Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna ๐Ÿ‘‰ Download!

SHALIH BIN FAUZAN AL-FAUZAN


||| SHALIH BIN FAUZAN AL-FAUZAN |||
Syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdullah al-Fauzan merupakan seorang tokoh wahhabiyah, lahir pada tahun 1933 M.  Terkait surah an-Najm ayat 39, pernah juga ditanyakan kepada beliau, juga terkait dengan QS. ath-Thuur ayat 21. Berikut jawaban beliau sebagaimana tercantum didalam kitabnya :
ุณุคุงู„: ู…ุง ู…ุนู†ู‰ ุงู„ุขูŠุชูŠู† ุงู„ูƒุฑูŠู…ุชูŠู† ููŠ ู‚ูˆู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰: {ูˆูŽุฃูŽู†ู’ ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ูู„ู’ุฅูู†ู’ุณูŽุงู†ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูŽุง ุณูŽุนูŽู‰ุŒ ูˆู‚ูˆู„ู‡: {ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ูˆูŽุงุชู‘ูŽุจูŽุนูŽุชู’ู‡ูู…ู’ ุฐูุฑู‘ููŠู‘ูŽุชูู‡ูู…ู’ ุจูุฅููŠู…ูŽุงู†ู ุฃูŽู„ู’ุญูŽู‚ู’ู†ูŽุง ุจูู‡ูู…ู’ ุฐูุฑู‘ููŠู‘ูŽุชูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูŽู„ูŽุชู’ู†ูŽุงู‡ูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุนูŽู…ูŽู„ูู‡ูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุดูŽูŠู’ุกู} ุŒ ูˆู‡ู„ ุจูŠู†ู‡ู…ุง ู†ุณุฎ ุฃูˆ ุชุนุงุฑุถุŸ ูˆู…ุงุฐุง ู†ุณุชููŠุฏ ู…ู†ู‡ู…ุงุŸ
Soal : apa makna dua ayat pada firman Allah {wa an laysa lil-insaani illaa ma saโ€™aa} dan {walladziina amanuu wat-tabaโ€™athum dzurriyyatuhum bi-imaanin bihim dzurriyyatahum wa maa alatnaahum min โ€˜amalihim min syayโ€™}, apakah antara keduanya telah di nasakh ataukah bertentangan ? dan apa penjelasan tentang keduanya ?
ุงู„ุฌูˆุงุจ: ุจูŠู† ุงู„ุขูŠุชูŠู† ุฅุดูƒุงู„ุŒ ุฐู„ูƒ ุฃู† ุงู„ุขูŠุฉ ุงู„ุฃูˆู„ู‰ ููŠู‡ุง: ุฃู† ุงู„ุฅู†ุณุงู† ู„ุง ูŠู…ู„ูƒ ุฅู„ุง ุณุนูŠู‡ ูˆู„ุง ูŠู…ู„ูƒ ุณุนูŠ ุบูŠุฑู‡ {ูˆูŽุฃูŽู†ู’ ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ูู„ู’ุฅูู†ู’ุณูŽุงู†ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูŽุง ุณูŽุนูŽู‰} ุŒ ูู…ู„ูƒูŠุชู‡ ู…ุญุตูˆุฑุฉ ุจุณุนูŠู‡ุŒ ูˆู„ุง ูŠู†ูุนู‡ ุฅู„ุง ุณุนูŠู‡ุŒ ุจูŠู†ู…ุง ุงู„ุขูŠุฉ ุงู„ุฃุฎุฑู‰ ููŠู‡ุง ุฃู†    ุงู„ุฐุฑูŠุฉ ุฅุฐุง ุขู…ู†ุช ูุฅู†ู‡ุง ุชู„ุญู‚ ุจุขุจุงุฆู‡ุง ููŠ ุงู„ุฌู†ุฉ ูˆุชูƒูˆู† ู…ุนู‡ู… ููŠ ุฏุฑุฌุชู‡ู… ูˆุฅู† ู„ู… ุชูƒู† ุนู…ู„ุช ุนู…ู„ู‡ู…ุŒ ูุงู„ุฐุฑูŠุฉ ุฅุฐุง ุงุณุชูุงุฏุช ู…ู† ุนู…ู„ ุบูŠุฑู‡ุงุŒ ู‚ุงู„ ุชุนุงู„ู‰: {ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ูˆูŽุงุชู‘ูŽุจูŽุนูŽุชู’ู‡ูู…ู’ ุฐูุฑู‘ููŠู‘ูŽุชูู‡ูู…ู’ ุจูุฅููŠู…ูŽุงู†ู ุฃูŽู„ู’ุญูŽู‚ู’ู†ูŽุง ุจูู‡ูู…ู’ ุฐูุฑู‘ููŠู‘ูŽุชูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูŽู„ูŽุชู’ู†ูŽุงู‡ูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุนูŽู…ูŽู„ูู‡ูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุดูŽูŠู’ุกู} ุŒ ูุงู„ุขูŠุฉ ุงู„ูƒุฑูŠู…ุฉ ุชุฏู„ ุนู„ู‰ ุฃู† ุงู„ุฐุฑูŠุฉ ูŠู„ุญู‚ูˆู† ุจุขุจุงุฆู‡ู… ููŠ ุฏุฑุฌุงุชู‡ู… ูˆูŠุฑูุนูˆู† ู…ุนู‡ู… ููŠ ุฏุฑุฌุงุชู‡ู… ูˆุฅู† ู„ู… ูŠูƒู† ุนู…ู„ู‡ู… ูƒุนู…ู„ ุขุจุงุฆู‡ู…ุŒ ูุธุงู‡ุฑ ุงู„ุขูŠุฉ ุฃู†ู‡ู… ุงู†ุชูุนูˆุง ุจุนู…ู„ ุบูŠุฑู‡ู… ูˆุณุนูŠ ุบูŠุฑู‡ู…ุŒ ุจูŠู†ู…ุง ุงู„ุขูŠุฉ ุงู„ุฃุฎุฑู‰ ุฃู† ุงู„ุฅู†ุณุงู† ู„ุง ูŠู†ูุนู‡ ุฅู„ุง ุณุนูŠู‡
Jawab : Antara dua ayat terdapat isykal (pertentangan), hal itu karena ayat pertama mengandung pengertian bahwa manusia tidak memiliki kecuali usahanya dan tidak memiliki usaha orang lain { dan tiada ada bagi manusia kecuali apa yang diusahakan} maka kepemilikannya hanya sebatas dengan usahanya sendiri dan tidak mendapat manfaat kecuali usahanya, sementara ayat lainnya tentang keturunan apabila beriman maka terhubung dengan ayah-ayah mereka didalam surga dan bersama mereka didalam hal kedudukan mereka, meskipun mereka tidak mengamalkan amal mereka, keturunan (cucu-cucu) mendapat manfaat (faidah) dari amal orang lain , Allah berfirman { Dan orang-oranng yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka , dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka } maka ayat yang mulya ini menunjukkan bahwa cucu-cucu tetap dihubungankan dengan ayah-ayah mereka didalam hal kedudukan mereka dan kedudukan mereka di angkat walaupun amal mereka tidak seperti amal ayah-ayah mereka, maka maksud dhahir ayat adalah bahwa mereka mendapatkan manfaat dengan amal (perbuatan) selain mereka dan usaha orang lain, sedangkan ayat yang lain adlah bahwa manusia tidak bisa mendapat manfaat kecuali usahanya.
ูˆู‚ุฏ ุฃุฌุงุจ ุงู„ุนู„ู…ุงุก ุนู† ู‡ุฐุง ุจุนุฏุฉ ุฃุฌูˆุจุฉ: ุงู„ุฌูˆุงุจ ุงู„ุฃูˆู„: ุฃู† ุงู„ุขูŠุฉ ุงู„ุฃูˆู„ู‰ {ูˆูŽุฃูŽู†ู’ ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ูู„ู’ุฅูู†ู’ุณูŽุงู†ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูŽุง ุณูŽุนูŽู‰} ู…ุทู„ู‚ุฉ ูˆุงู„ุขูŠุฉ ุงู„ุซุงู†ูŠุฉ {ุฃูŽู„ู’ุญูŽู‚ู’ู†ูŽุง ุจูู‡ูู…ู’ ุฐูุฑู‘ููŠู‘ูŽุชูŽู‡ูู…ู’} ู…ู‚ูŠุฏุฉ. ูˆุงู„ู…ุทู„ู‚ ูŠุญู…ู„ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ู‚ูŠุฏ ูƒู…ุง ู‡ูˆ ู…ู‚ุฑุฑ ููŠ ุนู„ู… ุงู„ุฃุตูˆู„. ูˆุงู„ุฌูˆุงุจ ุงู„ุซุงู†ูŠ: ุฃู† ุงู„ุขูŠุฉ ุงู„ุฃูˆู„ู‰ ุชุฎุจุฑ ุฃู† ุงู„ุฅู†ุณุงู† ู„ุง ูŠู…ู„ูƒ ุฅู„ุง ุณุนูŠู‡ุŒ ูˆู„ุง ูŠู†ูุนู‡ ุฅู„ุง ุณุนูŠู‡ุŒ ูˆู„ูƒู†ู‡ุง ู„ู… ุชู†ู ุฃู† ุงู„ุฅู†ุณุงู† ูŠู†ุชูุน ุจุนู…ู„ ุบูŠุฑู‡ุŒ ู…ู† ุบูŠุฑ ุชู…ู„ูƒ ู„ู‡ุŒ ูุงู„ุขูŠุฉ ุงู„ุฃูˆู„ู‰ ููŠ ุงู„ู…ู„ูƒูŠุฉุŒ ูˆุงู„ุซุงู†ูŠุฉ ููŠ ุงู„ุงู†ุชูุงุนุŒ ุฃู† ุงู„ุฅู†ุณุงู† ู‚ุฏ ูŠู†ุชูุน ุจุนู…ู„ ุบูŠุฑู‡ ูˆุฅู† ู„ู… ูŠูƒู† ู…ู„ูƒู‡ุŒ ูˆู„ู‡ุฐุง ูŠู†ูุนู‡ ุฅุฐุง ุชุตุฏู‚ ุนู†ู‡ุŒ ูˆูŠู†ูุนู‡ ุฅุฐุง ุงุณุชุบูุฑ ู„ู‡ุŒ ูˆุฏุนูŠ ู„ู‡ุŒ ูุงู„ุฅู†ุณุงู† ูŠุณุชููŠุฏ ู…ู† ุฏุนุงุก ุบูŠุฑู‡ุŒ ูˆู…ู† ุนู…ู„ ุบูŠุฑู‡ุŒ ูˆู‡ูˆ ู…ูŠุช. ูˆุงู„ุงู†ุชูุงุน ุบูŠุฑ ุงู„ู…ู„ูƒูŠุฉุŒ ูุงู„ุขูŠุฉ ุงู„ุฃูˆู„ู‰ ููŠ ู†ูˆุนุŒ ูˆุงู„ุขูŠุฉ ุงู„ุซุงู†ูŠุฉ ููŠ ู†ูˆุน ุขุฎุฑุŒ ูˆู„ุง ุชุนุงุฑุถ ุจูŠู†ู‡ู…ุง. ู‡ุฐุง ุงู„ุฌูˆุงุจ ุฃุญุณู† ู…ู† ุงู„ุฃูˆู„ ููŠ ู†ุธุฑูŠุŒ ูู‡ุฐุง ุงู„ุฌูˆุงุจ ู‡ูˆ ุงู„ุฑุงุฌุญ ููŠ ู†ุธุฑูŠ.
Dan sungguh ulama telah menjawab tentang hal ini dengan sejumlah jawaban :
Pertama, bahwa ayat pertama { wa an laysa lil-insaani illaa ma saโ€™aa } adalah mutlak, dan ayat kedua {alhaqnaa bihim dzurriyyatahum} adalah muqayyad. Dan yang mutlak dibawa ke yang muqayyad sebagaimana ditetapkan dalam ilmu ushul.
Kedua, bahwa ayat pertama mengkhabarkan tentang manusia tidak memiliki kecuali usahanya sendiri, dan tidak mendapat manfaat kecuali usahanya sendiri, akan tetapi tidak menafikan bahwa manusia mendapat manfaat dari amal (usaha/perbuatan) orang lain dan dari milik orang lain untuknya, maka ayat pertama adalah tentang milkiyah (kepemilikan), dan ayat kedua tentang intafaโ€™ (kemanfaatan), bahwa manusia sungguh mendapatkan manfaat dengan amal orang lain walaupun tiada miliknya, oleh karena inilah seseorang mendapatkan manfaat apabila menshadaqahkan untuknya, dan mendapatkan manfaat apabila di mohonkan ampun untuknya, dan berdoโ€™a untuknya. Maka manusia mendapatkan faidah dari doโ€™a orang lain dan dari amal orang lain, maksudnya mayyit bisa mendapat manfaat.
Dan manfaat bukan kepemilikan. Ayat pertama adalah satu hal, dan ayat kedua adalah satu hal yang lain, keduanya tidak bertentangan, jawaban inilah yang lebih bagus dari yang pertama menurut tinjauanku, jawaban ini juga adalah rajih (kuat) menurut tinjauanku.
