽุฅูุฐูŽุง ููŽุฑูŽุบูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุตูŽู‘ู„ุงุฉู ุฃูŽุซู’ู†ูŽู‰ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽุฒูŽู‘ูˆูŽุฌูŽู„ูŽู‘ ู‡ููˆูŽ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุญูŽุถูŽุฑูŽ ุจูู…ูŽุง ูˆูŽุฑูŽุฏูŽ ู…ูู†ู’ ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุงู„ูŽู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุงูŽู†ู’ุชูŽุงู„ุณูŽู‘ู„ุงู…ู ูˆูŽู…ูู†ู’ูƒูŽ ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงู…ู ุชูŽุจูŽุงุฑูŽูƒู’ุชูŽ ูŠูŽุง ุฐูŽุง ุงู„ู’ุฌูŽู„ุงูŽู„ู ูˆูŽุงู’ู„ุฅููƒู’ุฑูŽุงู…ูุซูู…ูŽู‘ ูŠูู‚ู’ุจูู„ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉู ุซูู…ูŽู‘ ูŠูŽุฃู’ุชููŠู’ ุจูุงู„ุชูŽู‘ู‡ู’ู„ููŠู’ู„ุงูŽุชูุงู„ู’ูˆูŽุงุฑูุฏูŽุงุชู ุญููŠู’ู†ูŽุฆูุฐู ุซูู…ูŽู‘ ูŠูุณูŽุจูู‘ุญู ุงู„ู„ู‡ูŽ ูˆูŽูŠูŽุญู’ู…ูŽุฏูู‡ู ูˆูŽูŠููƒูŽุจูู‘ุฑูู‡ูุซูŽู„ุงุซู‹ุง ูˆูŽุซูŽู„ุงุซููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽูŠูŽุฎู’ุชูู…ู ุงู„ู’ู…ูุงุฆูŽุฉูŽ ุจูุงู„ุชูŽู‘ู‡ู’ู„ููŠู’ู„ู ูƒูŽู…ูŽุง ูˆูŽุฑูŽุฏูŽ ูˆูŽูƒูŽุฐูŽุงุงู„ู’ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉู ุซูู…ูŽู‘ ูŠูŽุฏู’ุนููˆ ุงู„ู„ู‡ูŽ ุชูŽุนูŽุงู„ู‰ ู„ูŽู‡ู ูˆูŽู„ูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽู„ูู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ.ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ู‚ูŽุฏู’ ุนูุฑูููŽุชู’ ุนูŽุงุฏูŽุชูู‡ูุ› ู„ุงูŽ ูŠููƒูŽู„ูู‘ู…ูู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ุจูุบูŽูŠู’ุฑู ุถูŽุฑููˆู’ุฑูŽุฉูุจูŽุนู’ุฏูŽ ุตูŽู„ุงุฉู ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑู ููŽู„ุงูŽ ูŠูŽุฒูŽุงู„ู ูููŠ ุงู„ุฐูู‘ูƒู’ุฑู ูŠูุณู’ู…ูุนู ู†ูŽูู’ุณูŽู‡ููˆูŽุฑูุจูŽู‘ู…ูŽุง ูŠูุณู’ู…ูุนู ุฐููƒู’ุฑูŽู‡ู ู…ูŽู†ู’ ุฅูู„ูŽู‰ ุฌูŽุงู†ูุจูู‡ูุŒ ู…ูŽุนูŽ ูƒูŽูˆู’ู†ูู‡ู ูููŠู’ ุฎูู„ุงูŽู„ูุฐูŽู„ููƒูŽ ูŠููƒู’ุซูุฑู ูููŠ ุชูŽู‚ู’ู„ููŠู’ุจู ุจูŽุตูŽุฑูู‡ู ู†ูŽุญู’ูˆูŽ ุงู„ุณูŽู‘ู…ูŽุงุกู. ู‡ูŽูƒูŽุฐูŽุงูŽ ุฏูŽุฃู’ุจูู‡ูุญูŽุชูŽู‘ู‰ ุชูŽุฑู’ุชูŽููุนูŽ ุงู„ุดูŽู…ู’ุณู ูˆูŽูŠุฒููˆู’ู„ูŽ ูˆูŽู‚ู’ุชู ุงู„ู†ูŽู‘ู‡ู’ูŠู ุนูŽู†ู ุงู„ุตูŽู‘ู„ุงุฉู. ูˆูŽูƒูู†ู’ุชูุฃูŽุณู’ู…ูŽุนู ู…ูŽุง ูŠูŽุชู’ู„ููˆู’ ูˆูŽู…ูŽุง ูŠูŽุฐู’ูƒูุฑู ุญููŠู’ู†ูŽุฆูุฐูุŒ ููŽุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชูู‡ู ูŠูŽู‚ู’ุฑูŽุฃูุงู„ู’ููŽุงุชูุญูŽุฉูŽ ูˆูŽูŠููƒูŽุฑูู‘ุฑูู‡ูŽุง ูˆูŽูŠูŽู‚ู’ุทูŽุนู ุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ูˆูŽู‚ู’ุชูŽ ูƒูู„ูŽู‘ู‡ู ู€ ุฃูŽุนู’ู†ููŠู’ ู…ูู†ูŽุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑู ุฅูู„ูŽู‰ ุงุฑู’ุชูููŽุงุนู ุงู„ุดูŽู‘ู…ู’ุณู ู€ ูููŠู’ ุชูŽูƒู’ุฑููŠู’ุฑู ุชูู„ุงูŽูˆูŽุชูู‡ูŽุง. ุงู‡ู€ (ุนู…ุฑุจู† ุนู„ูŠ ุงู„ุจุฒุงุฑุŒ ุงู„ุฃุนู„ุงู… ุงู„ุนู„ูŠุฉ ููŠ ู…ู†ุงู‚ุจ ุงุจู† ุชูŠู…ูŠุฉุŒ ุต/37-39).

