Mengapa harus membaca surat Al-fateha dalam sholat?
Jawab :
ูุฑุงุจุนูุง ูุฑุงุกุฉ ูุงุชุญุฉ ูู ุฑูุนุฉ ูู ููุงู ูุงูุฎุจุฑุงูุดูุฎูู ูุงุตูุงุฉ ูู ู ูู ููุฑุฃุจูุงุชุญุฉ ุงููุชุงุจ ุฃู ูู ูู ุฑูุนุฉ ุงู ูุชุญ ุงูู ุนูู ูุงู ุด ุฅุนุงูุฉุงูุทุงูุจูู 1:138
Rukun sholat yang ke empat adalah membaca surah Al-Fatihah pada setiap rokaat pada waktu berdiri. berdasarkan hadits yang diriwayatkan Asy-syaikhoni (Bukhori - Muslim) "tidak sah sholat bagi yang tidak membaca surah Al-Fatihah". sedang membaca aamiin dipenghujung surat tersebut hukumnya sunnah.
Dijadikannya SURAT ALFATIHAH rukun dalam shalat karena :
โข Berdasarkan hadits Nabi โTidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca fatihahnya al-Quranโ
โข Berdasarkan hadits Nabi โTidak mencukupi shalat yang didalamnya tidak dibaca Fatihahnya al-Quranโ
โข Berdasarkan apa yang telah dilakukan oleh Nabi sebagimana keterangan dalam shahih Bukhari-Muslim โShalatlah kalian sebagaimana kalian melihatku mengerjakan shalatโ. Keterangan diambil dari :
ููุงู ุงูุฌู ููุฑ (4) (ุบูุฑ ุงูุญูููุฉ): ุฑูู ุงููุฑุงุกุฉ ุงููุงุฌุจุฉ ูู ุงูุตูุงุฉ: ูู ุงููุงุชุญุฉุ ููููู ุตููู ุงููู ุนููู ูุณูู : ยซูุง ุตูุงุฉ ูู ู ูู ููุฑุฃ ุจูุงุชุญุฉ ุงููุชุงุจยป ููููู ุฃูุถุงู: ยซูุง ุชุฌุฒุฆ ุตูุงุฉ ูุง ููุฑุฃ ูููุง ุจูุงุชุญุฉ ุงููุชุงุจยป (1) ุ ูููุนูู ุตููู ุงููู ุนููู ูุณูู ูู ุง ูู ุตุญูุญ ู ุณูู ุ ู ุน ุฎุจุฑ ุงูุจุฎุงุฑู: ยซุตููุง ูู ุง ุฑุฃูุชู ููู ุฃุตููยป
(4) ุงูุดุฑุญ ุงูุตุบูุฑ:309/1ุ ุจุฏุงูุฉ ุงูู ุฌุชูุฏ:119/1 ูู ุงุจุนุฏูุงุ ุงูุดุฑุญ ุงููุจูุฑ ู ุน ุงูุฏุณููู:236/1ุ ู ุบูู ุงูู ุญุชุงุฌ:156/1-162ุ ุงูู ุบูู:376/1-491ุ 562-568ุ ูุดุงู ุงูููุงุน:451/1ุ ุงูู ูุฐุจ:72/1ุ ุงูู ุฌู ูุน:285/3 ูู ุงุจุนุฏูุงุ ุญุงุดูุฉ ุงูุจุงุฌูุฑู:153/1-156.
(1) ุฑูุงู ุงุจูุง ุฎุฒูู ุฉ ูุญุจุงู ูู ุตุญูุญููู ุง.
Mayoritas Ulama Fiqh selain kalangan Hanafiyyah menyatakan, Rukun bacaan yang wajib dibaca dalam shalat adalah FATIHAH berdasarkan hadits Nabi โTidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca fatihahnya al-Quranโ dan sabda Nabi lainnya โTidak mencukupi shalat yang didalamnya tidak dibaca Fatihahnya al-Quranโ dan berdasarkan apa yang telah dilakukan oleh Nabi sebagimana keterangan dalam shahih Bukhari-Muslim โShalatlah kalian sebagaimana kalian melihatku mengerjakan shalatโ. [ Al-Fiqh al-Islaam II/24 ].