ูˆู‡ู†ุงูƒ ุฌูˆุงุจ ุขุฎุฑ: ู‡ูˆ ุฃู† ุงู„ุขูŠุฉ ุงู„ุฃูˆู„ู‰ {ูˆูŽุฃูŽู†ู’ ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ูู„ู’ุฅูู†ู’ุณูŽุงู†ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูŽุง ุณูŽุนูŽู‰} ู…ู†ุณูˆุฎุฉุ› ู„ุฃู†ู‡ุง ููŠ ุดุฑุน ู…ู† ู‚ุจู„ู†ุง ู„ุฃู† ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ูŠู‚ูˆู„: {ุฃูŽู…ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูู†ูŽุจู‘ูŽุฃู’ ุจูู…ูŽุง ูููŠ ุตูุญููู ู…ููˆุณูŽู‰ ูˆูŽุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู…ูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ูˆูŽูู‘ูŽู‰ ุฃูŽู„ู‘ูŽุง ุชูŽุฒูุฑู ูˆูŽุงุฒูุฑูŽุฉูŒ ูˆูุฒู’ุฑูŽ ุฃูุฎู’ุฑูŽู‰ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ูู„ู’ุฅูู†ู’ุณูŽุงู†ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูŽุง ุณูŽุนูŽู‰}  ุŒ ูู‡ุฐู‡ ุชุญูƒูŠ ู…ุง ูƒุงู† ููŠ ุตุญู ู…ูˆุณู‰ ูˆุตุญู ุฅุจุฑุงู‡ูŠู… ุนู„ูŠู‡ู…ุง ุงู„ุณู„ุงู…ุŒ ู„ูƒู† ุฌุงุกุช ุดุฑูŠุนุชู†ุง ุจุฃู† ุงู„ุฅู†ุณุงู† ูŠู†ุชูุน ุจุนู…ู„ ุบูŠุฑู‡ุŒ ููŠูƒูˆู† ุฐู„ูƒ ู†ุณุฎู‹ุงุŒ ูˆู„ูƒู† ู‡ุฐุง ุงู„ุฌูˆุงุจ ุถุนูŠูุŒ ูˆุงู„ุฌูˆุงุจ ุงู„ุฐูŠ ู‚ุจู„ู‡ ุฃุฑุฌุญ ููŠ ู†ุธุฑูŠุŒ ูˆุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู….
Dan disana juga ada jawaban lainnya, yakni bahwa ayat pertama { wa an laysa lil-insaani illaa ma saโ€™aa } mansukh, karena sesungguhnya itu pada syariat umat sebelum kita (syarโ€™u man qablanaa), sebab Allah berfirman : โ€œAtaukah belum diberitakan kepadanya apa yang ada dalam lembaran-lembaran Musa ? , dan lembaran-lembaran Ibrahim yang selalu menyempurnakan janji? , (yaitu) bahwasanya seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain, dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya,โ€ maka ini mengisahkan apa yang ada pada shuhuf Nabi Musa โ€˜alayhiwa salam dan Nabi Ibrahim โ€˜alayhis salam, akan tetapi telah datang pada syariat kita bahwa manusia mendapatkan manfaat dengan amal orang lain, maka keberadaanya itu telah di hapus, namun jawaban ini lemah, dan jawaban ulama sebelumnya itulah yang lebih rajih dalam tinjauanku. Wallahu Aโ€™lam. [] [1]
Namun, didalam kitab yang sama terkait membaca surah al-Fatihah untuk orang mati, beliau mengingkarinya, sebagaimana tercantum pada:
ุฃู…ุง ู‚ุฑุงุกุฉ ุงู„ูุงุชุญุฉ ู„ุฑูˆุญ ุงู„ู…ูŠุชุŒ ูู‡ุฐุง ู„ุง ุฃุตู„ ู„ู‡ ููŠ ุงู„ุดุฑุนุŒ ูˆู„ู… ูŠุฑุฏ ุจู‡ ุฏู„ูŠู„ ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…ุŒ ูˆุฅู†ู…ุง ุงู„ูˆุงุฑุฏ ููŠ ุงู„ูƒุชุงุจ ูˆุงู„ุณู†ุฉ ู‡ูˆ ุงู„ุฏุนุงุก ู„ู„ู…ูŠุช ูˆุงู„ุงุณุชุบูุงุฑ ู„ู‡ุŒ ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ุนู„ู‰ ุฌู†ุงุฒุชู‡ุŒ ูˆูƒุฐู„ูƒ ุงู„ุชุตุฏู‚ ุนู†ู‡ุŒ ูˆุบูŠุฑ ุฐู„ูƒ ู…ู† ุฃู†ูˆุงุน ุงู„ุจุฑุŒ ูƒุงู„ุญุฌ ุนู†ู‡ ูˆุงู„ุนู…ุฑุฉ ุนู†ู‡ุŒ ูู‡ุฐู‡ ุงู„ุฃู…ูˆุฑ ุชุตู„ ุฅู„ู‰ ุงู„ู…ูŠุช ุจุฅุฐู† ุงู„ู„ู‡ ุฅุฐุง ุชู‚ุจู„ู‡ุง ุงู„ู„ู‡ุŒ ูˆูƒุฐู„ูƒ ุงู„ุฃุถุญูŠุฉ ูŠุถุญู‰ ุนู† ุงู„ู…ูŠุชุŒ ูƒู„ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุฃู…ูˆุฑ ูˆุฑุฏ ุงู„ุดุฑุน ุจุฃู†ู‡ุง ูŠู†ุชูุน ุจู‡ุง ุงู„ู…ูŠุช
โ€œAdapun membaca al-Qurโ€™an untuk roh orang mati, ini tidak ada asalnya pada sisi syariat dan tidak ada dalil yang warid tentang hal itu dari Nabi shallallahu โ€˜alayhi wa sallam, sebaliknya yang warid didalam al-Kitab dan As-Sunnah adalah doโ€™a untuk mayyit, istighfar untuk mayyit, shalat atas jenazahnya dan demikian juga dengan shadaqah darinya untuk mayyit, serta berbagai macam perkara kebaikan lainnya seperti haji dan umrah untuk mayyit. Maka ini merupakan perkara-perkara yang sampai kepada mayyit dengan idzin Allah apabila Allah menerimanya (mengabulkannya). Seperti itu juga dengan penyembelihan (berkorban) untuk mayyit, setiap perkara ini telah warid dalam syariat oleh karena itu bermanfaat bagi orang matiโ€. [2]
Juga sebuah jawaban pada Majmu' Fatawa :
ุงู„ุฌูˆุงุจ: ุงู„ูุงุชุญุฉ ู…ู† ุฃุนุธู… ุณูˆุฑ ุงู„ู‚ุฑุขู†ุŒ ุจู„ ู‡ูŠ ุฃู… ุงู„ู‚ุฑุขู†ุŒ ูˆู„ู‡ุง ูุถู„ ุนุธูŠู…ุŒ ูˆู„ูƒู† ู‚ุฑุงุกุชู‡ุง ููŠ ู…ุซู„ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุญุงู„ ุจุฃู† ุชู‚ุฑุฃ ููŠ ุจุนุถ ุงู„ุฃุญูˆุงู„ ู„ู„ู†ุจูŠุŒ ุฃูˆ ู„ุบูŠุฑู‡ุŒ ุฃูˆ ู„ุฑูˆุญ ูู„ุงู†ุŒ ุฃูˆ ู„ุฑูˆุญ ุงู„ู…ูŠุชุŒ ู‡ุฐุง ู…ู† ุงู„ุจุฏุนุŒ ู„ุฃู†ู‡ ู„ู… ูŠุฑุฏ ุจู‡ ุฏู„ูŠู„ ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…
โ€œSurah al-Fatihah termasuk paling agungnya surah al-Qurโ€™an bahkan merupakan Ummul Qurโ€™an serta memiliki fadliyah yang agung, akan tetapi membacanya untuk Nabi atau yang lainnya, atau untuk ruh Fulan atau untuk ruh orang mati, maka ini termasuk bidโ€™ah, karena tidak warid tentang hal itu dalil dari Nabi shallallahu โ€˜alayhi wa sallamโ€. [3]

CATATAN KAKI :
[1] Lihat : Majmuโ€™ Fatawa, Syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdullah al-Fauzan [1/176-179].
[2] Lihat : Ibid [2/687].
[3] Lihat ; Ibid [2/688].

Dokumen Terkait

0 Komentar untuk " SHALIH BIN FAUZAN AL-FAUZAN"

Jual beli online dan menyusui anak orang kafir

*SOAL* Bahsulmasail# 1_ *bagaimana hukum orang jual beli online, kalo di bolehkan bagaimana cara akadnya apakah sah hanya melewati telpon sa...