Intidari kisah tersebut adalah setiap selesai sholat shubuh, Ibn Taimiyah berdzikirsecara jamaโ€™ah. Kebiasaan Ibn Taimiyyah telah maklum. Ia sulit diajak bicarasetelah sholat subuh kecuali terpaksa.

Perhatikan kalimat:
ู…ูŽุนูŽ ูƒูŽูˆู’ู†ูู‡ู ูููŠู’ ุฎูู„ุงูŽู„ู ุฐูŽู„ููƒูŽ ูŠููƒู’ุซูุฑู ูููŠ ุชูŽู‚ู’ู„ููŠู’ุจูุจูŽุตูŽุฑูู‡ู ู†ูŽุญู’ูˆูŽ ุงู„ุณูŽู‘ู…ูŽุงุกู

โ€œDitengah-tengah dzikir itu, Ibn Taimiyyah seringkali menatapkan pandangannya kelangit.โ€

Apakahsaat berdzikir Rosululloh SAW menatapkan pandangan beliau ke langit? Jika iya,silahkan tunjukan dalilnya. Jika tidak berarti apa yang dilakukan oleh Ibnu Taimiyyah adalah murni bidโ€™ah yang dia ciptakan

Perhati kankalimat:
ู‡ูŽูƒูŽุฐูŽุงูŽ ุฏูŽุฃู’ุจูู‡ู ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ุชูŽุฑู’ุชูŽููุนูŽ ุงู„ุดูŽู…ู’ุณู ูˆูŽูŠุฒููˆู’ู„ูŽูˆูŽู‚ู’ุชู ุงู„ู†ูŽู‘ู‡ู’ูŠู ุนูŽู†ู ุงู„ุตูŽู‘ู„ุงุฉู. ูˆูŽูƒูู†ู’ุชู ุฃูŽุณู’ู…ูŽุนู ู…ูŽุง ูŠูŽุชู’ู„ููˆู’ ูˆูŽู…ูŽุง ูŠูŽุฐู’ูƒูุฑูุญููŠู’ู†ูŽุฆูุฐูุŒ ููŽุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชูู‡ู ูŠูŽู‚ู’ุฑูŽุฃู ุงู„ู’ููŽุงุชูุญูŽุฉูŽ ูˆูŽูŠููƒูŽุฑูู‘ุฑูู‡ูŽุง ูˆูŽูŠูŽู‚ู’ุทูŽุนู ุฐูŽู„ููƒูŽุงู„ู’ูˆูŽู‚ู’ุชูŽ ูƒูู„ูŽู‘ู‡ู ู€ ุฃูŽุนู’ู†ููŠู’ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑู ุฅูู„ูŽู‰ ุงุฑู’ุชูููŽุงุนู ุงู„ุดูŽู‘ู…ู’ุณู ู€ ูููŠู’ุชูŽูƒู’ุฑููŠู’ุฑู ุชูู„ุงูŽูˆูŽุชูู‡ูŽุง