Jawab :
ูุฑุงุจุนูุง ูุฑุงุกุฉ ูุงุชุญุฉ ูู ุฑูุนุฉ ูู ููุงู ูุงูุฎุจุฑุงูุดูุฎูู ูุงุตูุงุฉ ูู ู ูู ููุฑุฃุจูุงุชุญุฉ ุงููุชุงุจ ุฃู ูู ูู ุฑูุนุฉ ุงู ูุชุญ ุงูู ุนูู ูุงู ุด ุฅุนุงูุฉุงูุทุงูุจูู 1:138
Rukun sholat yang ke empat adalah membaca surah Al-Fatihah pada setiap rokaat pada waktu berdiri. berdasarkan hadits yang diriwayatkan Asy-syaikhoni (Bukhori - Muslim) "tidak sah sholat bagi yang tidak membaca surah Al-Fatihah". sedang membaca aamiin dipenghujung surat tersebut hukumnya sunnah.
Dijadikannya SURAT ALFATIHAH rukun dalam shalat karena :
โข Berdasarkan hadits Nabi โTidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca fatihahnya al-Quranโ
โข Berdasarkan hadits Nabi โTidak mencukupi shalat yang didalamnya tidak dibaca Fatihahnya al-Quranโ
โข Berdasarkan apa yang telah dilakukan oleh Nabi sebagimana keterangan dalam shahih Bukhari-Muslim โShalatlah kalian sebagaimana kalian melihatku mengerjakan shalatโ. Keterangan diambil dari :
ููุงู ุงูุฌู ููุฑ (4) (ุบูุฑ ุงูุญูููุฉ): ุฑูู ุงููุฑุงุกุฉ ุงููุงุฌุจุฉ ูู ุงูุตูุงุฉ: ูู ุงููุงุชุญุฉุ ููููู ุตููู ุงููู ุนููู ูุณูู : ยซูุง ุตูุงุฉ ูู ู ูู ููุฑุฃ ุจูุงุชุญุฉ ุงููุชุงุจยป ููููู ุฃูุถุงู: ยซูุง ุชุฌุฒุฆ ุตูุงุฉ ูุง ููุฑุฃ ูููุง ุจูุงุชุญุฉ ุงููุชุงุจยป (1) ุ ูููุนูู ุตููู ุงููู ุนููู ูุณูู ูู ุง ูู ุตุญูุญ ู ุณูู ุ ู ุน ุฎุจุฑ ุงูุจุฎุงุฑู: ยซุตููุง ูู ุง ุฑุฃูุชู ููู ุฃุตููยป
(4) ุงูุดุฑุญ ุงูุตุบูุฑ:309/1ุ ุจุฏุงูุฉ ุงูู ุฌุชูุฏ:119/1 ูู ุงุจุนุฏูุงุ ุงูุดุฑุญ ุงููุจูุฑ ู ุน ุงูุฏุณููู:236/1ุ ู ุบูู ุงูู ุญุชุงุฌ:156/1-162ุ ุงูู ุบูู:376/1-491ุ 562-568ุ ูุดุงู ุงูููุงุน:451/1ุ ุงูู ูุฐุจ:72/1ุ ุงูู ุฌู ูุน:285/3 ูู ุงุจุนุฏูุงุ ุญุงุดูุฉ ุงูุจุงุฌูุฑู:153/1-156.
(1) ุฑูุงู ุงุจูุง ุฎุฒูู ุฉ ูุญุจุงู ูู ุตุญูุญููู ุง.
Mayoritas Ulama Fiqh selain kalangan Hanafiyyah menyatakan, Rukun bacaan yang wajib dibaca dalam shalat adalah FATIHAH berdasarkan hadits Nabi โTidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca fatihahnya al-Quranโ dan sabda Nabi lainnya โTidak mencukupi shalat yang didalamnya tidak dibaca Fatihahnya al-Quranโ dan berdasarkan apa yang telah dilakukan oleh Nabi sebagimana keterangan dalam shahih Bukhari-Muslim โShalatlah kalian sebagaimana kalian melihatku mengerjakan shalatโ. [ Al-Fiqh al-Islaam II/24 ].
