Tiga Sendi Utama Ajaran Islam
Islam adalah agama Allah SWT yang
diturunkan untuk seluruh
manusia. Di dalamnya terdapat pedoman dan aturan demi kebahagiaan dan
keselamatan di dunia dan akhirat.
Ada tiga hal yang menjadi sendi utama dalam
agama Islam. Yakni Iman, Islam dan Ihsan.
Dalam sebuah hadits diceritakan:
ุนููู ุนูู
ูุฑู ุจููู ุงููุฎูุทููุงุจู Z ููุงููุ ุจูููููู
ูุง ููุญููู ุนูููุฏู ุฑูุณููููู
ุงูููู Tุฐูุงุชู ููููู
ู ุงูุฐู ุทูููุนู ุนูููููููุง ุฑูุฌููู ุดูุฏูููุฏู ุจูููุงุถู ุงูุซููููุงุจูุ ุดูุฏูููุฏู ุณูููุงุฏู ุงูุดููุนูุฑูุ ูุงูููุฑูู ุนููููููู ุงูุซูุฑู ุงูุณููููุฑู ูููุงูููุนูุฑููููู ู
ููููุง ุงูุญูุฏูุ ุญูุชููู ุฌูููุณู ุงูููู ุงููููุจูููู T
ููุฃูุณูููุฏู ุฑูููุจูุชููููู ุงูููู ุฑูููุจูุชููููู ููููุถูุนู ููููููููู ุนูููู ููุฎูุฐููููู
ููููุงูู: ููุง ู
ูุญูู
ููุฏู ุงูุฎูุจูุฑูููู ุนููู ุงููุฅูุณููุงูู
ู ุ ููููุงูู ุฑูุณููููู ุงูููู T: ุงููุฅูุณููุงูู
ู ุงููู ุชูุดูููุฏู ุงููู ูุงูุงููููู ุงููุงูู ุงูููู ููุงูููู ู
ูุญูู
ููุฏูุง ุฑูุณููููู ุงูููู ููุชูููููู
ู ุงูุตูููุงูุฉู ููุชูุคูุชููู ุงูุฒููููุงุฉู ููุชูุตูููู
ู ุฑูู
ูุถูุงูู ููุชูุญูุฌูู ุงููุจูููุชู ุงููู ุงุณูุชูุทูุนูุชู ุงููููููู ุณูุจููููุงู. ููุงูู: ุตูุฏูููุชู.
ููุงูู: ููุนูุฌูุจูููุง
ูููู ููุณูุฃููููู ููููุตูุฏูููููู. ููุงูู:
ููุฃูุฎูุจูุฑูููู ุนููู ุงููุฅูููู
ูุงูู ุ ููุงูู: ุงููู ุชูุคูู
ููู ุจูุงูููู ููู
ููุงูุฆูููุชููู ููููุชูุจููู ููุฑูุณููููู ููุงููููููู
ู ุงููุขุฎูุฑู ููุชูุคูู
ููู ุจูุงููููุฏูุฑู ุฎูููุฑููู ููุดูุฑููููุ ููุงูู: ุตูุฏูููุชู. ููุงูู: ููุฃูุฎูุจูุฑูููู ุนููู ุงููุฅูุญูุณูุงูู ุ ููุงูู: ุงููู ุชูุนูุจูุฏู ุงูููู ููุฃูููููู ุชูุฑูุงูู ููุงููู ููู
ู ุชููููู ุชูุฑูุงูู ููุฅูููููู ููุฑูุงููุ ููุงูู: ุซูู
ูู ุงููุทููููู ููููุจูุซูุชู
ู
ููููููุงุ ุซูู
ูู ููุงูู ููู ููุง ุนูู
ูุฑู ุงูุชูุฏูุฑูู ู
ููู ุงูุณููุงุฆููู ุ ููููุชู ุงููููู
ููุฑูุณููููููู ุงูุนูููู
ูุ ููุงูู ููุฅูููููู ุฌูุจูุฑููููู ุงูุชูุงููู
ู ููุนููููู
ูููู
ู ุฏูููููููู
ู (ุฑูุงู ู
ุณูู
: 9)
โDari Umar bin al-Khaththab Z, berkata: โPada suatu hari kami berkumpul bersama
Rasulullah T, tiba-tiba datang
seorang laki-laki yang bajunya sangat putih, rambutnya
sangat hitam. Tidak kelihatan
tanda-tanda kalau dia melakukan perjalanan jauh, dan tak seorangpun dari kami yang mengenalnya. Laki-laki itu kemudian duduk di hadapan Nabi T sambil menempelkan kedua lututnya pada lutut Nabi T. Sedangkan kedua
tangannya diletakkan di atas paha Nabi T.