"Kebiasaan Ibnu Taimiyah adalah membaca Fatihah dan mengulang-ulangnya dari fajar hingga matahari naik. Apakah Rosululloh SAW pernah melakukan hal itu? membaca fatihah secara berulang-ulang dari setelah sholat shubuh hingga matahari naik? Jika iya, silahkan tunjukan dalilnya. Jika tidak, berarti itu merupakan bidโ€™ah yang diciptakan oleh IbnTaimiyyah".

Wahab itidak menyebutnya sebagai amalan bidโ€™ah sekalipun tidak pernah dilakukan oleh Nabi sahabat dan ulama salaf. Atau menyebutnya bidโ€™ah namun bidโ€™ah lughowi bukan bidโ€™ah syarโ€™i. Sementara ahlusunah menyebutnya sebagai bidโ€™ah. Namun karena berada dalam naungan syariโ€™at dan tidak bertentangan dengan kitab, sunah dan ijmaโ€™, maka bidโ€™ah Ibn Taimiyahdisebut bidโ€™ah hasanah.
Alhamdulillah Saya beserta kekurangan yang haus akan ILMU telah mengadakan penelitian dengan melihat kitab-kitab fiqih dari 4 madzhab. Dari penelitian saya menghasilkan bahwa seluruh madzhab mengakui adanya bidโ€™ah hasanah kecuali madzhab Hanbali.
Dalam kitab-kitab fiqih madzhab hanbali, saya tidak menemukan istilah bidโ€™ah hasanah. Hanya saja mereka mengakui bahwa tidak semua bidโ€™ah itu sesat. Menurut Imam Abdulloh Syamsudin Muhammad bin Abil Fath Al-Hanbali, bidโ€™ah terbagi menjadi dua, bidโ€™ah huda dan bidโ€™ah dholalah. Ketika menerangkan sunah tholaq dan kebidโ€™ahannya ia mengatakan:

ูˆุงู„ุจุฏุนุฉ ู…ู…ุง ุนู…ู„ ุนู„ู‰ ุบูŠุฑู…ุซุงู„ ุณุงุจู‚ ูˆุงู„ุจุฏุนุฉ ุจุฏุนุชุงู† ุจุฏุนุฉ ู‡ุฏู‰ ูˆุจุฏุนุฉ ุถู„ุงู„ุฉ ูˆุงู„ุจุฏุนุฉ ู…ู†ู‚ุณู…ุฉ ุจุฅู†ู‚ุณุงู… ุฃุญูƒุงู…ุงู„ุชูƒู„ูŠู ุงู„ุฎู…ุณุฉ (ุงู„ู…ุทู„ุน ุนู„ู‰ ุฃุจูˆุงุช ุงู„ู…ู‚ู†ุน ุฌ 1ุต 334 )

Artinya: "bidโ€™ah adalah perbuatan yang tidak memiliki contohterdahulu. Bidโ€™ah dibagi menjadi dua, bidโ€™ah huda dan bidโ€™ah dholalah. Bidโ€™ahjuga terbagi sesuai dengan pembagian hukum taklifi yang lima. (Al-Mutholiโ€™ โ€˜AlaAbwatil Muqniโ€™ juz 1 hlm 334)". (Al-Mutholiโ€™ โ€˜AlaAbwatil Muqniโ€™ juz 1 hlm 334)
Semoga Allah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga dapat tercerahkan setiap pengetahuan yang kita dapatkan. Aamiin :-)

Dokumen Terkait

0 Komentar untuk "BID'AH SAMA DENGAN MASLAHAH MURSALAH"

Jual beli online dan menyusui anak orang kafir

*SOAL* Bahsulmasail# 1_ *bagaimana hukum orang jual beli online, kalo di bolehkan bagaimana cara akadnya apakah sah hanya melewati telpon sa...