ุญูููู
ู ููุฑูุงุกูุฉู ุณููุฑูุฉู ุงููููุงุชูุญูุฉู ููู ุงูุตูููุงูุฉู :
5 - ุฐูููุจู ุงููุฌูู ููููุฑู ู ููู ุงููู ูุงูููููููุฉู ุ ููุงูุดููุงููุนููููุฉู ููุงููุญูููุงุจูููุฉู ุฅูููู ุฃูููู ููุฑูุงุกูุฉู ุงููููุงุชูุญูุฉู ุฑููููู ููู ููู ุฑูููุนูุฉู ุ ูููููููููู ุนููููููู ุงูุตููููุงุฉู ููุงูุณููููุงู ู : ูุงู ุตููุงูุฉู ููู ููู ููู ู ููููุฑูุฃู ุจูููุงุชูุญูุฉู ุงููููุชูุงุจู . ุฅููุงูู ุฃูููู ุงูุดููุงููุนููููุฉู ููุงูููุง : ูููู ุฑููููู ู ูุทูููููุง ุ ููุงูุฑููุงุฌูุญู ุนูููุฏู ุงููู ูุงูููููููุฉู : ุฃููููููุง ููุฑูุถู ููุบูููุฑู ุงููู ูุฃูู ููู ู ููู ุตููุงูุฉู ุฌูููุฑููููุฉู ููููู ุงููู ูุฐูููุจู ุนูุฏููุฉู ุฃูููููุงูู .
ููุฐูููุจู ุงููุญููููููููุฉู ุฅูููู ุฃูููู ููุฑูุงุกูุฉู ุงููููุงุชูุญูุฉู ููู ุงูุตูููุงูุฉู ููููุณูุชู ุจูุฑููููู ุ ูููููููู ุงููููุฑูุถู ููู ุงูุตูููุงูุฉู ุนูููุฏูููู ู ููุฑูุงุกูุฉู ู ูุง ุชูููุณููุฑู ู ููู ุงููููุฑูุขูู . ูููููููููู ุชูุนูุงููู : { ููุงููุฑูุกููุง ู ูุง ุชูููุณููุฑู ู ููู ุงููููุฑูุขูู } .
ููููุฌููู ุงูุงูุณูุชูุฏููุงูู ุจูููุฐููู ุงูุขูููุฉู ุฃูููู ุงูููููู ุชูุนูุงููู ุฃูู ูุฑู ุจูููุฑูุงุกูุฉู ู ูุง ุชูููุณููุฑู ู ููู ุงููููุฑูุขูู ู ูุทูููููุง ุ ููุชููููููุฏููู ุจูููุงุชูุญูุฉู ุงููููุชูุงุจู ุฒูููุงุฏูุฉู ุนูููู ู ูุทููููู ุงููููุตูู ุ ููููุฐูุง ูุงู ููุฌููุฒู ุ ูุฃููููููู ููุณูุฎู ููููููููู ุฃูุฏูููู ู ูุง ููุทููููู ุนููููููู ุงููููุฑูุขูู ููุฑูุถูุง ูููููููููู ู ูุฃูู ููุฑูุง ุจููู .
HUKUM SURAT FATIHAH DALAM SHALAT
Mayoritas Ulama Fiqh Kalangan Malikiyyah, Syafiโiyyah dan Hanabilah menilai surat Fatihah adalah rukun dalam setiap rokaatnya shalat berdasarkan hadits Nabi โTidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca fatihahnya al-Quranโ namun tiga madzhab diatas kemudian berbeda pendapat dalam pelaksanaan pembacaan surat al-Fatihah.
Kalangan Syafiโiyyah memilih bahwa surat fatihah adalah rukun shalat secara muthlak disetiap rokaat shalat baik bagi makmum ataupun imam sedangkan pendapat yang kuat dikalangan Malikiyyah menilai surat fatihah adalah rukunnya shalat kecuali bagi orang yang menjadi makmum dari shalat jamaah yang bacaan imammya dikeraskan.
Sedangkan Kalangan Hanafiyyah justru menilai bahwa surat fatihah bukanlah rukun shalat, yang menjadi keharusan bagi orang yang tengah menjalankan shalat adalah membaca surat manapun dalam al-Quran yang baginya mudah berdasarkan firman Allah โMaka bacalah oleh kalian apa-apa yang mudah dari al-Quranโ.
[ Al-Mausuuah al-Fiqhiyyah 25/288 ].