Laki-laki itu bertanya, โWahai Muhammad beritahukanlah aku tentang Islamโ. Rasulullah T menjawab, โIslam adalah kamu bersaksi tiada tuhan
selain Allah SWT dan Muhammad adalah
utusan Allah SWT, mengerjakan shalat, menunaikan zakat, puasa pada bulan
ramadhan dan kamu haji ke Baitullah jika
kamu telah mampu melaksanakannyaโ. Laki-laki
itu menjawab, โKamu benarโ. Umar berkata, โKami heran kepada laki-laki
tersebut, ia bertanya tapi ia sendiri yang membenarkannyaโ. Laki-laki itu bertanya lagi, โBeritahukanlah aku tentang Imanโ. Nabi T menjawab โIman adalah engkau beriman kepada Allah, malaikat-Nya,
kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, hari kiamat dan qadar (ketentuan) Allah yang baik
dan yang burukโ. Laki-laki itu
menjawab, โKamu benarโ. Laki-laki itu bertanya lagi, โBeritahukanlah aku
tentang Ihsan.โ Nabi T menjawab, โIhsan adalah kamu menyembah Allah SWT seolah-olah kamu melihat-Nya,
jika kamu tidak dapat
melihat-Nya, maka sesungguhnya Ia melihatmuโ. Kemudian orang itu pergi.
Setelah itu aku (Umar) diam beberapa
saat. Kemudian Rasulullah T bertanya kepadaku, โWahai Umar siapakah orang yang datang tadi?โ Aku menjawab, โAllah SWT dan Rasul-Nya lebih mengetahuiโ.
Lalu Nabi T bersabda, โSesungguhnya laki-laki itu adalah Malaikat Jibril AS. Ia datang kepadamu untuk mengajarkan agamamuโ.
(HR. Muslim: 9).
Dari sisi keilmuan semula ketiganya
merupakan satu kesatuan
yang tidak terbagi-bagi. Namun dalam perkembangan selanjutnya para ulama mengadakan pemisahan,
sehingga menjadi bagian ilmu tersendiri. Bagian-bagian itu mereka elaborasi sehingga menjadi bagian ilmu
yang berbeda. Perhatian terhadap Iman
memunculkan ilmu tauhid atau ilmu
kalam. Perhatian khusus pada aspek Islam (dalam pengertian yang sempit) menghadirkan ilmu fiqh atau ilmu hukum Islam dan penelitian terhadap dimensi Ihsan melahirkan ilmu tashawwuf atau ilmu
akhlaq. (Pemikiran KH. Achmad Siddiq, hal. 1-2).
Namun demikian, meskipun telah menjadi ilmu tersendiri, dalam tataran pengamalan kehidupan
beragama, tiga perkara itu harus diterapkan secara bersamaan tanpa melakukan pembedaan. Tidak terlalu mementingkan
aspek Iman dan meninggalkan dimensi Ihsan dan Islam,
atau sebaliknya. Misalnya orang yang
sedang shalat, dia harus mengesakan Allah
disertai keyakinan bahwa hanya Dia
yang wajib disembah (iman), harus memenuhi syarat dan rukun shalat (Islam), dan shalat harus dilakukan dengan khusyuโ dan penuh penghayatan (ihsan). Allah SWT berfirman:
ููุงุฃููููููุง ุงูููุฐูููู ุขู
ููููุง ุงุฏูุฎููููุง ููู ุงูุณููููู
ู ููุงูููุฉู ูููุงู ุชูุชููุจูุนููุง ุฎูุทูููุงุชู ุงูุดููููุทูุงูู ุฅูููููู ููููู
ู ุนูุฏูููู ู
ูุจูููู. (ุงูุจูุฑุฉ: 208)
โHai orang-orang yang
beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara
keseluruhannya, dan janganlah kamu turuti langkah-langkah syetan. Sesungguhnya syetan itu musuh yang
nyata bagimu.โ (QS. al-Baqarah: 208).
0 Komentar untuk "Tiga Sendi Utama Ajaran Islam"