Wallaahu A'lamu Bis Showaab
5 - ุฐูููุจู ุงููุฌูู ููููุฑู ู ููู ุงููู ูุงูููููููุฉู ุ ููุงูุดููุงููุนููููุฉู ููุงููุญูููุงุจูููุฉู ุฅูููู ุฃูููู ููุฑูุงุกูุฉู ุงููููุงุชูุญูุฉู ุฑููููู ููู ููู ุฑูููุนูุฉู ุ ูููููููููู ุนููููููู ุงูุตููููุงุฉู ููุงูุณููููุงู ู : ูุงู ุตููุงูุฉู ููู ููู ููู ู ููููุฑูุฃู ุจูููุงุชูุญูุฉู ุงููููุชูุงุจู . ุฅููุงูู ุฃูููู ุงูุดููุงููุนููููุฉู ููุงูููุง : ูููู ุฑููููู ู ูุทูููููุง ุ ููุงูุฑููุงุฌูุญู ุนูููุฏู ุงููู ูุงูููููููุฉู : ุฃููููููุง ููุฑูุถู ููุบูููุฑู ุงููู ูุฃูู ููู ู ููู ุตููุงูุฉู ุฌูููุฑููููุฉู ููููู ุงููู ูุฐูููุจู ุนูุฏููุฉู ุฃูููููุงูู .
ููุฐูููุจู ุงููุญููููููููุฉู ุฅูููู ุฃูููู ููุฑูุงุกูุฉู ุงููููุงุชูุญูุฉู ููู ุงูุตูููุงูุฉู ููููุณูุชู ุจูุฑููููู ุ ูููููููู ุงููููุฑูุถู ููู ุงูุตูููุงูุฉู ุนูููุฏูููู ู ููุฑูุงุกูุฉู ู ูุง ุชูููุณููุฑู ู ููู ุงููููุฑูุขูู . ูููููููููู ุชูุนูุงููู : { ููุงููุฑูุกููุง ู ูุง ุชูููุณููุฑู ู ููู ุงููููุฑูุขูู } .
ููููุฌููู ุงูุงูุณูุชูุฏููุงูู ุจูููุฐููู ุงูุขูููุฉู ุฃูููู ุงูููููู ุชูุนูุงููู ุฃูู ูุฑู ุจูููุฑูุงุกูุฉู ู ูุง ุชูููุณููุฑู ู ููู ุงููููุฑูุขูู ู ูุทูููููุง ุ ููุชููููููุฏููู ุจูููุงุชูุญูุฉู ุงููููุชูุงุจู ุฒูููุงุฏูุฉู ุนูููู ู ูุทููููู ุงููููุตูู ุ ููููุฐูุง ูุงู ููุฌููุฒู ุ ูุฃููููููู ููุณูุฎู ููููููููู ุฃูุฏูููู ู ูุง ููุทููููู ุนููููููู ุงููููุฑูุขูู ููุฑูุถูุง ูููููููููู ู ูุฃูู ููุฑูุง ุจููู .
HUKUM SURAT FATIHAH DALAM SHALAT
Mayoritas Ulama Fiqh Kalangan Malikiyyah, Syafiโiyyah dan Hanabilah menilai surat Fatihah adalah rukun dalam setiap rokaatnya shalat berdasarkan hadits Nabi โTidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca fatihahnya al-Quranโ namun tiga madzhab diatas kemudian berbeda pendapat dalam pelaksanaan pembacaan surat al-Fatihah.
Kalangan Syafiโiyyah memilih bahwa surat fatihah adalah rukun shalat secara muthlak disetiap rokaat shalat baik bagi makmum ataupun imam sedangkan pendapat yang kuat dikalangan Malikiyyah menilai surat fatihah adalah rukunnya shalat kecuali bagi orang yang menjadi makmum dari shalat jamaah yang bacaan imammya dikeraskan.
Sedangkan Kalangan Hanafiyyah justru menilai bahwa surat fatihah bukanlah rukun shalat, yang menjadi keharusan bagi orang yang tengah menjalankan shalat adalah membaca surat manapun dalam al-Quran yang baginya mudah berdasarkan firman Allah โMaka bacalah oleh kalian apa-apa yang mudah dari al-Quranโ.
[ Al-Mausuuah al-Fiqhiyyah 25/288 ].
Wallaahu A'lamu Bis Showaab
0 Komentar untuk "MEMBACA SURAT AL-FATIHAH DALAM SHALAT"